Skip to main content

Ritual Napian Beras, Tradisi keluarga di Subang.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Ritual Napian Beras, Tradisi keluarga di Subang.

Berbeda dengan orang kota sekarang  yang memasak nasi pakai magicjar, tinggal colokin ke colokan listrik, lalu tunggu sampai nasi matang ... Hanya dalam belasan menit saja nasi sudah matang.

Istri atau keluarga saya di Subang memasak adalah sebuah kegiatan yang benar-benar menyita waktu. Bayangkan aja. Memasak nasi bisa butuh waktu 2 - 3 jam lamanya.... Dari mulai Napian, ngisikan, mirun seuneu / memasak nasi menggunakan tungku hawu.... Keburu laper ya... hehehe.


Ritual Napian Beras, Tradisi keluarga di Subang.
 Ritual Napian Beras, Tradisi keluarga di Subang.

 

Baca juga :  
Nyiru / Tampah, Alat Dapur Tradisional Indonesia  
Cara menanak Nasi dengan alat Tradisional Indonesia 
Proses dari menanam padi sampai menjadi beras  
Kakek saya pembuat anyaman Aseupan / Kukusan bambu 
Cara membuat anyaman dari bambu 
Peralatan Masak Tradisional Indonesia Tungku / Hawu
 


Nah, disini Saya coba tulis cara Istri saya ritual Napian beas.... Napian Beras dilakukan karena hasil gilingan padi itu kadang banyak kulit padinya (hu'ut), masih ada gabah yg tidak terkupas, atau beras yang terlalu kecil (namanya beunyeur) itu dipilih dan dipilah dengan alat yang namanya nyiru.

Beras yang sudah ditakar itu ditumpahkan keatas nyiru/tampah, lalu digoyang-goyang atau dikeatas bawahin supaya si gabah atau kulit padi, hu'ut dan beunyeur itu ada di bagian pinggir



FOTO : Napian Beras dengan cara dikeatas bawahin
FOTO : Napian Beras dengan cara dikeatas bawahin supaya si gabah atau kulit padi, hu'ut dan beunyeur itu ada di bagian pinggir

Nah setelah itu 3 hal yang tidak diharapkan itu disingkirkan, tidak dibuang. Tapi dikasih buat makanan ayam. Makanya ritual Napian beas adalah acara yang dinanti-nanti ayam... Hehehe.

FOTO : Napian beas sangat dinanti - natikan ayam... Hehehhe.
 FOTO : Napian beas sangat dinanti - natikan ayam... Hehehhe.
 
Mungkin cara seperti ini ditempat sobat sudah gak digunakan, atau gak ada... karena Nyiru pun gak ada... Hehehhe
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar