Cara Penyerbukan Manual Bunga Buah Naga

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.COM Akhirnya bunga buah naga yang saya tanam di depan rumah saya mekar, berhubung bunga naga mekarnya pada malam hari sampai jam 8 pagi,   Lantas saya coba yang disarankan untuk membantu secara manual proses penyerbukannya, karena barangkali gelora angin , kupu atau kumbang tak mampu merangsang terjadinya pembuahan bunga indah yang manja ini, karena bunga mekarnya waktunya sangat sebentar.

Tetapi pada dasarnya tanpa bantuan manusia bunga Buah Naga juga tetap bisa terjadi penyerbukan alami, cuma kurang maksimal saja ... Katanya sih hehehe.

Bunga buah Naga sudah mekar    
Bunga buah Naga sudah mekar

Baca juga Menanam pohon buah naga di halaman rumah

Banyak terjadi, tanaman buah naga sudah tumbuh bunga tetapi selang beberapa hari rontok dan gagal menjadi buah. Sebenarnya bunga pada tanaman buah naga termasuk bunga sempurna dimana dalam satu bunga memiliki benangsari dan putik. Untuk penanaman di lahan terbuka seperti halaman atau kebun, penyerbukan dibantu dengan serangga atau bisa juga angin. 
Semut, gelora angin , kupu atau kumbangjuga bisa membantu penyerbukan bunga buah naga.
Semut, gelora angin , kupu atau kumbangjuga bisa membantu penyerbukan bunga buah naga.

Baca juga Cara membuat tiang penopang untuk tanaman buah naga

Nah, perkawinan / proses penyerbukan antara putik si betina dan benang sari si bunga jantan  secara manual bisa dilakukan dengan cara :


Cara Pertama : Ketika bunga mekar sempurna maka jari tangan dimasukkan di dalam bunga dan diputar perlahan-lahan untuk membantu penyerbukan. 


Cara Kedua : Lingkaran Merah Pada Foto dibawah merupakan Putik, di dalam lobang itulah anda masukkan serbuk sari. bisa menggunakan pipet minuman, atau jari, namun sebelumnya anda dapat mengambil serbuk sari yang ada di bawahnya dengan cara sisir perlahan, bisa menggunakan kuas. tapi siapkan wadah dahulu sebagai penampung serbuk sari.
 Lingkaran Merah Pada Foto merupakan Putik dari bunga buah naga
 Lingkaran Merah Pada Foto merupakan Putik dari bunga buah naga.


Selanjutnya, pada jam 8 pagi, bunga buah naga akan menutup kembali, kuncup / layu. Dari Foto dibawah ini terlihat, putik bunga buah naga terlihat di ujung, nah ini bisa terjadi pembuahan atau penyerbukan secara alami yang dibantu gelora angin , kupu atau kumbang, semut bisa terjadi.

Jam 8 pagi bunga buah naga akan menutup kembali / kuncup.
Jam 8 pagi bunga buah naga akan menutup kembali / kuncup.


Mudah - mudahan saja bunga buah naga saya ini sampai menjadi buah, meskipun saya menanam dan pemeliharaan atau perawatan pohon naganya gak memakai pupuk perangsang buah, penyubur dari bahan kimia tapi hanya menggunakan pupuk organik hasilnya berbuah dengan maksimal.

Bunga buah naga sudah menutup kembali / kuncup.
Bunga buah naga sudah menutup kembali / kuncup.

Baca juga Ketika Pohon Naga Di Taman Mulai Berbunga

Sebagai catatan. sa'at ini 1KG buah Naga di hargai Rp. 50ribuan. Hehhee.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar