Skip to main content

Anak – anak saya sering sakit. Apa yang harus saya lakukan?.

Sampurasun ... Rampes

Blog Mang Yono. Kedua anak saya usia 12,5 tahun dan 2,7 tahun mudah sekali sakit. 

"Apa yang harus saya lakukan?".Kalimat ini pastinya tak asing lagi bagi keluarga saya, atau bahkan mungkin Anda pernah mengalaminya. Bahkan saya dan istri khawatir bila anaknya sering sakit. 

Anak – anak saya sering sakit. Apa yang harus saya lakukan?.
Anak saya ini hampir setiap bulan pasti ke dokter, bahkan di minggu – minggu ini anak saya bergantian sakitnya,pertama sisulung pada hari selasa minggu lalu sakit panas, terus anak saya yang kedua sakit panas pada hari jumat minggu yang lalu. Terus sisulung saya antar ke dokter lagi pada hari Senin, eh anak saya yang kedua kemarin sakit lagi, badannya panas dan malamnya saya bawa ke dokter.
Anak saya gak boleh keluar rumah, bermain debu.
Anak saya gak boleh keluar rumah, bermain debu.

Apa mungkin karaena cuaca yang tak bersahabat ya, cuaca panas, angin kencang, berdebu. Padahal anak saya gak boleh keluar rumah,bermain debu, tapi tetap saja terserang sakit juga.

Baca juga :  
Kisah Lahirnya Anak Saya Di RSIA Mutiara Hati Pagaden, Subang. 
Anak suka naik mobil, apa yang harus di lakukan ? 
Selamat tingal Flek Paru - paru selamat datang Usil dan Bandel 
Gigin di Rawat di RSIA Mutiara Hati Pagaden, Subang.
Tapi saya perhatikan anak-anak saya ini tumbuh normal baik berat badan atau tinggi badan sesuai umurnya. Saya tanya ke dokter, katanya penyebabnya Anak-anak lebih mudah terekspos dengan kuman karena mereka tak menyadari betapa mudahnya kuman menempel di tangan atau bermain terlalu dekat dengan teman bisa membuat mereka tertular.

Dengan begitu banyaknya kuman beredar, bagaimana melindungi tubuh? Tubuh sebenarnya sudah dibekali berbagai sistem pertahanan: mulai dari lapisan kulit yang utuh, saluran napas seperti bulu hidung, lapisan luar saluran napas, saluran pencernaan seperti asam lambung dan gerakan usus, hingga sel darah putih dan antibodi dengan berbagai caranya mencegah dan melawan kuman.

Masih kata dokter, bila pertahanan pertama tak “mempan”, kuman akan mencari sel tubuh untuk berkembang biak. Umumnya penyakit akan muncul di organ tempat kuman itu berdiam. Misalnya kuman rotavirus yang berdiam di usus akan menimbulkan diare, kuman rhinovirus yang menyukai area hidung akan menyebabkan sakit pilek.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments