logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara memperbanyak dan stek Bunga Bougenville.

Sampurasun ... Rampes ...

Blog Mang Yono. In the previous post I wrote about Bougainville Flowers flowers or paper flowers with Flowers Bougenville title is not good according to Feng Shui planted in the yard.

Well, I write this to believe that not only hehehe against myths, taboos or Feng Shui. Plants flower bougainvillea (bougainvillea spectabillis) are very popular in our society. This plant comes from Brazil, South America. ( by. Google Translate baca terus ya )

Cara memperbanyak dan stek Bunga Bougenville.
Bunga Bougenville / Bunga kertas warna PUTIH. Saya tanam di pojokan taman mungil saya.

Di postingan sebelumnya saya menuliskan tentang Bunga Bougenville atau bunga kertas dengan judul Bunga Bougenville  tidak baik menurut Feng Shui ditanam di halaman rumah.

Ya sudah, ini saya tulis untuk yang tidak percaya saja hehehe terhadap mitos, pamali atau Feng Shui . Tanaman bunga Bugenvil (bougainvillea spectabillis) sangat populer di kalangan masyarakat kita. Tanaman ini berasal dari Brazilia, Amerika Selatan. 
Bunga Bougenville / Bunga kertas warna UNGU. Saya tanam di pojokan taman mungil saya.
Bunga Bougenville / Bunga kertas warna UNGU. Saya tanam di pojokan taman mungil saya.
 
Bugenvile atau bunga Kertas bunganya yang cantik beraneka warna membuat bugenvile sangat disukai para penggemar tanaman termasuk saya hehehe. Apalagi cara perawatannya dan menanamnya sangat mudah, itu menurut saya, perbanyakan dengan cara Stek, potong / tebas dahannya tinggal tancapkan di tanah, sudah bisa tumbuh. Tapi tetangga saya malah menanam dengan cara stek seperti saya ini gak pernah berhasil loh heheeh. Tapi kalau sudah ngambek, tanaman ini pun enggan berbunga .. *kalau gak tahu atau belum mengenali sipat dari Bunga ini.

Bunga Bougenville / Bunga kertas warna PUTIH dan UNGU . Saya tanam di pojokan taman mungil saya pada satu pohon dengan cara penyambungan stek - stek pada ranting atau dahannya . Khan saya bilang saya punya pohon Bunga Bunga Bougenville cuma satu pohon hehehe.

Umumnya orang melihat daya pesona bugenvil pada aneka bunganya yang berwarna-warni. Ada yang merah cerah (b. Spectabilis Rubra Plena), Putih (b. Spectabillis Alba), Kuning (b. spertabilis glabra Salmonea), Merah jambu (b. spectabillis Arborea). Kelopak bunganya yang tunggal maupun ganda membuat orang gemas melihatnya ingin sekali memetik sang bunga hehehe. Tapi sebetulnya bunga-bunga yang kita kagumi itu hanyalah bunga-bunga semu. Yang betulan dan nyata adalah BUNGA DESA hehehe. Ups, Bunga yang sesungguhnya justru kecil dan tenggelam di tengah-tengah bunga semu.

Bunga Bougenville berbunga PUTIH dan UNGU, keren khan, saya sedang mencari warna bunga Bougenville yang berbeda untuk di stek.

Bila daun-daunnya terlampau rimbun pun bugenvil jadi enggan berbunga. Karena itu, pertahankan daun pohonnya dalam keadaan setengah gundul. 

Supaya dalam satu pohon bugenvil terdapat beberapa warna bunga sekaligus, Anda dapat melakukan penyambungan stek-stek pada ranting atau dahannya.
Di bagian pucuk ranting berdiameter 5 - 10 mm dipotong serong atau dipotong bentuk V. Lalu sambung dengan stek pucuk dari bugenvil berbunga lain / wana bunga yang berbeda yang dipotong serong berlawanan dengan bunga asal. Ikat bagian sambungan itu erat-erat dengan tali rafia agar terlindung dari rembesan air hujan yang bisa mengakibatkan batang busuk.

Bila puncak-puncak sambungan telah tampak segar kembali, bukalah ikatan talinya. Untuk memperoleh hasil yang memuaskan lakukan penyetekan ini pada musim penghujan. Beberapa waktu kemudian pada saat tanaman ini berbunga, maka Anda pun akan mendapatkan aneka warna bunga dalam satu tanaman. Atau untuk lebih jelasnya silahkan Baca postingan saya tentang Cara Menyambung tanaman dan stek satu mata.
 

Baca juga :  



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

8 komentar

klo sy baru bisa menjadi penikmat tanaman,.....selebihnya krg deh palagi klo sampai ngerawat trus nyiramin tanamen...

Balas

Hehe ternyata bunga bisa ngambek juga ya mang.. :)

Balas

Tapi mendingan sih mbak...asal jgn kayak sy ,,sukanya nyiram kucing kalo lagi tawuran hehe

Balas

KAlau stek batang seringkali busuk dan gak keluar akar :)

Thanks sharingnya ya mang :)

Balas

gara-gara baca bougenpil ngga bagus menurut pengsui kalo ditanamsama orang sunda, tanaman bogenfil saya dihalaman rumah sampe tak tebang tadi sore mang....luah pas malem ini maenkesini lagi, malah disuruh memperbanyaknya dengan stek...kumaha ieu teh atuh?

Balas

Kalau di Pontianak nama Bougemville ini nama Sanggar TARI MElayu. Heiheihehie. Jadi kalau ke Pontianak nyebut nama ini bisa diantar ke Sanggar itu mang HIheiheiheiheiee

Balas

Saya mah tahu namanya doang mang tapi bentuk pohonnya mah gak tahu, di daerah istri saya bougenville nie nama jalan raya mang :D

Balas

Gan setahu saya stek itu batang yang diperbanyak baik di air atau di tanah, kok bahasannya jadi 'menyambung' dan okulasi, rancu jadinya. Btw, thanks infonya.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger