Cara semai terong peuheur / terong kuning .

Sampurasun .... Rampes.

Blog Mang Yono. Tanaman terong peuheur atau terong kuning belum ada yang membudidayakannya, nah dari rasa penasaran ini saya tertarik dan penasaran dengan tanaman terong peuheur (Solanum indicum ), apa mungkin tanaman ini tidak bisa di semai, tak akan tumbuh bila disemai. Terus tumbuhnya / berkembangbiaknya dengan apa?.

Dari rasa penasaran itu saya mencoba untuk menyemai terong peuheur atau terong kuning. Berikut ini percobaan saya. 

Buah terong peuheur atau terong kuning

Buah terong peuheur atau terong kuning

Alat yang harus disiapkan:

•    Pot plastik dengan diameter 10 cm. Lubangi bagian bawah Pot secara merata untuk drainase (*lubang Pot biasanya sudah ada lubang untuk tempat drainase ).

•    Media tanam, bisa berupa tanah kompos, arang sekam padi, pasir dan lain nya tergantung ketersediaan bahan. Pastikan media semai sudah steril dari patogen dan hewan pengganggu, khsususnya media berupa tanah + kompos harus dengan menjemurnya dibawah sinar matahari sampai benar-benar kering.

Langkah Kerja:
•    Ambil media semai secukupnya, lalu basahi media secara merata. Masukkan ke dalam Pot  plastik ¾ bagian saja. 
Masukkan media yang sudah dicampur ke dalam Pot  plastik
•    Keluarkan biji terong kuning dari buah dengan cara membelah menjadi dua bagian dan memerasnya.
Keluarkan biji terong kuning dari buah
Keluarkan biji terong kuning dari buah

•    Taburkan biji terong kuning ke dalam media semai yang sudah diratakan sebelumnya, tak perlu dimasukkan terlalu dalam ke dalam media, cukup diletakkan di permukaan media saja, lalu ditutup tipis dengan media kurang lebih 3 milimeter sampai ½ cm untuk mengamankan benih dari pencurian oleh semut dan hewan kecil lain nya. 
Taburkan biji terong kuning ke dalam media semai
Taburkan biji terong kuning ke dalam media semai

•    Tutup pot yang berisi semaian dengan plastik bening lalu letakan di tempat yang lembab atau ternaungi dari sinar matahari langsung..
•    Tak perlu menyiram semaian terlalu sering, jika kelembaban terlalu tinggi dikhawatirkan biji malah busuk, namun jika terlalu kering maka benih juga akan gagal berkecambah/sprout. Jaga kelembaban nya sampai benih sprout.
Saya belum tahu semaian biji terong peuheur / terong kuning ini akan berkecambah. Ya, kita tunggu saja berapa hari semaian terong kuning saya ini akan berkecambah. Nanti kalau sudah berkecambah saya posting kembali dah....
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar