logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Akun youtub saya dihapus karena melanggar hak cipta

Sampurasun ... Rampes

MANGYONO.com – Mohon ma'af, akun youtub saya dinonaktifkan karena melanggar hak cipta. Salah satu masalah terbesar di situs video-sharing seperti YouTube adalah  berurusan dengan isu seputar pelanggaran hak cipta. Hal ini saya alami sekarang ini, hingga akhirnya akun youtub saya dinonaktifkan karena ada pemberi tahuan ke youtuk dari yang punya hak cipta.

Bagi sobat – sobat yang belum ngalamin Akun youtub dihapus, mending dari sekarang harus hati – hati ya, biar akun youtubnya tidak di nonaktifkan seperti yang saya alami.

Akun youtub saya dihapus karena melanggar hak cipta. Ini Akun youtub saya yang baru. Silahkan kunjungi di sini
Akun youtub saya dihapus karena melanggar hak cipta. Ini Akun youtub saya yang baru. Silahkan kunjungi di sini

Hal Apa saja yang menjadi Pelanggaran hak cipta di Situs Youtube ?. Berikut ini akan saya tulis sesuai yang saya ketahui atau saya alami dengan cerita pendek. 

Saya sangat menggemari Audisi atau pencarian bakat penyanyi dangdut Academy Indosiar, Ketika menonton audisinya di tivi Indosiar dan menonton FTV Lesti saya merekamnya lalu mengupload ke Youtube. Itu adalah konten orang lain dan bukan Konten saya. Maka hal itu digolongkan sebagai pelanggaran Hak Cipta. Menggugah Konten orang lain ( Tanpa Izin Jelas ) bisa meninmbulkan masalah.

Hak Cipta adalah bentuk perlindungan untuk karya tulis, Sastra, drama, music, film, grafis dan Audiovisual. Pelanggaran hak cipta terjadi jika karya hak cipta di produksi ulang,ditampilkan atau ditujukan pada publik tanpa izin dari pemilik hak cipta atau tanpa hak hukum melakukannya.

Meskipun Youtube adalah situs bebas, saya mendapakan masalah serius jika melanggar hak cipta. Ini membuat saya bisa di tuntut, dan bertanggung jawab memberikan ganti rugi. Saya bisa kehilangan uang dari pendapaan ( Monetization ) atau lebih buruk lagi saya bisa kehilangan akun Youtube dan semua vidio yang diunggah ke situs itu semuanya lenyap. Mungkin saya hanya mendapatkan sedikit kesempatan bisa mengembalikan semua menjadi normal kalau beruntung. Karena sampai saat ini akun saya itu belum bisa berjalan secara normal.

Ini karena Youtube menerima pemberitahuan hak cipta yang valid dari pemilik hak cipta,maka video itu akan dihapus. Saya diberitahu melalui Email dan dari dalam dasboard channel saya. Saya juga mendapatkan teguran, dan saya tidak sempat membuka eguran tersebut karena saya sedang di Rumah Sakit. Jika Youtube mengetahui bahwa kita adalah si tukang pelanggar hak cipta maka akan membuat kita di banned selamanya dari youtube.

Balik lagi ke Pencarian penyanyi atau Audisi Dangdut Academy. Saya sadar bahwa mempublikasikan Audisi D’Academy ke youtube adalah melanggar hak cipta. Maka saya memutuskan untuk tidak akan melakukannya lagi. La wong Neng Lestinya aja sudah menjadi Juara ... Dan sekarang Indosiar sedang tayang audisi D’Academi 2

Setelah menyadari 2 hal di atas saya akhirnya memutuskan untuk membuat video ala D’Academy dengan versi sendiri. Misalnya saya mencoba mejadi Lesti yang diiringi lagu Lesti dalam video tersebut.... Hahaha . Ini adalah tindakan yang cerdas tapi Hal ini tetap masuk dalam pelanggaran hak cipta jika tidak memiliki izin. Dalam hal ini  kita harus memiliki izin untuk menggunakan Audio ( ACDC song ) . Namun hal ini tergantung digunakan dengan wajar atau bukan.

Di Amerika Serikat, Undang - undangh hak cipta mengijinkan penggunaan wajar dari materi berhak cipta pada situasi tertentu yang terbatas tanpa izin  pemiliknya terlebih dahulu. Menurut undang-undang, penentuan penggunaan yang wajar mempertimbangkan tujuan dan karakter penggunaan, sifat dasar karya hak cipta, jumlah dan pentingnnya karya yang digunakan untuk karya itu secara keseluruhan.

Ya sudah, Mari kita lupakan Lesti dan D’Academy. Karena Saya memiliki video sendiri ( hasil karya Saya ). Video Sisingaan, Seni Galura Lengser, teriak teriak tanpa alasan ( mungkin gila hehe ).

Ulasan di atas adalah beberapa hal tentang pelanggaran hak cipta saya. Saya harap bisa di pahami dengan baik supaya sobat tidak mengalami hal yang sama seperti saya. Saya juga tidak mengalami dan jatuh ke lubang yang sama pula. Dipostingan yang menampilkan vidio youtub pasti youtubnya gak akan tampil, jadi mohon maaf saja ya dengan ketidaknyamanan ini.

Ya sudah, yang sudah biarkan saja berlalu, kalau sudah dihapus ya mau gimana lagi mendingan buat akun yang baru saja. Dan untuk mensuport saya ... silahkan tonton vidio youtub saya dibawah ini



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

16 komentar

Tenang mg yono ... rizqi gk akan kmn klo kita ttp beeusaha ....hehehe

Balas

Mending di hapus saja kang videonya, dan bikin karya sendiri aja. Jangankan ngerekam dari TV, kita buat arasemen dari yang gratisan bisa di klaim ko, bikin pusing aja kan coba > he,, he,, he,,

Balas

oh lesti iya pak saya juga suka nontonya.
tapi kalau wayang golek sih saya ngga ngerti karena bukan dari suku jawa. he he...

Balas

Iya mas Fiu, mudah - mudahan aja dengan vidio yang sekarang akun saya gak di banned lagi

Balas

Vidionya dah mau saya hapus, eh keburu akunnya yang dihapus Youtub hehehe

Balas

Betul mas, awalnya saya juga suka nonton eh lama - lama merekam akhirnya di upload ke yutub dan pengunjungnya membludak, sampai terlena ... eh ada pelanggaran

Balas

saya pernah bahas ini sama bapana barudak... kabita sama dollar dari yutubnya mang yono... kata bapana barudak, jangan... bukan soal hak cipta, tapi soal saya yang tara nonton tipi... wkwkwk

Balas

mang gk apa apa kah,,tayangan GA di home page blog sampeyan ampe 5 ,dgn gaya yang sama

Balas

Secara TEORI kalau di AKun di BANNED , ya tinggal bikin kagi Mang Yono masih beruntung BANNED bukan dari katagori Negara. Jika di BANNEDdengan katagori NEGARA< ke mana pun mang Yono bikin AKun Baru Youtube dengan IP Indonesia (Sabang sampai Merauku) tetap tidak bisa. Jadi kalau di DELETE ya buat lagi. Semoga tidak terjadi lagiyang kedua kali

Balas

lebih baik upload video sendiri aja ya mang...

Balas

Haha.. saya juga menguplod vidio yang berhak cipta buat yang tara nonton tivi ... untungrasa kabita dengan dollar saya gak sampai nyemah ka Gubug ku hehe

Balas

Menurut saya sih gak apa Bang Ali, yang saya pasang kecil - kecil itu iklan pormat seluler, kalau dilihat dari seluler mah tetep aja iklannya 2 hehehe

Balas

Betul sekali ya kang, masih beruntung saya ya, coba kalau dibanned kategori negara, saya harus jadi TKI dulu ya hehehe... tapi bingung juga jadi TKI nyairin GA nya pakai alamat mana coba heheh... Saya dah bikin lagi kang sudah sekitar 20 vidio yang saya unggah ke akun baru hehehe

Balas

betul sekali sob, lebih aman dari banned ya hehehe

Balas

kang kalau saya lihat di youtube ko masih banyak yang nayangin video d'academy Indosiar.. dan tampilannya sampai puluhan ribu.. tapi ko kelihatannya tenang2 aja,, apa karena videonyadiedit dahulu sebelum diupload apa karena gak ada yang ngelaporin yah Kang?

Balas

mungkin lolos dari pelaporan... soalnya bulan - bulan kemaren khan Timnya laporin besar - besaran karena mau membuat websitus khusus vidio :)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger