Skip to main content

Bakalan Bonsai Serut saya mulai tumbuh tunas dalam minggu ke 4

Sampurasun ….

Cuma ikut – ikutan dan mengisi kekosongan pas Hari Minggu saya mula menanam Bakalan Serut, rencananya mau dibuat Bonsai tapi ditanam ditanah langsung. Ups, Bonsai kan ditanam dipot ya, namanya juga Bon berarti Pot Persegi hehehe, ya tidak apa – apa lah saya tanam di tanah langsung, soalnya kalau ditanam di pot takut keluarga saya kelupaan nyiram Bonsai ini, khan sayang sudah tumbuh , eh malah mati seketika hehehe.

Pada hari Minggu Tanggal 31 Maret 2014 saya mencoba menanam Bakalan Pohon serut yang saya ambil dikebun, Pohonnya sih tidak begitu besar tapi lumayan daripada tidak ada sama sekali heheh. Dan kalau anda penasaran silahkan baca tulisan saya di Blog Mang Yono tentang Cara Menanam Bakalan Bonsai Serut (streblus asper)

Bakalan Bonsai Serut saya mulai tumbuh tunas dalam minggu ke 4
Bakalan Bonsai Serut saya mulai tumbuh tunas dalam minggu ke 4


Saya menanamnya tanpa akar dan tanpa daun, jangankan daun dahannya saja saya potong, eh ada tetangga saya yang sengaja memperhatikan saya sambil cengar – cengir seperti senyum Kuda hehehe. Tak berapa lama dia bilang begini

“ Hehehe Mang – mang apa bisa tumbuh tanaman serut tanpa akar ditanam?”

Tanpa pikir - pikir dulu saya jawab begini 

“ Heheh Indonesia khan tanahnya subur Kang, tanah ini kan tanah surge, tongkat dan tembok saja jadi tanaman hehehe

Terus si Akang nyeletuk lagi 

Hahaha mana mungkin Mang tembok jadi tanaman… ada – ada saja si Mang ini

Biar tidak penasara si akang itu saya unjukin ke dinding Rumah saya yang ditempel Pot Bunga Anggrek 

Gak percaya kang, tuh contohnya dinding Rumah saya pada tumbuh Pohon Anggrek, berbunga lagi hehehe

Sambil beranjak dari tempat duduk si Akang ngegerutu “ Semprul ah

Bakalan Bonsai Serut saya

Ups, malah ngelantur kemana – mana, yuk kita lanjutkan cerita tentang Pohon serut saya ini, sesuai perkiraan saya 3 – 4 minggu batang pohon Serut akan tumbuh tunas, meskipun saya tidak menutupi dengan pelastik tapi karena tanaman ini saya tempatkan ditempat teduh akhirnya tumbuh tunas juga. Biasanya para master menggunakan penutup pelastik pada ujung batang Serut biar tidak mongering atau menutupnya semua batang serut dengan Pelastik.


Bakalan Bonsai Serut saya mulai tumbuh tunas

Dan sesuai yang saya ketahui juga biasanya para master menanam bakalan serut dengan akarnya, jadi pada saat penggalian di alam dia mendongkel pohon serut sampai terbawa dengan akarnya, tapi ada juga yang mencangkok terlebih dahulu.

Bakalan Bonsai Serut saya mulai tumbuh
Nah, poto ini hasil jepretan saya pas Hari Minggu Tanggal 27 April 2014 terlihat dalam poto ini tumbuh tunas dari batang – batang pohon Serut saya, nantinya saya akan tanam langsung ditanah saja, tepatnya di depan Rumah Saya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar