Skip to main content

Bambu Gombong / Awi Andong (Gigantochloa maxima Kurz)

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Bambu Gombong, Awi Andong “Sunda “  (Gigantochloa maxima Kurz) mempunyai buluh berwarna hijau kekuning-kuningan dengan garis-garis kuning yang sejajar dengan buluhnya. Rumpunnya tidak terlalu rapat. Tinggi bambu ini dapat mencapai 20 meter, sedangkan utuk garis tengahnya sampai 10 centimeter. 

Bambu ini besar. Biasanya jenis bambu ini digunakan sebagai bahan bangunan, anyaman atau kerajinan tangan, juga bisa digunakan untuk membuat kuda-kuda rumah. Bisa juga untuk tiang atau kolom.. Di desa-desa bambu ini digunakan juga sebagai saluran air, yaitu dengan cara menghilangkan sekat-sekatnya. Atau bisa juga dibuat meriam - meriaman.... Hehehhe. 

Bambu Gombong/ Awi Andong (Gigantochloa maxima Kurz)
 Bambu Gombong/ Awi Andong (Gigantochloa maxima Kurz)

Perbanyakan bambu ini dilakukan dengan rimpangnya atau potongan buluhnya. Perbanyakan dengan biji atau cangkokan belum pernah saya temui, mungkin karena bijinya jarang didapat. 

Baca juga :  
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar