Skip to main content

IKAN BEROD / SILI sudah mulai langka di Subang

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - IKAN BEROD / SILI sudah mulai langka di Subang

Ikan BEROD bentuknya panjang seperti belut dan berduri, anggota dari famili Mastacembelidae itu populer disebut spiny eel alias belut berduri. Sebelumnya saya menulis juga ikan yang mulai langka di Subang. Baca  IKAN KETING sudah mulai langka di Pagaden Barat.

Sili atau di tempat saya di Subang disebut dengan Ikan BEROD. Dulu waktu saya kecil Ikan Berod termasuk ikan sungai yang banyak di Sungai Bendungan Macan. Tapi sekarang mulai langka. Mungkin karena Pencemaran pestisida, herbisida, dan pemakaian pupuk berlebih yang mengalir ke sungai menjadi penyebab terancamnya habitat alami Berod/sili. Belum lagi, limbah rumah tangga yang dibuang ke sungai, menjadi sumber pencemaran. 

 IKAN BEROD / SILI sudah mulai langka di Subang
Yang tak kalah penting: rusaknya tepian dan dasar sungai akibat aktivitas penambangan pasir dan batu. Di sepanjang Sungai Ciasem, Dusun Gardu atau Sungai Bendungan Macan, Pagaden Barat dulu ada penambangan Pasir yang diambil dari sungai, ini dapat merusak habitat Berod/sili yang menyukai kondisi dasar sungai berlumpur, pasir.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar