--> Skip to main content

Subang : Perbedaan Rambutan Jarah dan Rambutan Cangkok

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Subang : Perbedaan Rambutan Jarah dan Rambutan Cangkok 

Sebentar lagi atau sekitar bulan Desember sampai akhir April atau pertengahan bulan Mei merupakan bulan – bulan sibuk masyarakat subang untuk mengais rezeki. Ya, bulan - bulan tersebut merupakan saat dimana panen rambutan datang. Berbagai macam profesi penduduk daerah Subang, khususnya untuk yang berada dikecamatan Kalijati pasti semua ikut disibukan dengan panen rambutan.

Subang : Perbedaan Rambutan Jarah dan Rambutan Cangkok
Subang : Perbedaan Rambutan Jarah dan Rambutan Cangkok . Foto Rambutan cangkok


Baca juga : Jenis - jenis Rambutan Subang

Ya.. berbagai macam rambutan ada di daerah Subang ini, ada yang namanya rambutan jarah dan ada juga rambutan cangkok. 

Rambutan jarah 
Merupakan pohon rambutan yang ditanam dari biji, pohonnya cenderung lurus dan tinggi 

Rambutan cangkok 
Merupakan hasil mencangkong biasanya pohonnya banyak memiliki dahan dan cenderung melebar. 

Foto : Rambutan cangkok
 Foto : Rambutan cangkok

Rasanya jelas berbeda, seperti  halnya teori menanam pohon kalau dari biji kadang tidak sama sifatnya dengan induknya, buah rambuatan yang manis jika bijinya ditanam belum tentu menghasilkan pohon yang berbuah manis pula seperti induknya. Lain halnya dengan mencangkok sudah pasti kalau induknya manis maka hasil cangkokanya juga manis.... gak percaya ... balik lagi sono ke SD ... Hehehe.

Berikut ini beberapa kelebihan dari rambutan jarah dan cangkok
i. Rambutan Jarah
Rasa buahnya lebih bervariasi ada rasa manis campur asam, kadang juga kalau rambutan jarah yang bagus sepintas ada aroma khas tersendiri. Tekstur dari daging buah rambutan jarah juga cenderung lebih berbeda beda ada yang memiliki banyak air, ada yang kering ada yang gampang dikelupaskan / ace, ada juga yang susah untuk dikelupaskan danging buahnya atau jarot. 

ii. Rambutan cangkok 
Rasanya hampir seragam berasa manis dan buahnya kering. Untuk penampilan buah dari luar antara cangkok dan jarah ini juga memiliki perbedaan. Rambutan jarah memiliki bentuk yang kadang lebih besar atau kadang lebih kecil dari rambutan cangkok, ada yang bulat sempurna ada juga yang buahnya berbentuk lonjong. Kalau sudah benar diperhatikan biasanya rambutan jarah ini memiliki rambut di cangkang yang lebih gondrong, walau ada yang kadang malah sedikit botak (orang sini menyebutnya gundil). Untuk rambutan cangkok seperti halnya rasa da tekstur daging buahnya penampilan dari luarnyapun hampir semuanya seragam.

Baca juga : 
Buah Rambutan Di Sekitar Rumah Saya Di Kabupaten Subang 
Panen Raya Buah Rambutan Di Kabupaten Subang 
Duuh. Harga Rambutan di tingkat petani cuma Rp 3.000  
Rambutan Subang sedang berbuah, petani tinggal menghitung hari 
Buah Rambutan Subang, bikin ngiler yang ngidam  
Menanam Sengon, Rambutan dan tumpang sari lainnya



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments