Skip to main content

Penyerbukan padi secara alami.

Sampurasun ... Rampes. 

MANGYONO.com - Penyerbukan padi secara alami.

Padi merupakan tanaman yang menyerbuk sendiri karena lebih dari 95% serbuk sari tanaman padi membuahi sel telur tanaman yang sama.  Setiap bunga pada padi memiliki enam kepala sari dan kepala putik yang bercabang.  Umumnya kedua organ ini matang pada waktu yang bersamaan.  Kepala sari kadang-kadang keluar dari palea dan lemmanya ketika ia siap untuk melakukan proses reproduksi.

Penyerbukan padi secara alami. 
Penyerbukan padi secara alami.

Pengertian Penyerbukan adalah peristiwa menempelnya serbuk sari di kepala putik. Penyerbukan disebut juga persarian. Kepala putik ada yang berbulus halus, ada pula yang berlendir. Fungsi dari penyerbukan sangat memberikan manfaat dalam bentuk kemudahan. Fungsi penyerbukannya adalah memudahkan sebuk sari melekat pada kepala putik.

Penyerbukan pada padi dilakukan dengan bantuan angin atau serangga.
Penyerbukan pada padi dilakukan dengan bantuan angin atau serangga.

Nah, ciri-ciri dari bunga yang penyerbukannya dengan angin:
* Mahkota bunga berukuran kecil dan tidak berwarna.
* Serbuk sari kering, ringan, dan banyak.
* Tidak berbau dan tidak berkelenjar madu.
* Kepala putik terjulur keluar.

Reproduksi pada padi prosesnya yaitu ketika telah terjadi pembuahan zigot dan inti polar yang telah dibuahi tersebut membelah diri.  Zigot tersebut berubah menjadi embrio dan inti polar menjadi endospermia yang mana di akhir perkembangannya sebagian besar bulir padi mengandung pati pada bagian endospermanya yang pada tanaman muda hal ini berfungsi sebagai cadangan makanan, sedangkan bagi manusia bulir inilah yang menjadi bahan makanan yang disebut nasi. 

Penyerbukan dengan angin terjadi pada padi, jagung, gandum, dan rerumputan

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar