Semai Biji Bunga Gelombang Cinta ( Anthurium ) Bertunas

Sampurasun ... Rampes ...

Blog Mang Yono. Semai Biji Bunga Gelombang Cinta ( Anthurium) Bertunas. Ini merupakan tulisan lanjutan dari tulisan saya yang dua minggu yang lalu.

Sebagai hasil dari semaian pertama dari biji – biji Bunga Gelombang Cinta, awalnya saya semai biji – biji Gelombang Cinta ini dengan rasa penasaran, karena baru pertama kali menyemai biji – biji dari Bunga Gelombang Cinta. 

Semai Biji Bunga Gelombang Cinta ( Anthurium) Bertunas
Semai Biji Bunga Gelombang Cinta ( Anthurium) Bertunas. Poto hasil jepretan di tempat menyemaian.

Pada postingan sebelumnya yaitu tertanggal 5 September 2014 saya menyemai biji – biji Bunga Gelombang Cinta yang berjatuhan di dekat indukan yang berbuah, milik Boss saya hehehe, saya tulis juga pada postingan Cara Semai Gelombang Cinta ( Anthurium ) Dari Biji.

Pada tanggal 18 September 2014,  Hari ini saya perhatikan pada semaian – semaian biji Bunga Gelombang Cinta. Eh, ternyata  biji – biji Bunga Gelombang Cinta sudah pada muncul tunas – tunas.

Semai Biji Bunga Gelombang Cinta ( Anthurium) tidak serempak
Semai Biji Bunga Gelombang Cinta ( Anthurium) tidak serempak saya semai, karena matang biji - bijinya gak serempak.


Sebelumnya saya menulis dipostingan :

 "Saya belum tahu, berapa minggu biji – biji Gelombang Cinta bisa bertunas. Ya, sudah mending tunggu saja kelanjutannya ya. Nanti kalau ada kesempatan saya posting dengan kelanjutannya."

Dan hari ini terjawab rasa penasaran itu. Ternyata Biji – biji Bunga Gelombang Cinta bertunas sekitar 2 Mingguan, Mungkin tergantung daerahnya juga ding hehehe.
Biji Bunga Gelombang Cinta ( Anthurium ) Bertunas
Mungkin poto ini gak jelas ya, apa mungkin hanya orang – orang tertentu saja yang bisa melihat tunas – tunas pada semaian saya ini ... *Semprul hehehe.


Baca juga:

Ini adalah bunga gelombang cinta yang masih muda kelihatan kecil ya hehehe .. Kalau diperhatikan buah dari Gelombang Cinta yang masih muda ... seperti buah kelewih ya?. Ah, malah tambah bingung dibilang buah Kelewih hehehe.
Bunga gelombang cinta yang masih muda
Bunga gelombang cinta yang masih muda

Ini adalah foto buah gelombang cinta yang sudah matang. Lain banget sama yang masih muda yaitu coklat krem dan permukaanya cenderung merata, kalau yang sudah matang kaya gini, banyak tumbuh biji-bijinya berwarna merah yang menggoda heheh.

buah gelombang cinta yang sudah matang
Buah Gelombang Cinta yang sudah matang

Kelihatannya sangat enak dan manis ya, tapi saya nggak berani mencicipinya, takut weureu ( keracunan ), takutnya beracun walau kebayang rasa dan aromanya itu manis banget. Lihat saja kayak buah cerry merah menggoda, menggugah selera hehehe.

Nah dari biji inilah tanaman anthurium dikembang biakkan. Bijinya saya semai. Dulu pada saat terkenal - terkenalnya tanaman hias ini, satu kecambah anthurium sekitar 100 ribu harganya. Bisa dibayangkan tuh duit yang bisa diperoleh dari bibit anthurium yang saya semai pot-pot ini, apalagi belum saya semai semuanya, karena matang buah / yang berjatuhan matangnya gak bareng.

Ini biji dari bunga Gelombang Cinta
Ini biji dari bunga Gelombang Cinta, setelah dikeluarkan dari daging buah yang berwarna merah. Dalam satu buah terdapat 2 biji.

Coba ada berapa pot yang saya semai ini kira - kira harga per biji 100.000, biji yang tumbuh ada sekitar 50 kecambah berarti bisa menghasilkan uang Rp.5.000.000. Tapi itu dulu lho ya... Sekarang lain lagi heheh.

Tapi yang namanya tanaman hias itu tidak akan pernah habisdan sepi orang yang menyukainya sampai kapanpun. Hanya tren dan pasar saja yang membuat sebuah tanaman hias jadi terkenal dan mahal.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar