logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Buah Naga di Pot Agar Rajin Berbuah

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Cara Menanam dan Merawat Tanaman Buah Pot Agar Rajin Berbuah.

Menurut pengalaman admin dalam menanam tanaman buah... Tanaman buah itu ada yang sulit dan ada yang mudah untuk berbuah jika kita tanam dalam sebuah pot atau pekarangan, kebun. Tapi sobat gak perlu bingung, sekarang banyak trik untuk mempercepat pertumbuhan baik di percepat tumbuh bunga maupun buahnya.... Penasaran ya?. Baca terus ya say... Hehehe.

Bagi sobat yang ingin mencari tanaman buah berkualitas dan bagus silahkan beli di Bibit Bunga. Menjual beraneka ragam tanaman buah  yang ditempat lain gak ada.


Nah, di bawah ini cara menanam tanaman buah naga. Silahkan dibaca ya...
i. Siapkan pot untuk penanaman buah naga ... Sobat bisa menggunakan berbagai jenis pot dari bahan semen, plastic, tanah liat atau drum bekas yang dipotong atau dibagi dua. Tetapi menurut pengalaman admin, pot dari bahan tanah liat merupakan pot yang cocok dan paling ideal, karena tanaman buah naga membutuhkan perubahan suhu yang drastic dari siang ke malam dalam proses pembungaan..... Untuk ukuran pot yang digunakan semakin besar semakin bagus, tapi minimal ukuran pot berdiameter sekitar 40cm... Jangan terlalu kecil ya.

ii. Selanjutnya menyiapkan Bibit..... Saran saya bibit sebaiknya dipilih yang berukuran besar, dari batang tua yang berwarna hijau tua keabuan dan sehat, maksudnya bebas dari hama penyakit. Untuk ukuran panjang bibit yang ditanam minimal 30 cm. 


Bibit tanaman buah naga sebaiknya dipilih yang berukuran besar, dari batang tua yang berwarna hijau tua keabuan dan sehat
 Bibit tanaman buah naga sebaiknya dipilih yang berukuran besar, dari batang tua yang berwarna hijau tua keabuan dan sehat

iii. Tanaman buah naga itu tidak mampu berdiri sendiri... Jadi harus ada yang menopang atau memakai tiang panjatan untuk menopang supaya tidak roboh. Nah, nantinya tiang penopang untuk panjatan ini akan dililit akar udara dan akan menopang beberapa cabang produksi yang berat. Untuk tiang penopang pun perlu dipilih dari bahan yang kuat, tetapi juga perlu diperhatikan kekuatan pot jangan sampai pot tidak bisa menahan beban berat tiang panjatan yang akhirnya terguling dengan potnya.

Nah, saran saya tiang panjatan sebaiknya dibuat dari beton bertulang berdiameter minimal 8 cm, atau balok kayu yang kuat dan tahan lama, karena usia buah naga yang bisa mencapai puluhan tahun.... Loh. 


Untuk tinggi tiang minimal 150 cm atau disesuaikan dengan besar pot. Tak ketinggalan di bagian bawah tiang diberi kaki-kaki penguat agar nantinya bisa kuat dan tidak mudah goyah. 

Untuk bagian atas tiang diberi piringan yang berbentuk seperti stir mobil yang berfungsi untuk menyangga cabang-cabang produksi yang banyak untuk mempermudah biasanya menggunakan ban motor bagian luar.... Jangan yang baru... Pake yang bekas saja... Hehehe.

iv. Selanjutnya sobat menyiapkan media tanam untuk penanaman buah naga. Bahan-bahan untuk media tanam yaitu pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 2 Pasir :1 Tanah : 2 pupuk kandang :1 Kompos. Campur sampai rata... Setelah itu masukan ke pot dan dibarengi dengan pemasangan tiang panjatan isi sampai ketinggian 5 cm dari permukaan atas pot.


v. Bibit ditanam disekitar tiang panjatan dengan cara mengorek media tanam dengan kedalaman 10 cm, jangan terlalu dalam karena akan mengakibatkan pertumbuhan yang kurang bagus. Selanjutnya melakukan penimbunan setinggi 5 cm dari permukaan pot. 


Bibit ditanam disekitar tiang panjatan dengan cara mengorek media tanam dengan kedalaman 10 cm
Bibit ditanam disekitar tiang panjatan dengan cara mengorek media tanam dengan kedalaman 10 cm.

vi. Setelah ditanam media tanam ditekan-tekan agar bibit tidak mudah roboh dan ikat ke tiang penopang. Selanjutnya media tanam disiram dengan air dan diletakkan ditempat terbuka di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Perawatan tanaman buah naga yang ditanam di pot tidak jauh beda dengan buah naga yang ditanam dikebun atau pekarangan rumah, yaitu:


i. Melakukan pemupukan secara teratur. Pupuk yang digunakan sebaiknya pupuk kompos atau pupuk kandang yang sudah dipermentasikan.

ii. Lakukan penyiraman secara teratur agar buah naga tumbuh. Minimal penyiraman yaitu 2 hari sekali. lakukan penyiraman pada pagihari atau sore hari. Jangan melakukan penyiraman di siang hari.

iii. Setelah itu kita perlu melakukan pemangkasan. Pemangkasan cabang disini yaitu pemangkasan caba - cabang pohon buah naga yang tak beraturan.

iv. Apabila pohon buah naga sudah keluar kuntum bunga dan mekar sebaiknya sobat melakukan cara penyerbukan manual. Banyak terjadi, tanaman buah naga sudah tumbuh bunga tetapi selang beberapa hari rontok dan gagal menjadi buah. Sebenarnya bunga pada tanaman buah naga termasuk bunga sempurna dimana dalam satu bunga memiliki benangsari dan putik. Untuk penanaman di lahan terbuka seperti halaman atau kebun, penyerbukan dibantu dengan serangga atau bisa juga angin. Tapi apabila sobat ragu sebaiknya sobat melakukan penyerbukan manual. Caranya ... Ketika bunga mekar sempurna maka jari tangan / menggunakan kuas kecil lalu masukkan di dalam bunga dan diputar perlahan-lahan untuk membantu penyerbukan. 
 
Saya harap, tulisan ini di baca sampai habis ya, supaya nantinya sobat mengerti tentang apa maksud dari tulisan saya ini.... Jadi jangan baca judulnya saja yah.... Hehehe.

Jika sobat di rumah memiliki halam yang luas.... Itu gak masalah, tetapi bagi sobat yang memiliki lahan sempit, atau mungkin sobat tinggal di daerah perkotaan, sangat cocok jika untuk budidaya buah dalam pot ini atau bahasa kerennya Tabulapot. 

Selain bisa untuk mempercantik rumah dan halaman rumah sobat, tanaman buah dipot juga bisa menghasilkan buah yang bisa di konsumsi sendiri, jadi sobat menghemat untuk membeli buah. Kelebihan yang lain yaitu tanaman di pot ini bisa sobat pindah-pindah sesuai keinginan sobat .. Hari ini di pojokan ruang tamu... Besok pindah ke ruang keluarga... besoknya lagi pindah ke teras rumah.... Hehehe. 

Bagi sobat yang ingin mencari tanaman buah berkualitas dan bagus silahkan beli di Bibit Bunga. Menjual beraneka ragam tanaman buah  yang ditempat lain gak ada. 


Bibit Bunga
Alamat kantor pusat:
Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makasar. Kode pos 90135 
Sulawesi Selatan 

Baca juga : 
Cara menyemai benih / biji agar cepat tumbuh tunas 
Memilih tanaman obat yang cocok ditanam di taman rumah. 
Tanaman hias yang cocok didalam ruangan / indoor dan cara merawatnya 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta / Anthurium 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Buah Naga di Pot Agar Rajin Berbuah 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Mawar Agar Rajin Berbunga


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

Ternyata perawatannya sungguh ektra juga.

Balas

Iya kang... harus telaten :)

Balas

lumayan rumit juga ya gan perawatannya, butuh tenaga ekstra :D

Balas

kalau sudah biasa gak rumit dan jadi beben gan.... hehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger