--> Skip to main content

Makna dan tujuan Ruwatan Bumi

Sampurasun... Rampes...

MANGYONO.com - Makna dan tujuan Ruwatan Bumi

Ruwatan adalah budaya masyarakat Jawa pada umumnya, Ruwatan menurut bahasa setempat mengandung arti “ruwat” yang berarti “luwar” atau “leupas” sedangkan “bumi" mengandung arti tanah yaitu tempat dimana kita berpijak. Ruwatan Bumi ini dengan tujuan memohon kepada sang pencipta, untuk di selamatkan dalam diri, usaha, pertanian dan lain sebagainya dari serangan orang yang jahat, dari berbagai penyakit dan hama untuk segala usaha pertaniannya. Dan rasa syukur atas hasil pertanian yang didapat. Baca Ruwatan Bumi di Dusun Gardu, Pagaden Barat, Subang

Cerita wayang Muerwakala "Bethara Kala" di bawakan oleh dalang Ruwat
 Ruwatan Bumi di Dusun Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Subang. Cerita wayang Muerwakala "Bethara Kala" di bawakan oleh dalang Ruwat

Sesuai dalam cerita pewayangan, Bethara Kala masuk dalam level kadewatan. Apalagi ia memang anak dari Bethara Guru dengan kata lain ia adalah cucu bangsa kadewatan. Ia hidup di dimensi bumi tidak lain untuk mengkonstribusi dalam tata keseimbangan kosmos. Walaupun Bethara Kala adalah Ratu yang hangratoni jagad lelembut jin tetapi ia sangat bijaksana. Ia disiplin, patuh dan loyal terhadap wewaler dan paugeran. 

Hukum alam khususnya di wilayah Nusantara. Ia tidak akan sembarangan “memangsa” (nasib) bangsa manusia yang bukan termasuk dalam kategori sengkolo-sukerto. Bagi yang belum memahaminya, Bethara Kala seolah makhluk jahat pemangsa (nasib) bangsa manusia. Namun jika kita berfikir lebih kritis dan bijaksana, Bethara Kala sebenarnya hanya menjalankan tugas sesuai dengan hukum alam. Ia bukanlah pelanggar hukum alam. Jika kita melanggarnya, maka alam semesta melalui unsur-unsurnya dan kehidupan lainnya akan menghakimi kita. Itu pula disebut sebagai hukum  sebab akibat atau karma.

Dalam menggelar pentas wayang kulit yang melakonkan tentang ruwatan itu sendiri. Sang dalang dalam menampilkan pagelarannya menyajikan salah satu dari beberapa jenis lakon. Misalnya lakon murwakala. Menurut dalang ruwat, tidak sembarangan dalang yang bisa meruat... Dalang ruwat itu harus dari turunan dalang... Ayahnya turunan dalang dan ibunya pun turunan dalang, dua – duanya turunan dalang... Meskipun sang dalang pintar memainkan wayang / wayang golek pandai membawakan cerita pewayangan... Kalau bukan dari turunan dalang dari ayah ibunya dalang tersebut tidak boleh meruwat. Kalau ini dilanggar sang dalang tersebut akan mendapatkan karma. Begitu juga yang menonton tidak dierbolehkan pulang sebelum acara ruwatan selesai.. Orang hamil pun dilarang menonton ruwatan.

Ruwatan Bumi di Dusun Gardu. Dalang Ruwat mulai meruwat
Ruwatan Bumi di Dusun Gardu. Dalang Ruwat mulai meruwat


Ruwatan Untuk Desa atau Wilayah Yang Luas... Dilakukan dengan pagelaran pewayangan  yang membawakan lakon Murwa Kala dan dilakukan oleh dalang khusus memiliki kemampuan dalam bidang ruwatan. Ruwat bumi adalah ruwatan paling besar dan berat. Tidak setiap dalang kuat melakukan pangruwatan bumi. Ragam sesaji dan uborampe sangat beragam dan tidak boleh ada yang terlewatkan satu pun. Walaupun sesaji dan uborampenya lengkap, dalangnya pun harus benar-benar dalang pinilih, dalang yang kuat secara batin, dan ilmu spiritualnya mencapai kesadaran kosmologis.  Sebab jika tidak kuat resikonya adalah muntah darah atau bahkan mati karena tidak kuat saat Bethara Kala hadir dan merasuk ke dalam diri ki dalang.  

Ruwatan Kegiatan gelar budaya ruwatan tidak sekedar latah, namun di dalamnya terkandung nilai sosial, edukatif, rasa kebersamaan dalam banyak ragam perbedaan. Dan pemberdayaan terhadap nilai-nilai potensi sumberdaya, kreatifitas manusia serta ikut melestarikan budaya bangsa khususnya budaya Ruwatan. Ruwatan mengandung makna mengevaluasi diri atas segala kesalahan yang disadari maupun tidak disadari di masa yang telah lalu. 

Baca juga :  
Upacara Ruwatan Bumi di Kampung Gardu 2, Pagaden Barat, Subang 
Tradisi Ruwatan Bumi di Kabupaten Subang Jawa Barat 
Arak - arakan / karnaval hasil bumi Ruwatan Bumi di Dusun Gardu, Subang
Ruwatan Bumi di Dusun Gardu, Pagaden Barat, Subang

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments