Arak - arakan / karnaval hasil bumi Ruwatan Bumi di Dusun Gardu, Subang

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Arak - arakan / karnaval hasil bumi dan potong tumpeng di Ruwatan Bumi di Dusun Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia.

Masyarakat Dusun Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang menggelar hajat lembur di Bantaran Sungai Ciasem atau  Bendungan Macan, Sabtu (07/11/2015). Upacara ruwatan itu digelar sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas hasil bumi yang diperoleh.

Arak - arakan / karnaval hasil bumi Ruwatan Bumi di Dusun Gardu, Subang
 Arak - arakan / karnaval hasil bumi Ruwatan Bumi di Dusun Gardu, Subang


Sejak pagi, warga Dusun Gardu melakukan arak-arakan berpakaian pangsi sambil membawa alat - alat pertanian dan memikul tandu hias yang dipenuhi hasil bumi, ada juga yang tampil lucu dengan dandanan ala badut. Pawai yang dimulai dari Lokasi Panggung di Bantaran Sungai Bendungan Macan / dekat Rumah Bapak RW Dadang, berkeliling ke selatan sampai ke perbatasan Desa di daerah Cimacan, Ke Timur sampai rumah Bapak Haji Ahu atau perbatasan Dusun Gardu dengan Ciyuda. Arak - arakan tersebut diikuti oleh ratusan warga. 

Semoga saja acara tahunan itu bisa berkembang menjadi acara festival budaya yang mampu menarik pengunjung dari dalam dan luar kota, bahkan juga mancanegara.

Ruwatan berasal dari kata 'ruwat' atau ngarawat, yang artinya memelihara atau mengumpulkan. Maknanya ialah mengajak masyarakat seluruh kampung berikut hasil buminya untuk dikumpulkan. Selain sebagai rasa syukur tadi, ruwatan ini sekaligus sebagai tindakan tolak bala dan penghormatan terhadap para leluhur.

Setelah dimeriahkan dengan arak - arakan / karnaval hasil bumi dan potong tumpeng, acara ditutup dengan pergelaran wayang golek GENTRA BALE BANDUNG Ki dalang H. Ita Sumitra dari Sukasari, Binong, Subang.

Berikut ini photo - photo acara arak -a rakannya ...

FOTO 1 :  Arak - arakan / karnaval hasil bumi Ruwatan Bumi di Dusun Gardu, Subang.


FOTO 2 :  Arak - arakan / karnaval hasil bumi Ruwatan Bumi di Dusun Gardu, Subang. Hamil 9 Bulan dari desa mau ke Bidan ... heheh

FOTO 3 :  Arak - arakan / karnaval hasil bumi Ruwatan Bumi di Dusun Gardu, Subang.

FOTO 4 :  Arak - arakan / karnaval hasil bumi Ruwatan Bumi di Dusun Gardu, Subang. Trio Wekwek...

 FOTO 5 :  Arak - arakan / karnaval hasil bumi Ruwatan Bumi di Dusun Gardu, Subang. Bi Aseng... Tukang sorabi jadi ABeGeh ... hehehe

Baca juga :  
Upacara Ruwatan Bumi di Kampung Gardu 2, Pagaden Barat, Subang 
Tradisi Ruwatan Bumi di Kabupaten Subang Jawa Barat 
Arak - arakan / karnaval hasil bumi Ruwatan Bumi di Dusun Gardu, Subang
Ruwatan Bumi di Dusun Gardu, Pagaden Barat, Subang 
Makna dan tujuan Ruwatan Bumi
 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar