Cara Membedakan Telur Asin Palsu

Sampurasun ... Rampes ...

Blog Mang Yono. Dalam artikel sebelumnya saya menulis tentang Cara Membuat Telur Asin Dengan Cara Basah Dan Kering

Telur asin ini merupakan kiriman dari Nenek saya untuk keluarga saya, telur asinnya masih panas, karen baru selesai dari perebusan. Telur asin ini hasil pengasinan Nenek saya dari Bebek peliharaan sendiri sendiri, jumlah bebeknya sekitar 12 ekor, 11 ekor betina dan 1 ekor jantan.

Cara Membedakan Telu Asin Palsu
Telur Asin Kiriman Nenek Saya

Nenek saya ini suka ngirim telur asin 2 kali dalam seminggu, jumlahnya sekitar 8 – 10 butir, berarti kalau seminggu sekitar 20 butir . Geratis ?. Ya, geratis lah namanya juga Nenek ke cucunya .. hehehe. Telur asin ini merupakan makanan kesukaan kedua anak saya “ Gugum” dan “ Gigin “ tapi saya dan istri saya juga suka ding hehehe.

“Anak saya sangat suka mengkonsumsi telur asin, tapi ngeri kalo liat berita di salah satu stasiun tv itu “
“ Emangnya kenapa mang “
“ Ada telur asin palsu, sangat berbahaya “
“ Serem  banget ya ….. aaa”

Begitu sekelumit pembicaraan kecemasan dua orang bapak - bapak, tentang telur asin yang sangat digemari oleh keluarga mereka.. Kalau yang suka membelinya tentu cemas ya, tapi kalau yang membuat telur asin sendiri sih gak masalah, atau melihat cara pembuatannya.  Jika kita ingin terlepas dari segala kecemasan, cobalah untuk membuat telur asin sendiri.  Tapi merepotkan mang, gak ada waktu... Jadi yang lebih praktis ya beli yang sudah jadi... hehehe.
Telur asinnya masih Hanas ... Panas maksudnya heheh
Telur Asinnya Masih Hanas ... Panas Maksudnya Heheh

Baca juga  : 
Terus, bagaimana mengetahui / membedakan apakah telur asin yang kita beli itu palsu dan proses pembuatannya instan sehingga membahayakan tubuh kita ? begini caranya yang saya ketahui:

Telur asin yang asli biasanya warna kuning telurnya kemerahan / keorenan. Kuning telurnya. Kalau telur asin palsu kuning telurnya pucat karena dibuat dari telur ayam biasa dengan disulap menjadi telur ayam bebek.
Telur asin yang asli biasanya warna kuning telurnya kemerahan / keorenan.
Telur asin yang asli biasanya warna kuning telurnya kemerahan / keorenan.

Si pembuat telur asin yang nakal supaya proses pembuatan telur asinnya tidak memakan waktu lama, cukup 1 jam telurnya sudah asin, biasanya pembuat telur asin yang nakal ini dengan cara : merenam ujung telur dengan cuka sampai telurnya melunak lalu penjual menyuntikkan  air garam kedalam telur tersebut melalui ujung yang melunak. Lalu telur ayam dicat dengan cat tembok  da terakhir melumurinya dengan tepung singkong / kanji, tepung kanji ini untuk menyamarkan bekas kuas / guratan cat pada telur. Cara untuk mengetahuinya,  usaplah permukaan telur jika agak kesat dan warnanya  agak kusam, itu artinya palsu.

Kita tes dengan cairan pemutih pakaian. Gosoklah telur secara perlahan, apabila warnanya luntur,  terlihat kecoklatan itu artinya telur asin dibuat dari telur ayam yang sudah diwarnai dengan pewarna tekstil.

Dengan mengetahui ciri – ciri telur asin yang asli dan palsu kita gak akan kejebak lagi. Nah, kalau yang mau aman lagi tentunya telur asinnya buatan sendiri atau Nenek, mertua, orang tua biar geratis pula hehehe.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar