logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara menyemai benih / biji agar cepat tumbuh tunas

Sampurasun ... Rampes. 

MANGYONO.com - Cara menyemai benih / biji agar cepat tumbuh tunas.

Ini sesuai pengalaman saya pada saat menyemai benih agar cepat tumbuh tunas dan akar.. Cara ini berlaku untuk benih / biji bunga atau tumbuhan lainnya... Penasaran ya ?... Oke, silahkan baca sampai selesai ya.... Hehehe. 

Langkah - langkah untuk penyemaian benih atau biji agar cepat tumbuh itu gak ribet loh... Tapi, coba aja ikuti langkah - langkahnya ya:

 Cara menyemai benih / biji agar cepat tumbuh tunas  
Cara menyemai benih / biji agar cepat tumbuh tunas


i. Siapkan dulu benih-benihan yang akan kita tanam atau kita semai. Perlu diketahui .... Setiap tumbuhan umumnya mempunyai benih-benihan untuk memperbanyak si tumbuhan tersebut. Misalnya Bunga hias, bunga daun, buah-buahan bahkan sayuran pun punya benihnya sendiri. Dan ukuran benih pun bermacam - macam ukuran dan bentuknya, panjang - pendek, bulat pipih, lonjong. Begitu juga dengan ukurannya ada yang ukuran besar seperti kelapa, mangga dan ada juga yang ukurannya sangat kecil seperti biji sayur bayam, kemangi atau biji selada. 

Bagi sobat yang ingin mencari benih berkualitas dan bagus silahkan beli di Bibit Bunga. Menjual beraneka ragam benih ada benih sayuran, bunga, dan biji - bijian tanaman yang ditempat lain gak ada.

ii.  Nah, setelah sobat beli benih yang disarankan admin diatas... Hehehe. Selanjutnya sobat siapkan benih dan wadah . 

iii.  Selanjutnya cuci dan pilih benih yang baik. Nah, setelah si benih sudah dimasukkan ke wadah, tuangkan air kedalamnya sampai membuat si benih tersebut terendam dan tenggelam. Terus lihat dah, apakah ada benih yang mengambang / mengapung ke permukaan air... Nah, kalau ada, ambil dan buang jauh - jauh. Karena benih yang baik dan terbaik itu yaitu benih yang tidak mengambang / mengapung. Begitu kata ketua kelompok tani di kampung saya... hehe . Selanjutnya benih yang baik dicuci seperti membersihkan beras pada waktu akan dimasak. atau istilah sundanya "Ngisikan"

iv. Jika sudah benar-benar bersih, masukkan air hangat - hangat kuku hingga benih tenggelam. Proses perendaman benih dengan air bersih atau air hangat bertujuan melunakkan cangkang atau kulit luar dari benih tersebut, agar akar yang ada di dalam benih dapat lebih mudah menembus keluar dari cangkang... 

v. Simpan benih yang sudah terendam tadi beserta wadah penampungnya ke tempat yang tidak terkena matahari langsung. Proses penyimpanan ini berfungsi agar benih lebih cepat tumbuh atau berakar.

Lama perendaman.... Biasanya benih yang direndam selama 7 jam sudah menunjukkan perkembangannya. Jadi selanjutnya sobat melakukan penyemaian di tempat penyemaian.... ya.

Biji setelah dilakukan perendaman siap di semai pada tempat penyemaian   
Biji setelah dilakukan perendaman  
siap di semai pada tempat penyemaian

Nah,begitulah cara menyemai benih / biji agar cepat tumbuh tunas.... Prosesnya seperti membuat kecambah / toge ... Hehehe ... Selamat bertani dan berkebun ya sob... 

Bagi sobat yang ingin mencari benih berkualitas dan bagus silahkan beli di Bibit Bunga. Menjual beraneka ragam benih ada benih sayuran, bunga, dan biji - bijian tanaman yang ditempat lain gak ada.


Bibit Bunga
Alamat kantor pusat:
Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makasar. Kode pos 90135 
Sulawesi Selatan 

Baca juga : 
Cara menyemai benih / biji agar cepat tumbuh tunas 
Memilih tanaman obat yang cocok ditanam di taman rumah. 
Tanaman hias yang cocok didalam ruangan / indoor dan cara merawatnya 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta / Anthurium 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Buah Naga di Pot Agar Rajin Berbuah 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Mawar Agar Rajin Berbunga

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger