logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara agar nafsu makan ayam kampung bertambah.

Sampurasun ... Rampes.

Blog Mang Yono. Anak saya suka sekali memelihara ayam kampung, kalau saya sih cuma melihat saja dan mengawasi mana yang sekiranya cukup di sembelih hehehe.

Ayam - ayam kampung piaraan anak saya gak dibuatkan kandang, tapi dilepas dan mencari makan sendiri, kalau malam pada tidur diatas pohon. Tapi kalau setiap pagi dan sore ayam - ayam tersebut diberi pakan berupa dedak dicampur daun - daunan.

 Cara agar nafsu makan ayam kampung bertambah.

Menurut para peternak ayam kampung, katannya pemberian pakan perlu diperhatikan juga yaitu dengan menambahkan sayuran, daun-daunan atau temu-temuan ke dalam pakan ayam.  Daun yang biasa di tambahkan ke dalam pakan yaitu daun pepaya, bayam, singkong. Kalau temu – temuan yaitu temu ireng, kunyit.  

Baca juga :  
Nah, katannya cara pemberiannya, sebaiknya daun/temu-temuan tsb diiris-iris kemudian direbus atau bisa juga diberikam mentah. Jika direbus, maka air rebusan diberikan untuk minum ayam sedangkan daun hasil rebusan dicampurkan dengan pakan ayam. Daun pepaya dan temu ireng yang direbus kemudian air rebusannya diminumkan ke ayam juga baik untuk menambah nafsu makan.
 Ayam kampung piaraan anak saya.

Terus setiap 2 atau 3 bulan memberikan obat cacing pada ayam. Jika pada waktu pagi memberikan makan ayam, alangkah baiknya pakan dicampur air hangat/panas. Sama seperti kita lah kalau pagi-pagi yang dingin, ngopi atau minum teh hangat sambil makan ubi rebus hangat wah nikmat sekali rasanya. Hehehehe.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

18 komentar

wah ternyata ada cara menambah nafsu makan ayam tomang
baru tau nih

Balas

wah ayamnya harus dicekoki, istilah orang jawanya...kalau ramuannya ayah saya yang tahu :D

Balas

klau di ayam kebanyakan nafsu makannya besar...kalau ndak nafsu makan ada kemungkinan sedang sakit... :)

Balas

Cara yang bermanfaat nih Mang, kebetulan saya melihara ayam kampung juga
Makasih atas triknya Mang.. sukses selalu yah..? :-bd

Balas

Kalau ayam kampung makanya lebih nafsu pastinya akan lebih
Baik pertumbuhanya ya Mang Yono :)

Balas

Tipsnya sangat bermanfaat untuk para peternak ayam nih, agar ayamnya bisa gemuk ya Kang, karena selera makannya terjaga dengan baik.

Salam

Balas

Ayam Kampung memang relatif agak mahal ya ketimbang ayam negeri. Padahal kalau dari cita rasanya ya nda beda beda amat ya. Rasa ayam gitu hihihiheee

Balas

wah ternyata nafsu makan ayam bisa juga di tambah ya mas ter, biar sehat dan gemuk ya ayam nya :)

Balas

lebih bagus lagi ayam kampung rutin di beri obat cacing ..... akang - akang

Balas

biasanya ayamnya dicekokin pakai jamu ya mas hehehe

Balas

Silahkan di pakai triknya kang, jangan lupa nanti kalau sudah pada gede ayamnya kirim satu ke saya hehehe

Balas

Iya mas, kalau ayamnya sudah gemuk. Ya, tentunya pasti mahal harganya hehe

Balas

Tapi dalam pemeliharaan ayam kampung malah memakan waktu lama kang, 6 bulan belum bisa di konsumsi.. sedangkan ayam negeri 1 bulan saja sudah bisa dimakan hehehe.

Balas

Iya mbak Master, biar ayam tambah nafsu makan dan cepet gemuk heheh

Balas

benar mang, biar gemuk2...ayah saya dulu juga pernah ngajarin ngobati burung merpati yang lagi sakit tapi saya lupa ramuannya :D

Balas

aku boleh minta ayam kampungnya 1 aja mang??

Balas

Kaya manusia ayam juga yang hangat he he. .

Balas

Kalo temu ireng dan kunyit itu daunya yg di pergunakan apa umbi nya om

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger