logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Leunca (Solanum nigrum L)

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Leunca memiliki nama latin Solanum nigrum L. Leunca adalah sayuran yang sangat dikenal di masyarakat. Bagi warga Jawa Barat. Karena buah leunca ini sering dijadikan lalapan wajib dalam mengonsumsi makanan.

Tanaman semusim ini berbatang tegak dan banyak bercabang dengan tinggi 35-100 cm. Buahnya bulat-bulat dan berisi banyak biji dengan penampang sekitar 1 cm. 

Leunca (Solanum Nigrum L)
 Leunca (Solanum nigrum L)

Leunca itu bisa dijadikan berbagai macam menu makanan, baik dengan cara diolah ataupun mentahan yang dijadikan lalap. Di antara menu berbahan leunca tersebut adalah oncom. Datanglah ke rumah makan khas Sunda. Salah satu menu yang disajikan pastilah kerecek leunca, yaitu oncom merah yang ditumis dengan buah leunca.

Selain oncom, adakalanya leunca juga dijadikan bahan campuran pembuatan makanan lain, baik berujud gado-gado, pecel, dan lain-lain. Namun banyak orang Sunda juga menikmati leunca dengan cara hanya disantap begitu saja dijadikan lalapan dan dicocolkan ke sambel.... Mantabb dah... Heheheh.

Baca juga :  
Karedok Leunca Khas Jawa Barat 
Menanam terong kuning, peuheur (Solanum indicum ) 
Terong bulat Gelatik ( Glatik round eggplant )  
Takokak ( Solanum torvum ).
Buah Takokak Bisa Menyembuhkan Mata Minus. 
Cara Tumpang sari padi dengan terong
Cara semai terong peuheur / terong kuning .

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

11 komentar

Disambal teri sungguh enak
Apa leunca itu sama dg buah cempokak

Balas

leunca lalapan yang aku suka banget mang hehehe

Balas

Leunca saya sukanya buat Lalapan dan kalau di masak sukanya di tumis di campur Oncom Mang Yono kalau di tempat saya namanya Lekutek Leunca raos pisan da Mang.

Balas

Menurut saya mah leunca beda Mbak sama takokak cuma jenis nya aja yang sedikit sama. eeeeh bener gak tuh Mang..?

Balas

Tuhhh selera saya makan leunca ternyata sama kaya Mbak Ipah ya..? =D

Balas

Iya ... beda takokak sama leunca... Kalau takokak keras... seperti ini gambarnya

http://3.bp.blogspot.com/-SL_esMEdhLo/VA1DjdoMLgI/AAAAAAAAI_Y/ykPb2LCNpmI/s1600/khasiat%2Bbuah%2Btakokak%2B1-%2Bblog%2Bmang%2Byono.jpg

Balas

Iya Neng, Kang ... saya juga paling suka makan leunca ... apalagi dibuat karedok... Mantab dah ... http://1.bp.blogspot.com/-kye1K8b76vc/Uain0pP2IpI/AAAAAAAAC5k/yUgKwjeGrkU/s320/karedok+leunca+mang.jpg

Balas

Kalau yang ditumis terus dicampur oncom disaya namanya "Ulukutek" Kang ... Memang raos pisan kang... Heheheh

Balas

leunca rencangna oncom oops jadi bahas sunda hehe. buat ulukutek oncom pakai leunca enak ya

Balas

Wah NIGRUM ya, Sekilas tadi terbaca mirip nama NINGRUM Wahahahah itu nama mba Nar Nungrum wahahhahaa

Balas

kunjungan pertama.....
Nice Blog.....

ijin lihat-lihat blog/website nya.....

Daftar rumah Murah Subsidi Bekasi tahun 2015-2016

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger