Sekilas tentang tanaman padi

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Padi merupakan tanaman yang membutuhkan air cukup banyak untuk hidupnya. Memang tanaman ini tergolong semi aquatis yang cocok ditanam di lokasi tergenang, selalu ada airnya. 

Biasanya padi ditanam di sawah yang menyediakan kebutuhan air cukup untuk pertumbuhannya. Tapiii, padi juga dapat ditanam di lahan kering atau ladang. Istilahnya adalah padi gogo.

Budidaya padi itu harus telaten dan sabar.... Dari mulai menanam sampai penyiangan. Nah, pada Umur kira – kira 20 hari setelah penanaman dialakukan penyiangan pertama untuk membersihkan rumput dengan cara mekanis pakai “Gugurul” landak, yang langsung diikuti oleh tenaga manusia yang mencabut rumpuk yang berdekatan dengan batang padi.. Kalau di tempat saya namanya “Ngarambet”. 
Tanaman Padi umur 20 Hari
Tanaman Padi umur 20 Hari... Foto jepretan admin di sawah bakan bandung, Kmp. Gardu, Bendungan, Pagaden Barat, Subang, Jabar, Indonesia... Heheheh.

Bila setelah penyiangan pertumbuhan padi tampak tidak merata maka dilakukan penambahan pupuk majemuk agar pertumbuhan vegetatif padi optimal beranak banyak dan berbatang sehat dan kuat. 
 
Nah, padi umur 35 hari setelah tanam dilakukan penyiangan kedua, bila padi tumbuh segar, hijiau dan batangnya kokoh maka setelah penyiangan tidak perlu dilakukan pemupukan tambahan .... 

Tanaman Padi umur 40 Hari
Tanaman Padi umur 40 Hari, tanaman padi sudah tumbuh lebat, sebagian sudah berbunga. Foto jepretan admin di sawah bakan bandung

Setelah umur 40 hari padi sudah tampak tumbuh lebat, selanjutnya pada umur 50 hari padi mulai berbunga. Nah, untuk menjamin agar bijinya penuh berisi maka perlu pupuk daun.

Tanaman Padi mulai berbunga.
 Tanaman Padi mulai berbunga. Foto jepretan admin di sawah bakan bandung

Padi Umur 95 hari padi siap panen...... Aseeeekkk. Padi merupakan pohon yang menghasilkan bahan makanan pokok orang Indonesia yaitu beras, oleh sebab itu orang tua dulu menggunakan perumpamaan pohon padi sebagai nasehat bukan pohon yang lainnya....


Tanaman Padi mulai dipanen
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar