Sirih merah pembawa bahagia

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Sirih merah pembawa bahagia

Sirih merah kini sedang jadi primadona. Daunnya terlihat eksotis dengan warna merah yang mencuri perhatian. Selain indah untuk hiasan, tanaman ini diyakini membawa kebahagiaan, dan bisa menyembuhkan aneka penyakit.

 FOTO 1 : Sirih merah pembawa bahagia
 FOTO 1 : Sirih merah pembawa bahagia, Permukaan bagian atas sirih merah

Tanaman sirih merah lebih suka tumbuh di tempat teduh. Misalnya di bawah pohon besar yang rindang. Bisa juga tumbuh subur di tempat yang berhawa sejuk. 

Dengan tumbuh di tempat teduh, daunnya akan melebar. Warna merah marunnya yang cantik akan segera terlihat bila daunnya dibalik ( Seperti pada Foto 2 ). Batangnya pun tumbuh gemuk. Bila terkena banyak sinar matahari, batangnya cepat mengering. Sebaliknya bila terlalu banyak kena air akar dan batangnya akan membusuk.

 FOTO 2 : Permukaan daun sirih merah bagian bawah
  FOTO 2 : Permukaan daun sirih merah bagian bawah

Ini merupakan pengalaman saya loh. "Jika kebanyakan air, tanaman akan mati. Kena panas terus pun akan mati juga. Artinya, jika di pot tidak boleh langsung kena matahari. Sangat baik jika menggunakan penutup (net) sehingga tak langsung kena hujan."

Nah, menurut yang saya dengar katanya sirih merah itu pembawa bahagia :
1. Jika dalam sebuah daun guratannya berbentuk hati dipercaya bisa mendatangkan kebahagiaan bagi pemiliknya. Tapi tak mudah menemukan guratan seperti itu.... Mohon maaf saya juga gak bisa nampilin daun sirih merah yang ada guratan hatinya.... #Edisi rahasiah... Hihi

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar