Cara piara / ternak kelinci untuk pemula

Sampurasun ... Rampes ..

Blog Mang Yono. Kelinci adalah binatang yang sangat lucu, makanya sering disukai anak – anak, tapi kelinci juga dapat dipelihara atau diternak. Menurut yang saya ketahui Kelinci merupakan salah satu mamalia yang bisa digolongkan hewan ternak, makanya saya mencoba ternak kelinci hehehe. Awalnya sih anak saya yang kecil “ Gigin “ main ke tetangga yang punya kelinci, eh anak saya itu gak mau pulang malah nangis pengen kelinci  ya sudah saya belikan saja hehehe. 

Sebenarnya merawat kelinci tidak sulit, dulu waktu anak saya yang sulung umur 2 tahun saya juga pernah ternak kelinci sesuai yang saya alami kelinci sangat cepat berkembang. Memang benar hewan yang satu ini sangat mudah berkembang biak, asal kita melakukan perawatan yang baik dan benar.

Cara piara / ternak kelinci untuk pemula

Kelinci yang saya piara ini mungkin jenis biasa bukan jenis  angora, biar dah  yang penting punya kelinci hehehe.

Berikut ini cara merawat kelinci yang saya ketahui, sesuai pengalaman waktu piara kelinci :
Pertama, tentunya kita menyiapkan kandang untuk kelinci, biasanya kandang dibuat dari bambu atau kawat ayam, untuk ukuran kapasitas kandang kelinci. Dalam kandang ukuran 50 x 50 dapat diisi 2 ekor kelinci.

Kandang kelinci saya buat dari bambu. Poto mangyono.com

Belilah Anakan kelinci yang sudah berumur 2 bulan lebih, karena kelinci yang umurnya belum 2 bulan sangat rentan kematian. Lebih baik lagi membeli kelinci yang sudah umur 3 bulan, karena umur kelinci 3 bulan sudah disapih, lebih bagus lagi membeli kelinci yang sudah dewasa hehehe.

Tentunya kalau membeli kelinci itu harus satu pasang lebih ( jantan dan betina ), kalau cuma satu dijamin deh gak bakalan beranak pinak hehehe.
kalau membeli kelinci itu harus satu pasang lebih ( jantan dan betina )
Kalau membeli kelinci itu harus satu pasang lebih ( jantan dan betina )

Silahkan baca juga : Cara / Tips Mengobati Ngorok Atau Folk Pada Ayam

Cara merawat kelinci yang masih kecil (anak) sudah pasti berbeda dengan kelinci dewasa. Perawatan anak kelinci jauh lebih sulit bila dibandingkan dengan perawatan pada kelinci dewasa bahkan indukan sekalipun.Pakan di kandangnay sebaiknya diganti 2 kali sehari. Dengan ransum hijauan ditambah konsentrat.

Untuk kelinci dewasa pemberian pakan sebaiknya diberi 2 kali sehari juga yakni di pagi dan sore hari. Pemberian hijauan dan konsentrat perlu dilebihkan untuk induk kelinci yang lagi hamil.

Kalau kita repot membuat konsentrat, kita bisa beli pelet ikan beli 10 Ribu saja, itu juga dah banyak loh ada pula pelet khusus kelinci yang banyak tersedia di supermarket atau petshop tapi harganya mahal sekitar 30 Ribu.
Semua mahluk hidup membutuhkan air
Semua mahluk hidup membutuhkan air, berilah air minum pada kelinci

Silahkan baca juga : Anak saya dan Ayam kampung

Kelinci merupakan hewan herbivora atau pemakan rumput atau daun. Dari sini kita bisa mengetahui apa makanan pokok kelinci. Rumput yang segar merupakan makanan utama mereka, namun anda juga bisa memberikan variasi makanan untuk kelinci kesayangan anda. Seperti mencampurkan buah dan sayur segar.

Katanya kelinci tidak boleh diberi air minum, itu salah besar. Semua mahluk hidup membutuhkan air, tidak sekedar air, tapi air yang benar-benar terjaga kebersihannya. Taruh mangkuk atau botol berisi air bersih dalam kandangnya. Ganti air tersebut seminggu sekali.

Silahkan baca juga : Piara Ayam Bangkok Ala Tetangga Mamang
Share:

1 komentar:

  1. untuk daun singkong apa bisa diberikan untuk pakan kelinci

    BalasHapus