--> Skip to main content

Pita plastik pengusir burung pipit di sawah

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Pita plastik pengusir burung pipit di sawah

Burung pipit (Lonchura leucogastra) sering menjadi hama yang menjengkelkan para petani termasuk saya. Kalau jumlahnya satu atau dua itu gak masalah, tapi ini jumlahnya yang mencapai ratusan, ini berakibat bisa menghabiskan bulir padi yang siap panen dalam waktu sekejap saja. Nah untuk itu, berbagai cara dilakukan petani untuk bisa mengusir burung pipit. Banyak diantaranya menggunakan cara tradisional yang melelahkan dengan hasil kurang memadai.

Burung pipit biasanya menyerang tanaman padi pada fase matang susu sampai pemasakan biji (sebelum panen). Serangan mengakibatkan biji hampa atau rontok.

Gejala yang ditimbulkan oleh burung ini sangat tampak dan sangat merugikan dalam nilai ekonomis. Burung pipit ini bisanya memakan biji padi baik yang masih muda maupun yang sudah tua. Selain itu serangan dari burung pipit ini menimbulkan biji kosong atau hampa. 

Nah, cara penanggulangan atau pengusiran burung pipit supaya tidak mendekat tanaman padi yaitu dengan pemasangan pita plastik mengkilap.

 Pita plastik pengusir burung pipit di sawah

Dengan menggunakan pita plastik mengkilap berukuran panjang yang dipasang di sawah. Plastik ini bermanfaat untuk memantulkan sinar matahari yang akan membuat silau burung pipit, sehingga mereka tidak jadi mendekati lahan pertanaman padi. Sebelumnya sudah saya tulis cara ini di postingan Cara mengusir burung pipit di sawah dengan plastik

Pita plastik terbentang di sawah admin
Pita plastik terbentang di sawah admin

Pita plastik diikat pada tiang per 6 Meter
 Pita plastik diikat pada tiang per 6 Meter atau disesuaikan dengan lokasi.

Pita plastik ini akan berkilat - kilat
Pita plastik ini akan berkilat - kilat apabila terkena sinar matahari dan tertiup angin.
 
Namun pemasangan pita plastik mengkilap ini mempunyai kelemahan, karena pada jam 05-07 pagi dan jam 05-06 sore cahaya matahari tidak nampak apalagi pas cuaca mendung dan hujan... Begitu juga dengan angin pada jam tersebut gak tertiup kencang.  Padahal waktu-waktu tersebut merupakan waktu yang kritis bagi tanaman diserang burung. Jadi harus dibantu dengan pengusir lainnya untuk mengusir burung pipit pada waktu tersebut.... Cara pengusiran akan saya tulis nanti ... ditunggu yah ... Hehhe

# Silahkan di copas tapi sertakan link sumbernya yak...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments