Jenis - jenis Rambutan Subang

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Jenis - jenis Rambutan Subang.

Selain dari jenis rambutan berdasarkan cara menanamnya, jenis rambutan ini juga bisa dibedakan berdasarkan sebut saja kelompoknya, ada yang disebut rambutan ginjai atau binjai, ada yang namanya rapiah atau ada juga yang menyebutnya rambutan si pelat. Baca Subang : Perbedaan Rambutan Jarah dan Rambutan Cangkok

Jenis - jenis Rambutan Subang Jenis - jenis Rambutan Subang

Rambutan ginjai atau binjai 
Daging buahnya kering, rasanya manis, memiliki sedikit aroma, dan yang terakhir alasan orang banyak menyukainya adalah daging buahnya yang gampang mengelupas sehingga orang mudah untuk memakannya. Penangan jenis rambutan ini dari luar hampir sama dengan rambutan jarah, walaupun kadang rambutan ini merupakan hasil cangkokan dari induk berjenis ginjai pula.

 Foto : Rambutan ginjai atau binjai
 Foto : Rambutan ginjai atau binjai


Rambuta Rapiah atau si Pelat
Rambutan rapiah ini memiliki banyak penggemar, walaupun buahnya masih berwarna hijau betul betul hijau seperti rambutan yang masih belum matang namun rasanya sudah manis apa lagi yang sudah betul betul matang. 

Ramburan Rapiah atau si Pelat juga memiliki tekstur daging buah yang kering dan mudah di kelupas. Penampangan dari luarnya rambutan rapiah ini biasanya lebih kecil dan bentuknya tidak bulat sempurna atau pun lonjong melainkan seperti terbelah dua makanya orang sini menyebutnya si pelat karena di tengah tengahnya ada bagiah yang sedikit cekung, bergaris . 

Rambutan Rapiah / si Pelat ini cenderung langka karena para petani rambutan kurang suka menanam buah rambutan ini desebabkan buahnya sangat sedikit atau tidak lebat seperti jenis rambutan yang lainnya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar