• JUAL BENIH PADI SUPER GENJAH

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padinya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

  • JUAL BENIH PADI TRISAKTI SUPER GENJAH

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padi NAZWA-nya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

  • JUAL BENIH PADI NAZWA

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padi NAZWA-nya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

  • JUAL BENIH PADI CAKRABUANA02 (CB02)

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padi CAKRABUANA02 (CB02)-nya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

  • JUAL BENIH PADI NAZWA

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padi NAZWA-nya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Buah Tomat

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Tips Menghilangkan Bekas Jerawat  Dengan Buah Tomat

Tomat adalah salah satu buah yang dapat digunakan sebagai tips menghilangkan bekas jerawat, karena tomat memiliki kandungan vitamin yang banyak dan mengandung banyak khasiat. Salah satunya yaitu dapat menghilangkan bekas jerawat.

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat  Dengan Buah Tomat
 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat  Dengan Buah Tomat
....


Caranya :
Iris-iris buah tomat lalu tempelkan irisan buah tersebut pada bekas jerawat.
Share:

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Ampas Teh

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Tips Menghilangkan Bekas Jerawat  Dengan Ampas Teh

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa ampas teh sudah tidak digunakan lagi, namun anggapan tersebut sangat salah. Ternyata ampas teh, dapat digunakan kembali untuk tips menghilangkan bekas jerawat yang sangat efektif loh. Ini sesuai pengalaman saya di waktu ABG.

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat  Dengan Ampas Teh
Tips Menghilangkan Bekas Jerawat  Dengan Ampas Teh

Nah, ampas teh ini selain dapat menghilangkan bekas jerawat, ini merupakan cara yang sangat hemat.

Caranya : 
  • Tempelkan ampas teh ke bagian bekas jerawat,
  • Diamkan selama 5 hingga 10 menit.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Ulangi beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Lebih bagus lagi menggunakan ampas teh basi...


Baca juga :   

Share:

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Tips Menghilangkan Bekas Jerawat

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel – Jerawat adalah salah satu jenis penyakit kulit yang paling banyak menyerang wajah manusia, entah itu laki-laki ataupun wanita. Tentunya jika jerawat tersebut hilang dari wajah, kita bakalan seneng bukan.

Lalu bagaimana dengan bekasnya?.
Jerawat hilang bekasnyapun datang.... Hehehe.

Bekas jerawat yang berwarna kecoklatanan sangatlah mencolok sehingga akan menimbulkan rasa tidak percaya diri dan juga dapat mengganggu panampilan kita.

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat
 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat 
....

Sebenarnya bukan bekas jerawat tapi luka bekas jerawat, hal ini muncul karena diakibatkan dari tangan yang jahil untuk menghilangkan jerawat dengan cara memencet jerawat tersebut. tapi, jika tangan kamu tidak jahil maka jerawat juga tidak akan meninggalkan luka bekas jerawat.

Caranya bisa menggunakan :

Share:

Cara menanam pohon suji

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Cara menanam pohon suji

Mungkin sudah banyak yang kenal tentang manfaatnya pohon suji. Ya, pohon suji yang daunnya biasa digunakan sebagai bahan pewarna makanan. Daun suji mempunyai warna daun hijau tua, sehingga apabila digunakan sebagai pewarna makanan tentu akan sangat cantik dilihat dan wanginya khas.

Penggunaan daun suji sebagai pewarna makanan sangat aman bagi kesehatan tubuh kita, terutama bagi anak - anak.

Cara menanam pohon suji. Foto pohon suji di taman admin ...
Cara menanam pohon suji. Foto pohon suji di taman admin ...

Nah, untuk pembibitan atau perbanyakan pohon suji bisa dilakukan dengan cara :

i. Pemisahan tunas yang muncul dari pangkal induk
Caranya : Pisahkan tunas anakan dari indukan yaitu dengan menyertakan akarnya. Setelah itu simpan sementara dalam ruangan basah dan lembab.

ii. Dengan stek batang.
Caranya : Potong batang pohon suji. setelah itu tanam pada media tanam sedalam 5-10 cm, lalu padatkan areal sekitar bibit supaya kuat. Siram areal sekitar pangkal tanaman agar bibit tumbuh baik.

Cara menanam pohon suji dengan stek batang.
Cara menanam pohon suji dengan stek batang. Foto pohon suji di taman admin ...

Cara kedua ini bisa juga dilakukan dengan cara merendam batang bagian bawah dengan air sampai keluar akarnya.
Caranya: Potong batang pohon suji. setelah itu siapkan toples, ember atau wadah lain yang bisa untuk menampung air. Masukan batang pohon suji sampai terendam air, kira - kira 10 – 20 cm. 

Share:

Menghilangkan Jerawat, Komedo Dengan Daun Asam Jawa

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Menghilangkan jerawat dan komedo dengan daun Asam Jawa ( Tamarindus indica )

Jerawat memang cukup mengganggu terutama bagi mereka yang masih terbilang dalam usia yang cukup belia dan sedang dalam masa puber. Jerawat paling sering di landa remaja wanita, dibanding laki-laki, namun kadang kala berbanding terbalik juga pada wanita, pria juga banyak memiliki jerawat.

Pada umumnya jerawat paling sering muncul pada seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak... Tapi minyak ini gak bisa dipakai untuk memasak loh... Hehehe, kulit berminyak dan sensitif mudah sekali untuk tumbuhnya jerawat serta kuman atau bakteri wajah mudah menempel.

Memang sih banyak sekali obat atau masker yang beredar dipasaran... tapi alangkah baiknya kita sedikit menghemat dan memakai cara yang alami dengan memakai bahan dari tumbuhan... 

Berikut ini cara yang saya pernah saya praktekan untuk menghilangkan jerawat dan komedo dengan daun Asam Jawa ( Tamarindus indica ).

Foto daun asam jawa depan rumah admin
 Menghilangkan Jerawat, Komedo Dengan Daun Asam Jawa. Foto daun asam jawa depan rumah admin

 

Cara pertama
Daun Asam Jawa ( Tamarindus indica ) bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat di wajah. Yakni dengan cara ditumbuk halus, berilah sedikit garam saja, kemudian pakailah untuk masker wajah, pakai ketika menjelang tidur. kemudian pagi harinya, basuhlah dengan air hangat, kemudian baru dibilas dengan air dingin. Pakailah sehari sekali.

Cara kedua
Daun asam jawa yang masih muda ( pucuk ) beberapa lembar / segenggam terus hancurkan dengan telapak tangan kiri dan kanan... lalu gosokan ke muka sambil dipijat – pijat, langsung bilas... Cara ini bisa dilakukan 1 hari sekali.

Baca juga :  
Daun Asam Jawa ( Tamarindus indica ) sebagai penurun kolesterol 
Manfaat dan khasiat dari daun Asam Jawa dan cara meraciknya 
Manfaat Dan Khasiat Dari Asam Jawa



Share:

Daun Asam Jawa ( Tamarindus indica ) sebagai penurun kolesterol

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Daun Asam Jawa ( Tamarindus indica ) sebagai penurun kolesterol

Akhir – akhir ini banyak orang yang terkena serangan penyakit yang diakibatkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam darah. Boleh jadi sekarang menjadi sebuah momok yang ditakuti.

Sebenarnya kita harus banyak bersyukur, karena Negeri tercinta kita ini dianugerahi sang maha pencipta dengan kekayaan alam yang melimpah, termasuk didalamnya adalah aneka tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat. Nah, disini akan saya coba tulis sesuai yang pernah saya dengar dari tetangga yang suka minta daun asam jawa bonsai saya... Ternyata tanaman yang satu ini bisa dijadikan sebagai ramuan obat dalam mengatasi tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Daun Asam Jawa ( Tamarindus indica ) sebagai penurun kolesterol
 Daun Asam Jawa ( Tamarindus indica ) sebagai penurun kolesterol ... Foto pohon asam jawa depan rumah admin.

Asam Jawa, adalah buah dan daun dengan rasa yang masam dan banyak digunakan sebagai bumbu masakan tradisional, semisal Sayur Asam. Nah, ternyata daun Asam Jawa ini dapat digunakan sebagai penurun kadar kolesterol dalam darah. 

Caranya : 
Ambil daun Asam Jawa sekitar 100 lembar dan direbus dalam segelas air ( 200 ml ), kemudian disaring dan diminum untuk sekali minum. Disarankan untuk meminum ramuan ini 3 kali sehari.


Baca juga : 
Manfaat dan khasiat dari daun Asam Jawa dan cara meraciknya
 

Menghilangkan Jerawat, Komedo Dengan Daun Asam Jawa
Manfaat Dan Khasiat Dari Asam Jawa
Share:

Bandring (Ketapel ) Permainan Tradisional anak baheula.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Bandring (Ketapel ) Permainan Tradisional anak baheula.

Bandring bahasa kerennya ketapel. Terbuat dari kayu jambu batu atau kayu, bambu. Bahkan ranting yang bercabang pun jadi. Saya lebih suka pegangan yang terbuat dari kayu, terus dipasang tali karet dari potongan ban dalam bekas (karet) atau karet kolor sarung tarigu abah , terus dipasang kulit sandal yang tak terpakai kalau gak nemu terpaksa pakai sandal kulit orang lain yang meleng buat tempat lontarannya.... Hehehe. 

 FOTO : Bandring (Ketapel ) belum jadi, belum ada karet dan kulit.
 FOTO : Bandring (Ketapel ) belum jadi, belum ada karet dan kulit.
....
..



Biasanya yang paling ngetop bandring dipake untuk ngabandring manuk piit /pipit ato japati / merpati. Kadang dipake jail juga sih ngabandring kakus/toilet yang ada di pinggir sungai.... Hehehe

Share:

Vidio Lagu Iwak Peyek versi Sunda

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Vidio Lagu Iwak Peyek versi Sunda

Mari semuanya goyang dulu.....


iwak peyek..
iwak peyek..
iwak peyek nasi jagung..

wkwkwkwkwkwkwk...


Vidio Lagu Iwak Peyek versi Sunda 
Vidio Lagu Iwak Peyek versi Sunda
......
...
........
Nah, biar gak penasaran silahkan tonton vidionya DISINI atau dibawah ini
...
...
Share:

Neng jangan makan rujak... Nanti hamil loh...

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Neng jangan makan rujak... Nanti hamil loh..... Kalimat itu sering dilontarkan orang tua pada anak gadis yang senang makan rujak... Terus hubungannya apa coba karena makan rujak bisa hamil .... Ah, sudah lah... Hehehe

Saya dan Istri seneng banget loh makan rujak, apalagi yang super pedessss . . . mmmm , mencret ga papa deh . . . hahaha.

Neng jangan makan rujak... Nanti hamil loh...Neng jangan makan rujak... Nanti hamil loh... Biarin dah mak hamil juga ada suaminya ini... Hehehe

Baca juga : 
Ini Teh Mangga Golek... Betul ?.
Neng jangan makan rujak... Nanti hamil loh...
Rujak Buah memang menjadi salah satu makanan favorit, apalagi jika dimakan pada siang atau sore hari. Rasa buah yang segar dan pedasnya cabai menjadi sesuatu yang terasa nikmat dilidah, rata- rata para penggemar rujak adalah para wanita yang sering berkumpul dan ngegosip .... hehehehe. Tapi kaum laki – laki juga tak sedikit yang suka dengan rujak.

Dibalik sensasi pedasnya rujak ternyata mengandung berbagai macam serat maupun vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita, ada beberapa manfaat rujak buah untuk kesehatan :

Menyehatkan jantung
Memakanan makanan pedas menyebabkan insiden serangan jantung dan stroke yang lebih rendah. Alasannya, cabai bisa mengurangi efek merusak dari kolesterol jahat dalam tubuh.

Mencegah Sariawan
Kandungan vitamin C yang ada pada rujak buah bisa membatu untuk pencegahan sariawan dan panas dalam.

Mempelancar Pencernaan
Serat dan vitamin yang terkandung dalam buah baik untu memperlancar pencernaan dalam tubuh kita.

Menurunkan berat badan
Pedasnya cabai membuat kita berkeringat dan bisa membakar kalori dalam tubuh sehinga bisa mengurangi kadar lemak  berlebih.

Itulah manfaat rujak buah untuk kesehatan kita, ..... Eh, Terus apa hubungannya dengan makan rujak bisa bikin hamil... Di sini kok gak dibahas mang?.... Ya, Mungkin Rujak ini termasuk jenis makanan sebagai tanda kehamilan lho.. jadi jangan kaget kalau sedang makan mangga lalu ada teman yang nyeletuk: “ngidam, ya?” haha....Jadi khan untuk ABG yang seneng makan rujak gak mungkin khan bilang begitu, jadi memakai kalimat sindiran aja ... 

 "Neng jangan makan rujak... Nanti hamil loh..."


Share:

Resep Rujak Mangga .... Rujak Mangga Kecut tapi jebred.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Resep Rujak Mangga .... Rujak Mangga Kecut tapi jebred.

Musim mangga sudah di mulai. Lapak-lapak dadakan bermunculan di pinggir-pinggir jalan buah ini kalau di Inggris dinamakan Mango ... manga (bahasa Portugis).... Buah ( bahasa Sunda ).

Minggu lalu saya dan istri ke tempat Nenek dan Kakek... Kebetulan saya mempunyai tanah yang ditanami mangga Golek persisnya depan rumah kakek dan nenek saya. Buah mangganya eh, sedang berbuah lebat walau masih muda ... Pas banget nih untuk rujakan... Mendengar kata rujak mangga aja sudah terbayang dan mengundang liur menetes..... Hehehe.
Ini buah mangga Golek yang masih dipohon
Ini buah mangga Golek yang masih dipohon

Baca juga : Neng jangan makan rujak... Nanti hamil loh...
 
Rujak mangga, pasti sedap. Maka mulailah saya mengambil mangga dari pohonnya ... Maklum pohnnya pendek jadi ada buah yang bisa dipetik langsung tanpa harus naik pohon.... Eh, istri saya gak nyampe ding... Mungkin karena postur tubuh saya aja yang tinggi... Hehehe. Langsung dah istri mengupas mangga-mangga dan mengirisnya. Setelah itu istri saya menyiapkan bahan untuk rujakan.

Bahan:
1. 1 buah mangga muda ukuran besar.... Sengaja ngambilnya nyicil... Maklum ngerujaknya dibawah pohon mangga langsung hehehe.
2. Kupas dan iris - iris

Untuk Bumbu:
1. Terasi bakar, 2 cm
2. Cabe rawit secukupnya
3. Garam 1 sendok the
4. Gila merah dua buah ukuran sedang.

Semua dihaluskan di coet pakai ulekan.

Nah, setelah itu langsung dah irisan mangga Goleknya di coel ke bumbu... Rujak mangga, siap disantap. Di jamin nggak bisa berhenti sebelum habis.

Rujak Mangga Kecut tapi jebred.
 Rujak Mangga Kecut tapi jebred.

Baca juga : Ini Teh Mangga Golek... Betul ?.
Share:

Ini Teh Mangga Golek... Betul ?.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Ini Teh Mangga Golek... Betul ?.

Di Tanah Air Tercinta ini buah mangga banyak sekali jenisnya. Ada yang berasa asam, manis atau setengah asam dan setengah manis.... Pokonya rame dah rasanya ... Hehehe.  Ada yang buahnya lonjong, bulat ataupun oval. Ada pula buah mangga yang ukurannya besar, sedang ataupun sangat kecil.... Tapi tetep itu namanya di sebut mangga juga... Begitu banyaknya macam buah mangga sehingga seringkali kita tidak tahu apa nama buah mangga tersebut....?.

Memang betul salah satu  buah yang melimpah di Negeri kita ini adalah mangga. Bahkan di kampung saya, setiap rumah memiliki pohon mangga bagi yang punya pekarangan dan menanam mangga... Hehehe. 

Ini teh mangga golek... Betul ? .... Mangga golek memiliki bentuk yang tidak bulat seperti buah mangga lainnya. Bentuknya justru lebih panjang alias lonjong. Buah mangga jenis ini memiliki daging buah yang tebal serta lunak dengan warna kuning tua hampir oranye kalau warna masih muda tetep hijau. Buah mangga golek tidak memiliki serat seperti buah bapang. Seratnya hanya sedikit...

Ini Teh Mangga Golek... Betul ?.
 Ini Teh Mangga Golek... Betul ?.


Menurut yang admin baca .... Mangga golek merupakan salah satu jenis mangga yang pertama kali dikembangkan di tanah India. Tetapi sekarang sudah banyak mangga golek yang di budidayakan di Indonesia, bahkan mangga golek yang ada di Indonesia berbeda dari mangga golek India.

Pohon buah mangga golek saya dekat sungai Ciasem, dusun Gardu..
 Pohon buah mangga golek saya dekat sungai Ciasem, dusun Gardu..

Baca juga : Resep Rujak Mangga .... Rujak Mangga Kecut tapi jebred.


Bagaimana betuk buah mangga golek ini? ..... Nah, buah mangga golek ini memiliki bentuk buah yang panjang dan juga bagian ujungnya sedikit meruncing. Selain itu, buah mangga ini khas sebab tidak berparuh seperti jenis mangga lainnya. Adapun warna buah mangga ini saat muda adalah hijau dan saat matang berwarna kekuningan terutama pada bagian pangkal. Kulit dari mangga golek ini tidak terlalu tebal, ia halus dan jika diamati Anda akan mendapati bintik-bintik kelenjar dengan warna putih agak kehijauan. Jika mangga golek telah ranum, maka bintik putih tersebut akan berubah menjadi coklat tua..... Gak percaya, lihat aja foto – foto saya ini....

Bagaimana dengan daging buah mangga golek?  Daging buah mangga golek ini berwarna putih saat masih muda dan berwarna kuning menuju oranye saat matang. Daging ini lunak tak berserat dan saat matang sempurna, rasanya sangat manis .... Tiga hari tiga malam nempel terus dibibir... Hahaha..

Bagaimana betuk buah mangga golek ini?... Foto ini teh Mangga Golek
 Bagaimana betuk buah mangga golek ini?... Foto ini teh Mangga Golek

Menurut para ahli giji katanya mangga golek  mengandung sejumlah komponen gizi yang baik bagi manusia. Mangga ini mengandung jumlah energi sebesar 63 kilo kalori, protein sebanyak 0,5 gram, karbohidrat sebanyak 16,7 gram, lemak sebanyak 0,2 gram, kalsium sebanyak 14 miligram, fosfor sebanyak 10 miligram, zat besi sebanyak 1 miligram dan masih banyak lagi lainnya. Tak hanya itu, di dalam daging buah mangga golek tersimpan sejumlah vitamin A, vitamin C.

Baca juga : Neng jangan makan rujak... Nanti hamil loh...
Share:

Sungai Ciasem dusun Gardu, Bendungan, Pagaden Barat menjadi parit.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Sungai Ciasem dusun Gardu, Bendungan, Pagaden  Barat menjadi parit.

Sekilas bila dilihat dari atas jembatan sungai ini tampak seperti galian parit kecil. Namun jika dari asal usul sejarahnya, Sungai Ciasem dusun  Gardu di desa Bendungan, Kecamatan Pagaden barat, Subang, Jawa barat ini bukanlah sebuah parit kecil melainkan sebuah sungai besar namun perlahan terus mengering dan mengendap jadi daratan.

FOTO : Dilihat dari atas jembatan sungai ini tampak seperti galian parit kecil.
FOTO : Dilihat dari atas jembatan ( sasak serong, Bendungan Macan) sungai ini tampak seperti galian parit kecil. Padahal dulu waktu admin masih sekolah suka mandi di sungai ini dengan terjun dari atas jembatan macan sambil bawa sarung yang digelembungkan ( babalonan pake sarung ) yang tingginya sekitar 8 meter dari permukaan air... Nah endapan ini dulunya dalem banget sekitar 2 Meteran lebih.


Luas dan dalam sungai ini dulunya lebih kurang lebarnya 10 Meter dan dalamnya 2 meter lebih. Masyarakat sering mengais rejeki dengan memancing, menjala ikan karena di tempat itu kaya ikan, atau bila surut masyarakat terutama ibu - bu suka mengambil remis, kijing disungai. Selain itu peranannya sebagai pengairan sawah... Airnya menuju pesawahan.

Sungai Ciasem dusun Gardu ini makin kecil aja... 
dulu mah sekitar 10 MMeteran
...

Sampai saat ini masyarakat berharap agar Sungai Ciasem, Dusun Gardu bisa dinormalisasi kembali. Airnya yang terus mengering menimbulkan kekhawatiran


Ini sungai lebarnya sekitar 3 Meteran tadinya sekitar 10Meteran
Ini sungai lebarnya sekitar 3 Meteran tadinya sekitar 10 Meteran

Admin berharap kepada Dinas Pekerjaan Umum untuk melebarkan sungai dengan alat berat. Harapannya, sungai akan kembali seperti sediakala. 


 Pemandangan berbeda tampak bila dibandingkan lebih kurang 20 tahun lalu. Saat itu sungai masih bersih dan luas.
Share:

Indahnya palem putri ketika berbuah

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Indahnya palem putri ketika berbuah

Hari minggu kemarin, sewaktu sedang merawat tanaman-tanaman di yang ada di pekarangan depan rumah, secara tidak sengaja, mata saya terpaut oleh tanaman yang sering saya acuhkan..... "Palem Putri". Iya, Palem Putri ini sering saya acuhkan.... Palem putri saya ini ada 6 pohon yang berderet di pinggir perbatasan pekarangan...

Pada hari minggu kemaren, Palem Putri tersebut menunjukkan keindahannya, terutama dengan kehadiran bijinya yang subur, ada yang berwarna merah merekah, berwarna hijau..…. membuat palem putri ini kelihatan sangat indah seperti putri bangsawan…

Satu,... Dua ... Klik… langsung saja saya foto… ini dia fotonya:



Ini Foto buah palem putri yang berwarna merah merekah
Ini Foto buah palem putri yang berwarna merah merekah

Keren khan… Saya close up lagi buahnya yaaa...... 


Ini buah paelm putri sudah tua...
 Ini buah paelm putri sudah tua... 

Palem Putri berasal dari Madagaskar, bentuknya seperti palem raja, namun tampak kecil, makanya disebut ‘putri’. Sebagaiman keluarga palem, maka palem putri termasuk dalam keluarga Kaum Bangsawan dari Keluarga Tanaman.

Finally, Palem Putri ini telah memberikan puluhan anakan dari biji yang jatuh di halaman rumahku. Palem Putri ini baik ya… 

Kalau ini foto buah palem putri yang masih muda.
Kalau ini foto buah palem putri yang masih muda... Warnanya hijau.
....
..
 
Kalau ini foto bunga palem putri....
Kalau ini foto bunga palem putri....
 

Nah, seperti itu detail dari biji palem putri… Warna merah yang menyala… kokoh menggantung di tangkai-tangkainya yang berwarna putih bersih. Ada juga yang berbuah hijauuu...  buahnya masih muda memang warnanya hijau lohhh...

Sekilas tentang palem putri, menurut IPTEKNET, klasifikasi botani palem putri adalah sebagai berikut:
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Monocotyledonae
Keluarga : Aracaceae (Palmaceae)
Genus : Archontophoenix,Mascarena, Cyrtostachys, Roystonea
Spesies : Ravenea sp. (palem putri);
Share:

Menikmati Hijaunya Gampong Lam Ara Tunong dan Menaklukkan Jalur Kuta Malaka

Menikmati Hijaunya Gampong Lam Ara Tunong dan Menaklukkan Jalur Kuta Malaka

Gampong Lam Ara Tunong merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar, Aceh. Desa yang terletak sekitar 30 km dari Kota Banda Aceh ini memiliki pemandangan yang masih asri dan sejuk, terutama perkebunan jagung dan sawah yang masih terhampar luas. 

Dahulunya kawasan ini merupakan daerah yang terisolir karena sering terjadi ba+ku - tem+bak pada masa darurat militer di Aceh. Namun pasca perdamaian antara Gam dan pemerintah Indonesia, banyak traveler yang tertarik dengan keindahan pemandangan di pedesaan ini.

Perkebunan Jagung Gampong Lam Ara Tunong
Perkebunan Jagung Gampong Lam Ara Tunong 
(Photo Oleh: Ratna Mutia Dewi)
...

Selain perkebunan jagung dan sawah yang masih luas, daya tarik utama dan yang menjadi tujuan bagi para traveler adalah Air Terjun dan Bukit Kuta Malaka. Untuk mencapai ke lokasi Air Terjun dan Bukit Kuta Malaka, para traveler harus bisa menaklukkan jalur setapak, mendaki, dan melewati 5 anak sungai yang berbatu. Para traveler dapat menggunakan kendaraan bermotor untuk mencapa lokasi. Namun tetap harus hati-hati, karena tidak jarang para traveler terjatuh dan mengalami masalah dengan kendaraan.

Tantangan melewati jalur Kuta Malaka ini paling banyak diincar oleh para pecinta kegiatan ekstrim. Tak hanya para pengguna sepeda motor dan mobil, juga banyak pesepeda yang datang untuk menaklukkan jalur ekstrim ini.

Salah satu sungai yang terdapat di jalur Kuta Malaka
Salah satu sungai yang terdapat di jalur Kuta Malaka 
(Photo Oleh: Ratna Mutia Dewi)
....

Ketika tiba dipintu masuk, para traveler dapat memasuki hutan dan berjalan kaki melewati sekitar 412 anak tangga menuju air terjun. Anak tangga ini berada ditengah-tengah rindangnya pepohonan, sehingga memberikan kesejukan bagi para traveler dan dapat mengabadikan pemandangan yang masih hijau ini.

Anak tangga menuju air terjun Kuta Malaka
 Anak tangga menuju air terjun Kuta Malaka 
(Photo Oleh: Ratna Mutia Dewi)
...

Kelelahan terbayarkan ketika air terjun mulai terlihat. Air terjun ini memiliki tujuh tingkatan hingga puncak gunung dan karakteristiknya yang mendukung untuk bermain seluncuran. Air Terjun ini masih jernih dan indah, namun keindahan tersebut menjadi berkurang karena banyak terdapat sampah dipinggiran.

Air Terjun Kuta Malaka
 Air Terjun Kuta Malaka (Photo Oleh: Ratna Mutia Dewi)
...
 
Selain air terjun juga ada Bukit Kuta Malaka yang menjadi incaran para traveler. Bukit ini mengharuskan para traveler untuk mendaki ketika tiba di tempat parkiran. Walaupun cuaca kadang terlalu panas, namun tidak menyurutkan para traveler yang ingin mendapatkan pemandangan dari atas bukit.

Pemandangan Bukit Kuta Malaka dari jalur
 Pemandangan Bukit Kuta Malaka dari jalur (Photo Oleh: Ratna Mutia Dewi)


Nah, sekian dulu cerita trip saya kali ini. semoga berguna bagi para readers sekalian dan semoga alam yang masih utuh begini terus bertahan hingga para penghuni masa depan juga bisa menikmatinya.
Penulis      :  Ratna Mutia Dewi
Twitter      :  @R_mutiadewi
Hobi          :  Jelajah alam dan menulis
Blogger    :  mutiaharu.blogspot.com
                   
************

Tulisan kiriman dari Ratna Mutia Dewi  :
1. Pesona Hidden Hill Jantho: Bukit Jalin
3. Menikmati Hijaunya Gampong Lam Ara Tunong...
4. Keindahan Air Terjun Seuhom ( Krueng Kala ) 
5. Menguak 5 Pilar Keajaiban Rezeki 
6. Lhokseudu, Lokasi Terbaik Menikmati Senja
7. Sore Bersama Sunset Di Ujung Pantai Lhoknga, Aceh Besar
8. Pesona Keindahan dibalik Bukit Krueng Raya
9. Sebuah cerita 30 hari - Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Provinsi Aceh.


********* 
"Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik. Kirimkan tulisan anda ke e-mail (blogmangyono@gmail.com)." 
Share:

Orang belum kaya gak boleh pelihara angsa... Ini jawabannya

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Orang yang belum kaya gak boleh pelihara angsa... Ini jawabannya ... 

Angsa atau bahasa sunda disebut "Soang" tak bisa berlari kencang, lantaran kakinya pendek dan badannya besar. Jika dikejar, selalu mengembangkan sayapnya dan mengoak sangat keras. Pengusir Roh Jahat Angsa termasuk binatang penyabar. Namun di balik kesabarannya itu menyimpan berbagai kemampuan yang luar biasa. Buktinya, ada sebagian para ahli Supranatural mempercayai kalau angsa mampu mengusir roh jahat atau bangsa lelembut yang akan mengganggu para pemelihara angsa tersebut. 

Orang belum kaya gak boleh pelihara angsa... Ini jawabannyaOrang belum kaya gak boleh pelihara angsa... Ini jawabannya. Foto jepretan admin di Gudang Jatake, Tangerang

Dulu, saya ada rencana pelihara angsa... katanya angsa itu bisa mengusir mahluk halus atau bangsa lelembut..... Eh, malah ada tetangga yang ngelarang saya pelihara angsa... 

“Mang, kalau orang belum kaya itu jangan pelihara angsa ... “ 

Dengan rasa penasara saya tanya ke tetangga yang ngomong begitu ...
 
“Memangnya kenapa orang miskin gak boleh pelihara Angsa, Kang?”.
 
Dia jawab ...
 
“ Orang miskin harusnya pelihara TUYUL, mang “ .....

Hahaha ... *Semprul
Share:

Biaya Tarik tunai di ATM Bank BJB Pagaden

Sampurasun ... Rampes. 

MANGYONO.com - Biaya Tarik tunai di ATM Bank BJB Pagaden.

Fasilitas penarikan tunai di ATM merupakan salah satu fasilitas yang sangat penting dan banyak digunakan oleh nasabah sebuah bank, termasuk juga saya ... meskipun saldonya pas - pasan tetep aja melakukan ini... Lha, gajiannya lewat transfer Bank... Termasuk juga uang hasil dari Google Adsense... Saya pakai Wire Transfer atau transfer antar Bank. 

Tanggal 17 agustus saya ke Pagaden ... Maksud hati ingin mengambil uang di ATM BCA.. Tapi di ATM BCA tersebut sedang maintenance .... Jadi fasilitas penarikan tunai saya menemui kendala.

Namun solusi untuk kendala ini saya teringat dengan melakukan transaksi tarik tunai di ATM bank lain. ATM Bank Lain yang saya tuju yaitu ATM Bank BJB dekat kantor desa Pagaden... Saya pernah lihat waktu Mencairkan Google Adsense di Bank BJB. Yang alamatnya ...

Biaya Tarik tunai di ATM Bank BJB Pagaden
Biaya Tarik tunai di ATM Bank BJB Pagaden 


Bank BJB Kcp. Pagaden. ( ATM 24 Jam )
JL. Jenderal Ahmad Yani No. 174 RT/RW. 02/01, 
Lengkong, Pagaden, Subang, 
West Java, Indonesia.

Baca juga :
Mencairkan Google Adsense di Bank BJB   
Mencairkan Google Adsense bulan Januari di Bank BJB Pagaden.  Mencairkan Google Adsense di Kantor POS Pagaden.

ATM semacam ini sangat berguna di beberapa kondisi gawat terutama ketika kita tidak dapat menemukan ATM bank yang diinginkan atau ATM bank terdekat kita sedang maintenance, sehingga hanya bisa menemukan ATM bank lain.

Biaya tarik tunai yaitu Rp 7.500, naik dari biaya sebelumnya ..... 
Saya kena potongan penarikan Rp. 7.500, sekali tarik..Saya kena potongan penarikan Rp. 7.500, sekali tarik... 3 kali tarik kena Rp. 22.500, tapi gak apa lah daripada gak ambil uang .... hehehe.


Share:

Rumus – rumus mencari luas dan volume bangun ruang

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Rumus – rumus mencari luas dan volume bangun ruang

Meskipun saya dah gak sekolah lagi, tapi rumus Rumus-Rumus Mencari Luas dan keliling selalu saja dipakai di pekerjaan saya yang sebagai tukang perhitungan bahan... Kadang rumus ini suka lupa juga...

Nah, biar saya gak mencari – cari rumus ini di laci atau ditumpukan buku – buku, mendingan saya tulis di blog saya ini. Biar nanti kalau perlu tinggal buka internet dan buka blog saya... seterusnya jadi ngeblog dah... Hahaha. 

Neng Indah Mirna
Neng Indah Mirna sedang mencari rumus – rumus mencari luas dan volume bangun ruang.
....

Bangun ruang berbeda dengan bangun datar didalam menentukan rumusnya , yaitu tergantung dari bentuk bangun masing-masing. Secara umum bentuk dari bangun ruang seperti kubus dkk adalah 3 dimensi yang mempunyai isi atau volume atau isi berbeda dengan bangun datar yang hanya 2 dimensi.


Biar gak lupa silahkan di catet ya.... Sayyy...
1.    Kubus
Kubus adalah bangun ruang yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang berbentuk bujur sangkar.
a.    Luas Permukaan kubus
L= 6 a2

b.    Volume Kubus
V = a x a x a atau V = a3





2. Balok
Balok adalah bangun ruang yang dibatasi oleh enam bidang yang berbentuk persegi panjang dan sepasang-sepasang kongruen.


Keterangan :
p = panjang balok
l =lebar balok
t = tinggi balok

 
a.    Luas balok:
Luas = 2 (p.l +p.t + l.t)
b.    Volume balok:                                 
Volume = p x l x t


3.Tabung (silinder)
Tabung adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua sisi yang kongruen dan sejajar yang berbentuk lingkaran serta sebuah sisi lengkung.

Keterangan:
r = jari-jari tutup/alas tabung                    t = tinggi tabung

Volume tabung = luas alas x tinggi
Luas alas = luas lingkaran = πr2
Volume tabung = π r 2 t atau luas alas x tinggi, atau luas lingkaran x t
Keliling lingkaran alas/tutup = 2πr
Luas Selimut= 2πrt
Luas Permukaan Tabung = 2 x luas alas + Luas selimut tabung
Luas Permukaan Tabung = 2 (π r 2 )+ 2 π r t = 2 π r ( r + t )

4. Kerucut
Kerucut adalah bangun ruang yang dibatasi oleh sebuah sisi alas berbentuk lingkaran dan sebuah sisi lengkung.

Keterangan:
r = jari-jari alas kerucut                        t = tinggi kerucut

Luas selimut = π x r x s
Luas alas = π x r 2
Luas Permukaan kerucut = Luas alas + Luas Selimut
Luas Permukaan kerucut = πr2 + πrs = π r (r + s)
Volume Kerucut =1/3 x Luas alas x tinggi = 1/3 π r2 t atau 1/3 x π x r x r x t



5. Prisma
Prisma adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua buah bidang sejajar dimana bidang-bidang sejajar tersebut merupakan bidang atas dan bidang atas (tutup).


Rumus-rumus pada prisma:
Luas Permukaan Prisma                V = L alas x t
Luas = (2 x luas alas) + luas sisi tegak
Volume Prisma



6.Limas
Limas adalah bangun ruang yang dibatasi oleh sebuah segi sebagai bidang alas dan beberapa bidang tegak berbentuk segitiga


Rumus:
Volume = 1/3 luas alas tinggi sisi
Luas = luas alas + jumlah luas sisi tegak




7. Bola


R = jari-jari bola
Luas Permukaan bola
Luas = 4
Rumus:
Luas Bola = 4 x π x jari-jari x jari-jari, atau
                    4 x π x r2
Volume Bola = 4/3 x π x jari-jari x jari-jari x jari-jari
π  = 3,14 atau 22/7

Baca juga : Rumus-Rumus Mencari Luas dan keliling
Share: