logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Memilih tanaman obat yang cocok ditanam di taman rumah.

Memilih tanaman obat yang cocok ditanam di taman rumah

Saya dirumah memiliki beberapa tanaman obat yang ditanam di belakang rumah dan samping rumah, tetangga dan keluarga saya biasanya menyebut dengan Apotek hidup yaitu memanfaatkan sebagian tanah untuk ditanami tanaman obat-obatan untuk keperluan sehari-hari. Bagi sobat yang ingin membeli tanaman obat silahkan kunjungi di Jual bibit bunga tanaman obat. 

Dibawah ini ada beberapa tanaman obat yang ditanam di belakang rumah admin dan taman depan rumah.  

i. Sirih Merah
Dikenal karena memiliki kandungan antiseptik yang baik. Sirih merah ini manfaatn dan khasiatnya sangat banyak sekali, seperti Air rebusan yang mengandung antiseptik yang berpungsi untuk menjaga kesehatan rongga mulut, selain itu juga digunakan untuk membersihkan organ kewanitaan dan aroma tidak enak pada organ kewanitaan... Biar sepet juga sih... Hahaha. 

Tanaman Sirih Merah
Tanaman Sirih Merah. Foto jepretan admin di taman

Sirih Merah juga dapat digunakan untuk mengobati diabetes, kanker, peradangan, hipertensi, hepatitis, serangan jantung dan stroke, wasir dan semua penyakit dalam. Jika diekstrak menjadi teh herbal dapat menyembuhkan asam urat, darah tinggi, diabetes, maag, atau kelelahan.

ii. Lidah buaya ( aloe vera )

 Lidah buaya ( aloe vera ). Foto jepretan admin di taman
 Lidah buaya ( aloe vera ). Foto jepretan admin di taman

Tamanan ini dikenal sebagai tanaman penyubur rambut. Untuk memanfaatkan lidah buaya menjadi perawatan rambut cukup mudah, ambil saja daun lidah buaya, belah daun tersebut dan gosokkan ke rambut. Selain sebagai perawatan rambut dan kulit, aloe vera juga dapat dijadikan minuman berkhasiat menurunkan panas dalam

iii. Lengkuas
Lengkuas itu termasuk bumbu dapur. Nah, selain sebagai bumbu dapur manfaat dan khasiat lengkuas itu banyak, seperti membangkitkan gairah seks, rematik, sakit kuning, beri-beri, campak, dll. Jika Anda ingin mengenal ramuan-ramuan tersebut silahkan cari di Google heheh...


Lengkuas atau laja dalam bahasa sunda. Foto jepretan admin di kebun belakang
 Lengkuas atau laja dalam bahasa sunda. Foto jepretan admin di kebun belakang
 
Tapi saya punya pengalaman tentang penyakit kulit yang bisa di hilangkan dengan Lengkuas yaitu menyembuhkan jamur kulit, waktu saya kecil terkena penyakit kulit hapur, cara saya waktu itu :

Menggunakan parutan dari satu bonggol lengkuas yang dicampur dengan sedikit cuka / garam. Gosokkan ke bagian tubuh yang terkena Hapur. Rasanya memang pedih tapi Hapur akan hilang.
 
iv. Mengkudu / cangkudu (pace)
Buah yang bermanfaat banyak untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi buahnya dapat meredakan osteoporosis.

Selain buahnya ternyata daun mengkudu/pace atau di daerah saya daerah sunda disebut cangkudu, selain enak dibuat lalapan ternyata banyak khasiatnya loh ..

 Buah mengkudu dapet metik di kebun belakang rumah admin
 Buah mengkudu dapet metik di kebun belakang rumah admin

Daun mengkudu mempunyai banyak khasiat atau manfaat.. saya pernah mempunyai masalah di perut, perut saya sering perih kalau habis makan dan terasa mual juga, kadang juga terasa sakit..

Saya dah mencoba dengan minum berbagai macam obat sakit maag. Akan tetapi..tidak juga sembuh, kebetulan dibelakang rumah ada pohon mengkudu, awal mulanya saya hanya ingin buat lalap saja, karena rebusan daun mengkudu ini enak dan nikmat sekali..buat lalapan. Beberapa hari saya makan bersama lalap daun mengkudu dan ajaib sekali masalah di perut saya hilang.

v. Ginseng Jawa / som Jawa 
Tanaman ini sangat berbeda dengan pohon ginseng yang terkenal itu, tanaman yang satu ini memiliki banyak cabang tingginya sekitar 40 cm bahkan bisa lebih tinggi dikit... hehehe. Tanaman ini mudah tumbuh dan sangat mudah menanamnya.

 Ginseng Jawa / som Jawa. Foto jepretan admin di taman depan rumah
 Ginseng Jawa / som Jawa. Foto jepretan admin di taman depan rumah

Khasiat dan manfaat dari Ginseng Jawa ( som Jawa ), seluruh dari bagian tanaman ini bisa diolah menjadi bahan makanan, untuk daun dan batang muda saya sering menggunakannya sebagai sayuran lodeh, untuk campuran Mie goreng atau Mie rebus, spagetthi atau sayur bening. Rasanya enak berselaput terasa kenyal.

Akarnya yang menebal  membentuk  umbi. Warna keabu-abuan, katanya bisa menambah stamina kaum lelaki seperti kebanyakan pohon ginseng lainnya, sedangkan daunnya bisa dipergunakan sebagai suplemen penambah air susu ibu (ASI). Tanaman ini mengandung vitamin A. Katanya sob... katannya

Ginseng Jawa atau Som Jawa merupakan salah satu jenis tanaman yang dikelompokkan kedalam kelompok ginseng yang diyakini bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas tubuh
   
vi. Melati
Bunga indah yang keharumannya sering dimanfaatkan sebagai bahan baku parfum, ternyata termasuk tanaman obat. Khasiat daunnya dapat menyembuhkan sesak nafas dan sakit kepala. Bunganya dapat digunakan untuk mengatasi radang mata.


Melati. Foto jepretan admin di taman depan rumah
 Melati. Foto jepretan admin di taman depan rumah

Bunga melati memiliki banyak manfaat dan sudah digunakan untuk berbagai keperluan sejak zaman dahulu. Baunya yang wangi menjadikan melati sebagai bunga yang wajib untuk hajatan dan ritual-ritual tertentu. Dari yang berbau adat, agamis, hingga mistis.


Di negeri kita ini banyak tanaman yang bisa di jadikan obat-obatan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit dengan aman, alami dan efek samping yang lebih sedikit apabila dibandingkan dengan obat-obat buatan pabrik. 

Nah, supaya bisa membuat apotek hidup yang indah dan bermanfaat sekaligus membuat taman ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, sobat perlu untuk menyerasikannya dengan tanaman dan elemen lainnya dalam taman, sehingga tidak merusak penataan taman dan keindahan taman. Disamping itu sobat harus mengetahui tanaman obat yang ditanam itu manfaatnya untuk mengobati apa saja.

Yuk, membuat Apotek Hidup dengan menanam tanaman obat di pekarangan rumah.... Bayangkan saja bila tersedia tanaman obat yang dapat digunakan apabila salah satu anggota keluarga kita sedang sakit. Tentunya hal ini sangat menyenangkan. Anda tinggal mengambilnya kapan saja tanpa harus menunggu warung buka ... Hehhehe, bahkan malam hari sekalipun bisa langsung metik. Tidak perlu mengeluarkan uang dan terjamin kesegarannya karena langsung dipetik dari tanaman.
 
Tanaman obat juga tidak kalah cantik dan menariknya dengan tanaman hias bunga atau tanaman hias daun. Perlu diketahui... Tanaman obat umumnya lebih kuat menghadapi berbagai penyakit tanaman, karena memiliki kandungan zat alami untuk mengatasi dan mengusir hama penyakit.


Bagi sobat yang ingin membeli tanaman obat silahkan kunjungi di Jual bibit bunga tanaman obat. Disini sobat bisa membeli bermacam - macam tanaman yang bisa dijadikan obat. 


Bibit Bunga
Alamat kantor pusat:
Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makasar. Kode pos 90135 
Sulawesi Selatan 

Baca juga : 
Cara menyemai benih / biji agar cepat tumbuh tunas 
Memilih tanaman obat yang cocok ditanam di taman rumah. 
Tanaman hias yang cocok didalam ruangan / indoor dan cara merawatnya 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta / Anthurium 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Buah Naga di Pot Agar Rajin Berbuah 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Mawar Agar Rajin Berbunga


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

wah banyak banget mang tanaman yang bisa kita jadikan obat dan ternyata tumbuh di sekitar kita gak usah repot cari ke toko obat tradisional

Balas

iya banyak banget... tanah kita khan tanah surga... tongkat dan kayu pun jadi tanaman ... hehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger