Skip to main content

Membuat Telur Asin Dengan Cara Basah Dan Kering

Sampurasun ... rampes ...

Blog Mang Yono. Hari Minggu ini saya ada kiriman telur asin dari nenek saya. Telur asin ini hasil pengasinannya sendiri yang dihasilkan dari Bebek sendiri.

Telur asin ini merupakan makanan kesukaan kedua anak saya “ Gugum” dan “ Gigin “ tapi saya dan istri saya juga suka ding hehehe.

Membuat Telur Asin Dengan Cara Basah Dan Kering
Telur Asin geratis hehehe

Perlu diketahui ke unikan dari Telur asin ini, yaitu: Telur asin itu hanya bisa dibuat dari telur bebek, kalau telur yang lain gak bisa, bisa  sih bisa cuman, kualitasnya gak sebagus telur bebek. Karena kulit telur bebek kualitasnya yang lebih baik daripada telur  ayam. Telur bebek lebih memiliki tekstur yang lebih kenyal, lebih lezat, serta bisa menyerap garam lebih baik.

Baca juga  

Selain rasanya yang nikmat, mengasinkan telur juga menjadi salah satu alternatif untuk memperkecil kerugian. Ingat, telur cepat busuk jika tidak segera diolah. Sudah pernah mencicipi makanan ini? Jika belum, jangan buru-buru ke warung atau pasar. Bikin di rumah sendiri apa salahnya? Cara membuat telur asin ini mudah sekali kata Nenek saya. Kalau saya malah belum pernah hehehe.

Kata Nenek saya, ada banyak cara membuat telur asin. Kita pilihlah sesuai dengan kemampuan Kita. Cara Nenek saya ini cukup sederhana namun hasil telurnya cukup  enak. 

Cara membuat telur asin dengan cara basah.

(i). Bersihkan kulit telur dengan cara digosok menggunakan Ampelas. Selain untuk menghilangkan kotoran, cara ini juga berfungsi untuk membuka pori-pori telur. Setelah bersih, tiriskanlah telur dan simpan dalam wadah.

(ii). Langkah berikutnya, buatlah larutan perendam berupa campuran air dan garam. Pelarutan ini bisa menggunakan air dingin. Apabila Anda memakai air panas, maka sebaiknya tunggu air larutan garam dingin sebelum digunakan.

(iii). Setelah air garam siap, tuanglah masuk ke dalam wadah tempat Anda menyimpan telur yang telah dibersihkan. Pastikan larutan air garam merendam telur.  Karena Air Garam dapat membuat telur terapung, untuk menjadikan telur terendam sempurna, sebaiknya ambil kantong plastik dan isi dengan air. Selanjutnya gunakan untuk menimpa telur agar terendam sempurna. Tutup rapat wadah. Lama perendaman adalah 12 hari.

Berikut ini cara pembuatan Telur asin dengan cara kering ala Nenek saya.
(i). Siapkan telur yang mau di asin, cuci dan ampelas permukaan dari telur tersebut, agar pori – porinya terbuka.

(ii). Campurkan abu gosok,  batu bata merah yang sudah digiling halus dan garam. Aduk rata. Perbandingan campuran 2:2:3. Tambahkan air secukupnya sampai menjadi adonan pasta.

(iii). Balur telur - telur tersebut satu per satu sampai terbungkus rapi.

(iv). Simpan ditempat kuali dari tanah, baskom dari pelastik / ember pelastik. Ingat jangan menggunakan wadah yang terbuat dari kaleng, karena akan menimbulkan karat dengan cepat, yang disebabkan oleh adonan garam tersebut.  Untuk penyimpanan agar telur asin yang tidak berlebihan penyimpanan dilakukan bisa selama 7-12 hari. 
Telur Asin buatan sendiri Telur Asin yang Aman
Telur Asin buatan sendiri Telur Asin yang Aman

Kemudian rebus sampai matang. Pada dasarnya, kedua cara membuat telur asin ini mudah dipraktekkan. Hasil keduanya pun sama. Jadi, silahkan pilih sesuai dengan keinginan Anda. Selamat mencoba ya!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar