--> Skip to main content

Sayur tutut super pedas dan aroma terasi

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Hayo coba....siapa yang tahu apa itu tutut?. Ya, betul Tutut adalah semacam keong kecil-kecil, yang hidup di balong-balong (empang), sawah, irigasi danau.

Malam Minggu gerimis baru saja turun dari langit ketika saya sampai di kampung halaman, maklum setiap malam Minggu saya pulang dari nguli di Jakarta.

Sayur tutut super pedas dan aroma terasi
 Sayur tutut super pedas dan aroma terasi

Di meja sudah tersaji sayur tutut buatan istri saya... wah mantab nih...

"Sayur tutut enak 'dikecrot' saat cuaca gerimis atau hujan, kelezatannya terasa banget,". 

Saya dan keluarga bisa menghabiskan empat hingga enam piring berisi sayur tutut sekali santap berjamaah bersama empat bersudara. Sensasi rasa daging tutut yang agak kenyal tapi lezat itu, semakin mantap jika disantap dengan rasa super pedas. 

"Woow, bibir serasa tebel dan monyong," Hehehhe. 
"Rasa kuah rame rasanya, pokoknya edun deh."

Untuk memasak sayur tutut, biasanya bumbu dapur yang menjadi bahan pokok yaitu gula merah, sereh, kunyit, bawang merah, daun salam, garam, laos, jahe dan cabai rawit.

Lalu ditambahkan terasi Bangka atau terasi Cirebon... Nah, ini nih yang bikin rasanya tambah beda dan menggigit banget.... Enaknya... Tiga hari serasa nempel dilidah .... hehehe

FOTO : Sa'atnya ngecrok tutut super pedas dan aroma terasi.
 FOTO : Sa'atnya ngecrok tutut super pedas dan aroma terasi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments