Skip to main content

Cara Pembentukan Atau Pemangkasan Bonsai Asem Jawa

Sampurasun ...

Cara Pembentukan Atau Pemangkasan Bonsai Asem Jawa

MANGYONO.com - Pohon Asem merupakan pohon yang memiliki batang berwarna coklat dan bergrat kekar serta memiliki daun yang kecil-kecil.

Kayu pohon Asem merupakan kayu yang keras dan kokoh sehingga jika kita ingin menjadikannya sebagai bonsai maka pembentukannya dilakukan saat pohon masih muda karena pada saat itu kayu atau batang pohon Asem masih lunak sehingga mudah dibentuk.

Bonsai Asem Jawa depan rumah Admin 
 Bonsai Asem Jawa depan rumah Admin


Cara membuat Bonsai Asem Jawa yang saya terapkan yaitu:
Menentukan bentuk bonsai, kalau bentuk yang saya praktekan yaitu bentuk Bonsai tegak berkelok-kelok. Kalau sobat mau bentuk yang lain ada juga yang bentuk Sarung angin, Akar terjalin, Miring ke kiri, Miring ke kanan sambil Goyang - goyang ...  eheheh.

Setelah arah dan gerak pertumbuhan batang sudah terlihat saya melakukan tahap pemotongan. Saya menggunakan alat-alat potong seperti gunting,gergajidan pisau. Dengan menyisakan beberapa cabang utama, sesuai selera.  


Tahap ini dibutuhkan kebiasaan dan pengalaman dalam membaca arah dan gerak alami pohon. Namun, saya khan sedang belajar ya.. Jadi maklum aja ..
 

Nah, untuk lebih jelasnya silahkan lihat Vidio Cara Pembentukan Atau Pemangkasan Bonsai Asem Jawa dibawah ini atau DiSINI.


...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar