logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Menanam terong kuning, peuheur (Solanum indicum )

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Menanam terong kuning, peuheur (Solanum indicum )

Mungkin sobat ada yang baru tau kalo ternyata ada terong yg berwarna kuning , mungkin taunya terong yang warnanya cuma ungu, ijo dan putih. 

Awalnya saya juga sama sekali tidak tertarik untuk menanam terong ini. Setelah saya Googling di internet, ternyata tanaman terong peuheur atau terong kuning belum ada yang membudidayakannya, terong peuheur tumbuh secara liar. Nah, dari rasa penasaran ini saya tertarik dan penasaran dengan tanaman terong peuheur (Solanum indicum ), apa mungkin tanaman ini tidak bisa di semai, tak akan tumbuh bila disemai. Akhirnya saya berniat menyemainya, dan sudah saya tulis di postingan saya yang berjudul Cara semai terong peuheur / terong kuning .

FOTO : Terong kuning, terong peuheur (Solanum indicum )
 FOTO : Terong kuning, terong peuheur (Solanum indicum )

Ternyata setelah saya semai nanamnya juga nggak susah dari sekian banyak yang disemai rata-rata hidup semua sampai – sampai sebagian saya bagikan ketetangga tujuannya biar mereka tertular samangat menanam seperti saya. Seiring perjalanan waktu…ternyata pohon terongnya terserang kutu putih tertular dari pohon kamboja. Mulai deh melakukan misi penyelamatan. Daun-daun yg terserang kutu putih disemprot menggunakan ramuan dari bawang putih. Untuk membuat ramuan pembasmi hama dari bawang putih silahkan baca di postngan saya yang berjudul Cara membasmi hama tanaman dengan bawang putih

 FOTO; Terong peuheur muda warnanya hijau, ini bisa di buat karedok
 FOTO; Terong peuheur muda warnanya hijau, ini bisa di buat karedok

Ternyata misi berhasi, daun-daun sehat kembali. Dan tak lama berselang bunga kecil berwarna ungu muncul.

Wuih…nggak lama lagi bakal bisa panen terong.... Hehehehe... Ternyata perkiraan saya salah saudara-saudara. Bunganya layu setelah sempat berkembang sebentar. Apa yang salah ya…hmmm coba dikasih kotoran kambing, siapa tau kurang pupuk. Ternyata hasilnya tetep sama….bunga jatuh sebelum menghasilkan buah.
Asem benar ( pinjam kata – katanya mas Zach ... Hehehe ), masak sudah nanem sekian lama nggak nikmati hasilnya.  Saya pangkas daun-daunnya sambil saya membisikan ancaman. Kalo sampai bulan depan saya nggak ngeliat lu berbuah, nggak hanya daun yg saya pangkas tapi kamu langsung saya buang. Haa…haa….ternyata ancaman saya berhasil terong berbunga dan berbuah ...  

FOTO; Terong peuheur tua warnanya kuning
  FOTO; Terong peuheur tua warnanya kuning, ini bisa di goreng pakai nasi

Baca juga :
Terong Kuning ( Solanum indicum) atau Terong Peuheur.
Cara membuat karedok terong peuheur atau terong kuning
Makanan sederhana tapi bikin nikmat.  
Takokak ( Solanum Torvum ).
Buah Takokak Bisa Menyembuhkan Mata Minus. 
Cara Tumpang sari padi dengan terong 
Terong bulat Gelatik ( Glatik round eggplant )

 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

11 komentar

Ternyata terong juga takut ya sama ancaman, hehehe ... Oya kira2 terong bulet2 spt itu enaknya dimasak apa y kang?

Balas

Mang.. enak gitu kalau di makan terong yang warnanya kuning?

Balas

saya sukanya yang masih hejo mang

Balas

namanya atuh ulah peuher atuh mang kesannya jadi ga enak ganti jadi terong buleud..

Balas

terong kuning aku jarang nemuin mang di warung-warung tapi aku lebih suka sama terong yang ijo mang hehehe

Balas

Iya takut ancaman saya haha... Bisa di goreng atau di buat karedok... terong ini sering di jadikan obat herbal

Balas

Enak.. kalau di goreng rasanya seperti jeroan ayam hehe... kalau mentahan enak di buat karedok

Balas

Iya saya juga suka.... kalau dicoel ke sambel goang mantab dah

Balas

Kalau ditempat saya namany terong peuheur... nanti kalau namanya diganti ... malah banyak yang gak tau xixixi

Balas

Memang betul terong ini belu banyak yang membudidayakan... di pasaran juga susah ditemuin ...

Balas

sayah sukanih sama terong yang satu ini,apalagi kalau di makannya sama sambel.!!hehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger