logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Remis, Kijing itu apa, hidup dimana, bisa dimakan ?.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Remis atau Haremis adalah kata dalam Bahasa Sunda yang artinya sejenis kerang yang hidup di sungai / selokan atau rawa - rawa. Dalam Bahasa Melayu disebut Remis, dan dalam Bahasa Jawa namnya Kijing. Kalau Kijing dalam bahasa Sunda yaitu Remis yang bentuknya gepeng dan agak lonjong. Remis sangat suka mengendap di dasar sungai yang berpasir dan bersuhu dingin. 

Kulit Remis berwarna kuning  ada juga bagian yang berwarna biru kehitaman. Kulitnya keras seperti marmer licin tapi tidak berbulu. Jik dibuka, akan terlihat bagian dalamnya yang seperti Kepah atau Kupang dalam Bahasa Jawa Timur yaitu mirip kerang tetapi putih dan gepeng melebar.

Remis, Kijing itu apa dan hidup dimana ?.
Remis, Kijing itu apa dan hidup dimana ?. 

Nah, tak jauh dari rumah saya ada sebuah Sungai yang banyak Remis ... saya ngefans sekali dengan Olahan dari Remis ini. Waktu liburan kemarin saya puaskan rasa penasaran saya dengan menyantap olahan dari Remis, kalau yang mencari Remisnya bukan saya tapi Mertua perempuan saya, cara mengambilnya pun di “Sair” menggunakan ayakan, pengambilan Remis memang gak kelihatan... karena air sungainya pun besar... Ngambilnya dengan perasaan... Piling ... Mata Hati ... Hehehe ... Jujur saja saya gak bisa mencari remis dengan cara ini .. Tapi, mertua saya ntu sekitar 3 Jaman dah dapat satu ember penuh... Saya acungi jempol dah buat mertua saya... Maafkan menantu mu ini bu, Cuma bisa makan doang ... Hehee.

Baca : Ayakan anyaman dari bambu diserbu pembeli

FOTO 1 : Yang saya pegang ini namanya Remis besar.
 FOTO 1 : Yang saya pegang ini namanya Remis besar.

Nah, kalau terlalu banyak mendapatkan Remis mertua saya ini suka menjualnya setelah direbus dan dipisahkan dari cangkangnya... Harganya pun relatip murah.. 1 Gelas sekitar 200 cc daging remis tanpa cangkang dihargai Rp. 2.000 – Rp. 5.000. 

Baca Cara Memisahkan Daging Remis Dari Cangkang.

FOTO 1 : Yang saya pegang ini namanya Kijing.
 FOTO 2 : Yang saya pegang ini namanya Kijing.

Istri saya kadang mertua saya memasaknya dengan cara disemur, digoreng, dipepes atau disayur bening, saya pun tak melewatkan waktu lagi dan langsung menyantapnya masakan dari Remis yang empuk. Rasanya kenyal dan manis berpadu dengan bumbunya yang pedas. Enak! Dan, membuat ketagihan. Tapi istri mengingatkan untuk tidak terlalu banyak .... Takut gak kebagian ... Hahaha. Gapapa deh, yang penting sudah terpuaskan. Sayang waktu liburan sudah habis sekarang saya gak bisa makan olahan Remis lagi... Gak papa deh khan bisa di hari minggu nanti saya pulang kampung lagi ..... Hehehe. Baca Cara Memasak Tumis Remis Cabe Ijo

Mertua dan para tetangga bilang katanya remis itu bisa untuk menyembuhkan penyakit kuning .... Baca Remis, Kijing untuk menyembuhkan penyakit kuning

Baca juga  Obat Tradisional Hepatitis dari Rebung, Remis, Temulawak


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

14 komentar

Ada yg warna ijo itu apa mang namanya?
saya suka tuh yg ijo

Balas

Itumah kerang ijo Mas, bisa dibudidayakan di pantai air asin ... kalau ini mah di air tawar

Balas

Remis
Dengan kemangi ditumis
Hilang amis

:)

Balas

Wah betul sekali mbak....
Remis abis...
minum teh manis
ya mbak Anis ...
isisisis.............

Balas

Wah saya sangat suka dengan remis mang..
Tapi kalo di tempat saya nama nya pensi..

Balas

enak tuh remis nya mang aku suka loh hehehe

Balas

Remis di kampung saya masih banyak Mang, dulu mah enak di makan. gak tau sekarang mah

Balas

Remis sama kerang ijo beda jauh ya Mang..?

Balas

saya mah malah gatau apa itu remis kang saud soalnya baru denger :-)

Balas

Ya kang, hidupnya aja beda remismah di air tawar sedangkan kerang ijo mah di air asin ... tapi masih diair - air juga ... hehehe

Balas

Namanya keren Bang... itu di daerah mana ya... Remis jadi Pensi ?.

Balas

Iya Neng ... asal jangan kebanyakan aja makan remisnya ... nanti yang lain gak kebagian xiixixi

Balas

Sekarang juga masih enak, kang Saud ... asal jangan airnya tercemar limbah pabrik aja... nanti bahaya...

Kalau begitu main atuh ke tempat saya, Kang Jum biar tau itu remis yang gimana... kijing yang gimana hehehe

Balas

Disini kijing sudah langka Kang Yono, Sewaktu masih mukim di Subang sering kami mengkonsumsinya. Apalagi Kalau lagi musim kemarau, banyak dah nih kijing

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger