Skip to main content

Semaian Benih Padi Trisakti Umur 20 HSS (75 Hari Panen )

Sampurasun ...

Semaian Benih Padi Trisakti Umur 20 HSS (75 Hari Panen )

MANGYONO.com - Minggu Tanggal 19 Februari 2017 saya melihat semaian benih padi Trisakti  di sawah Tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang sekitar 1 Kilometer  dari rumah saya.  Penyemaian ini sudah berumur 20 HSS, Bibit Padi siap dipindahkan ke lahan setelah mencapai umur 20 hari setelah semai.  Atau tinggi benih sekitar kurang-lebih sejengkal tangan, Maka benih sudah siap di tanam. Padi Trisakti ini waktu panennya 70- 75 HST, Nasinya pulen.

Semaian Benih Padi Trisakti Umur 20 HSS (75 Hari Panen )  
Sebelah kiri 4 Lajur adalah semaian benih padi Trisakti umur 20 HSS (75 Hari Panen ). Sebelah kanan 1 lajur adalah bibit padi IPB 3S. Meskipun masih benih bisa dibedakan pada daunnya sebelah kiri keriting sebelah kanan lurus.. Mungkin di catok ya.. hahaha. 



Lahan sawah saya ini telah diolah dan sudah  siap, maka benih padi siap di pindah tanam ke lahan sawah hari Senin tanggal 20 Februari 2017.  Namun sebelumnya kita perlu  mencabutnya dari media persemaian tadi, dan orang Sunda menyebutnya “Babut“. Memanglah kegiatan di sawah masih banyak menggunakan cara tradisional. Masih banyak dengan menggunakan tangan. Benih di cabut sampai akar-akarnya, perlunya ke-hati-hatian agar benih tidak putus. Agar lebih mudah, maka pada waktu pencabutan, area persemaian baiknya di rendam air dengan ketinggian air sekitar 3-4 Cm atau setinggi 1/4 batang padi. Setelah benih-benih  di cabut, lalu benih diikat, agar kita mudah membawanya.  satu ikatan seukuran satu genggaman tangan besar. Ikatan-ikatan ini nantinya  di taruh/disebar di area lahan yang akan di tanam, untuk mempermudah penanaman.

Baca juga:
Rendam Benih Padi Trisakti 
Semaian Benih Padi Trisakti Umur 5 HSS 
Semai bibit Padi Trisakti 12 HSS
Tanaman Padi Trisakti Umur 6 HST 
Penyulaman Padi TRISAKTI Umur 11 HST
Padi Trisakti Umur 17 HST dan Pemberian Pupuk Phonska 
Padi Trisakti Umur 27 HST Fase Tahap Pembentukan Anakan ( 75 Hari Panen )
Padi Trisakti Umur 34 HST Melakukan Penyiangan dan Pengairan
Tanaman Padi Trisakti 41 HST Sudah Bunting Muda  
Padi TRISAKTI Umur 48 HST sudah bunting besar, keluar malai dan berbunga
Padi Trisakti Umur 55 HST Tahap Pembungaan - 75 HST Panen
Padi Trisakti Umur 62 HST Tahap Matang Susu - 75 HST Panen
Padi Trisakti Umur 70 HST Gabah Mulai Menguning (75 HST Panen)




Tanah sawah dibajak menggunakan traktor atau tenaga sapi atau kerbau. Tujuan pembajakan adalah untuk pembalikan tanah, memberantas gulma, hama penyakit terbawa tanah, serta membenamkan dan mnguraikan biji-biji padi yang tertinggal dalam tanah.

Pada prinsipnya pengolahan tanah adalah pemecahan bongkahan-bongkahan tanah sawah sedemikian rupa hingga menjadi lumpur lunak dan sangat halus serta ketersediaan air.

Saya menyemai benih dua macam 4 Lajur disemai benih Trisakti sedangkan 1 Lajur disemai benih padi IPB 3S. Kenapa demikian?... Ya karena benih padi Trisakti cuma 5 Kg, atau 7 Liter jadi kurang.. Benihnya masih langka broww... Hehehe... Ya udah di tambah 2 Liter benih padi IPB 3S aja... Nanti panennya juga pasti gak sama .... yang satu 75 hari, yang satu 110 Hari ... Hehehe. 

Jual Benih Padi Trisakti - Padi Super Genjah 75 HST Panen


Vidio Semaian Benih Padi Trisakti Umur 20 HSS (75 Hari Panen ) bisa dilihat DISINI



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar