Cara mendapatkan bibit dengan mencangkok

Cara mendapatkan bibit dengan mencangkok

Hal terpenting bagi kita dalam memilih bibit tanaman selain indukannya, kita juga perlu mengetahui bagaimana cara mendapatkan bibit tersebut.

Berdasarkan caranya untuk mendapatkan bibit tanaman, ada beberapa cara untuk mendapatkan bibit tanaman, salah satunya yaitu dengan cara mencangkok

Sebelum kita mencangkok tanaman, kita harus terlebih dahulu mengetahui jenis tanaman yang akan di cangkok. Tanaman yang dapat dicangkok pada umumnya adalah tanaman yang berkambium, berkayu, berbuku dan berbiji dikotil (biji berbelah dua). 

Nah, keuntungan mendapatkan bibit tanaman dengan mencangkok adalah mendapatkan hasil atau buah dari pohon yang berukuran kecil dan kualitas dari hasilnya sama dengan induknya. 
i. Pohon tersebut tidak memiliki akar tunggang yang berfungsi untuk menopang pohon setelah besar. 
ii. Tidak sedikit orang yang melakukan pencangkokan mengalami kegagalan, diantaranya adalah akar cangkokan yang tidak tumbuh sehingga mati. 

Berikut adalah langkah-langkah sebelum melakukan pencangkokan tanaman :
i. Apabila kita ingin melakukan pencangkokan sebaiknya dilakukan di musim hujan agar lebih memudahkan menyiraman cangkokan untuk memenuhi kebutuhan air pada media cangkokan. Jadi,  di saat musim hujan inilah waktu yang paling tepat untuk melakukan proses pencangkokan.

ii. Sebelum melakukan proses pencangkokan perlu untuk mengetahui pemahaman dasar tentang pencangkokan dan cara mencangkok yang baik dan benar. 

Nah, untuk mengetahui cara - cara mencangkok silahkan baca pada tulisan saya yang berjudul: 
Cara Mencangkok  
Memperbanyak tanaman dengan cara mencangkok

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar