Bemo Angkutan Tua Yang Masih Dibutuhkan Warga Jakarta

Sampurasun ...

Bemo Angkutan Tua Yang Masih Dibutuhkan Warga Jakarta

MANGYONO.com - Bemo yang merupakan singkatan dari becak-motor mulai dipergunakan  pada awal tahun 1962 di kawasan Jakarta. Sekarang angkutan ini mulai tergusur dengan perkembangan angkutan umum lain, seperti Mikrolet, KWK, Metro Mini, Kopaja, Bus Transjakarta, Bajaj ramah lingkungan dan angkutan berbasis online.

Bemo Angkutan Tua Yang Masih Dibutuhkan Warga Jakarta
Bemo Angkutan Tua Yang Masih Dibutuhkan Warga Jakarta.  
Bemo 07 Grogol - Fajar dan sebelah kiri Bajaj ramah lingkungan. 
 Sejumlah angkutan bemo masih beroperasi melayani warga Jakarta di kawasan Grogol, Jakarta Barat, Senin (13/11/2016).


Baca juga :  
Nasib Bemo Grogol Jakarta Barat 
Bemo si imoet yang terus tersisi ke pinggir kota 
Tolong Pak Presiden Jokowi, Bemo jangan di tiadakan. 
Bemo di Jakarta Makin Tersingkir


Bemo adalah kendaraan tua beroda tiga yang dapat mengangkut 8 orang termasuk sopir. Keberadaan bemo di Jakarta sudah mulai dikurangi oleh pemerintah karena bemo dianggap sudah terlalu tua dan tidak layak untuk ukuran menjadi transportasi umum. Saat ini bemo hanya ada di beberapa wilayah, salah satunya di kawasan Grogol, Jakarta Barat ini yang biasa admin tumpangi pada saat - saat tertentu.

Bemo dapat mengangkut 8 orang
Bemo dapat mengangkut 8 orang 
di bagian belakang kiri 3 orang, bagian kanan 3 orang 
dan bagian depan 2 orang termasuk sopir

 

Bila Bemo sedang berjalan, deru mesin kasar terdengar. Asap hitam nan pekat mengepul dari knalpot dan berserua nyaring. Kendaraan bemo ini keluaran pabrikan Jepang, Daihatsu yang menggunakan mesin satu silider, berkapasitas 305 cc dan mampu menghasilkan 12 tenaga kuda. Sayangnya, bensin campur yang digunakan menjadikan bemo sebagai biang dari polusi udara. Alasan itulah yang membuat kendaraan beroda tiga itu perlahan-lahan tereleminasi dari ibu kota.

Sekarang ini bemo hanya sisa sedikit dan berumur tua, namun masih sangat dibutuhkan warga Jakarta, apalagi untuk anak sekolah dan spg mall deket grogol yang selalu setia naik bemo.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar