Menanam terong kuning, peuheur (Solanum indicum )

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Menanam terong kuning, peuheur (Solanum indicum )

Mungkin sobat ada yang baru tau kalo ternyata ada terong yg berwarna kuning , mungkin taunya terong yang warnanya cuma ungu, ijo dan putih. 

Awalnya saya juga sama sekali tidak tertarik untuk menanam terong ini. Setelah saya Googling di internet, ternyata tanaman terong peuheur atau terong kuning belum ada yang membudidayakannya, terong peuheur tumbuh secara liar. Nah, dari rasa penasaran ini saya tertarik dan penasaran dengan tanaman terong peuheur (Solanum indicum ), apa mungkin tanaman ini tidak bisa di semai, tak akan tumbuh bila disemai. Akhirnya saya berniat menyemainya, dan sudah saya tulis di postingan saya yang berjudul Cara semai terong peuheur / terong kuning .

FOTO : Terong kuning, terong peuheur (Solanum indicum )
 FOTO : Terong kuning, terong peuheur (Solanum indicum )

Ternyata setelah saya semai nanamnya juga nggak susah dari sekian banyak yang disemai rata-rata hidup semua sampai – sampai sebagian saya bagikan ketetangga tujuannya biar mereka tertular samangat menanam seperti saya. Seiring perjalanan waktu…ternyata pohon terongnya terserang kutu putih tertular dari pohon kamboja. Mulai deh melakukan misi penyelamatan. Daun-daun yg terserang kutu putih disemprot menggunakan ramuan dari bawang putih. Untuk membuat ramuan pembasmi hama dari bawang putih silahkan baca di postngan saya yang berjudul Cara membasmi hama tanaman dengan bawang putih

 FOTO; Terong peuheur muda warnanya hijau, ini bisa di buat karedok
 FOTO; Terong peuheur muda warnanya hijau, ini bisa di buat karedok

Ternyata misi berhasi, daun-daun sehat kembali. Dan tak lama berselang bunga kecil berwarna ungu muncul.

Wuih…nggak lama lagi bakal bisa panen terong.... Hehehehe... Ternyata perkiraan saya salah saudara-saudara. Bunganya layu setelah sempat berkembang sebentar. Apa yang salah ya…hmmm coba dikasih kotoran kambing, siapa tau kurang pupuk. Ternyata hasilnya tetep sama….bunga jatuh sebelum menghasilkan buah.
Asem benar ( pinjam kata – katanya mas Zach ... Hehehe ), masak sudah nanem sekian lama nggak nikmati hasilnya.  Saya pangkas daun-daunnya sambil saya membisikan ancaman. Kalo sampai bulan depan saya nggak ngeliat lu berbuah, nggak hanya daun yg saya pangkas tapi kamu langsung saya buang. Haa…haa….ternyata ancaman saya berhasil terong berbunga dan berbuah ...  

FOTO; Terong peuheur tua warnanya kuning
  FOTO; Terong peuheur tua warnanya kuning, ini bisa di goreng pakai nasi

Baca juga :
Terong Kuning ( Solanum indicum) atau Terong Peuheur.
Cara membuat karedok terong peuheur atau terong kuning
Makanan sederhana tapi bikin nikmat.  
Takokak ( Solanum Torvum ).
Buah Takokak Bisa Menyembuhkan Mata Minus. 
Cara Tumpang sari padi dengan terong 
Terong bulat Gelatik ( Glatik round eggplant )

 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar