• JUAL BENIH PADI SUPER GENJAH

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padinya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

  • JUAL BENIH PADI TRISAKTI SUPER GENJAH

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padi NAZWA-nya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

  • JUAL BENIH PADI NAZWA

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padi NAZWA-nya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

  • JUAL BENIH PADI CAKRABUANA02 (CB02)

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padi CAKRABUANA02 (CB02)-nya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

  • JUAL BENIH PADI NAZWA

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padi NAZWA-nya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

Waspada pada si kecil jika musim hujan dan kemarau

Sampurasun ... Rampes.

Blog Mang Yono. Sebagai orang tua yang mempunyai anak atau balita dirumah. Pastinya akan sedih apabila buah hati Anda terserang sakit demam atau Flu . Apalagi kalau musim hujan anak-anak akan lebih mudah untuk terkena demam dan flu.

Kita sebagai orang tua harus lebih waspada jika musim hujan tiba atau musim kemarau tiba atau bahkan pada musim pancaroba, yaitu pergantian musim kemarau ke musim penghujan atau bahkan sebaliknya dari musim penghujan ke musim kemarau.

Waspada pada si kecil jika musim hujan dan kemarau
Waspada pada si kecil jika musim hujan dan kemarau

Jika sang flu sudah menyerang buah hati Kita, jangan dianggap sepele dengan membiarkan sembuh dalam beberapa hari, periksakan ke dokter dengan segera.  Seperti saya, anak sakit 1 - 2 hari tidak sembuh dengan obat tradisional buatan sendiri, langsung dah saya ajak Anak saya ( Gugum atau Gigin ) ke Dokter, walau gak punya uang sama sekali.

Kita semua pasti tau kalau diluar Rumah merasa tak nyaman dengan banyak debu yang berterbangan tersapu angin, apalagi di musim kemarau seperti sekarang.  Makanya anak – anak saya dilarang berlama – lama diluar Rumah, ya mengingat banyak debu yang terbang. Mulai jam 10 pagi sampai jam 17 harus didalam rumah titik. Hehehe. Tapi kadang kasihan juga ya sama si kecil, kalau di suruh diam didalam Rumah suka naik ke bangku dan melihat suasana di luar. 
Kadang suka kasihan kalau disuruh di dalam rumah terus.
Kadang suka kasihan kalau disuruh di dalam rumah terus. Tapi malah khawatir lagi kalau kesehatannya kenapa - napa

Baca : Si Anak Makannya Lahap Tapi Kok Kurus ya ?.

Kalau sudah terserang demam seringkali membuat panik orang tua. Makanya saya dirumah menyediakan   Termometer digital, karena alat ini menjadi alat wajib di rumah tangga sebagai alat objektif pengukur suhu. Alat ini karena pemakaiannya praktis, hasilnya cepat, harga terjangkau, dan tidak risiko pecah seperti termometer air raksa yang terbuat dari bahan kaca. Pengukuran suhu umumnya dilakukan di ketiak, sampai ada alarm termometer digital yang berbunyi ,
         
Cara tradisional yang masih diakui efektif untuk menurunkan demam adalah dengan mengompres anak dengan air hangat. Cara ini dilakukan paling mudah dengan mandi seka air hangat, yang bertujuan untuk membuka pembuluh darah, sehingga makin banyak darah bisa mengalir dan membawa panas badan dari dalam badan dan dibuang melalui permukaan kulit. Air dingin atau air es menyebabkan pembuluh darah dan pori - pori kulit menutup sehingga justru tidak dapat membuang panas. Kata yang anghi dalam kesehatan hehehe.

Baca : Cara Untuk Mengatasi Anak Supaya Tidak Ngompol

Kompres dingin hanya dilakukan pada demam karena PINGSAN, misalnya anak yang demam dan pingsan saat upacara bendera di siang bolong yang panas terik dengan ciri-ciri kulit kemerahan seperti udang rebus atau ayam bakar. 
Share:

Anggita dan Asep Mojang Jajaka ( MoKa ) Subang 2014

Sampurasun ... Rampes.

Blog Mang Yono. Anggita Zaskia dan Asep Irwan Juliansyah terpilih sebagai Mojang dan Jajaka Subang 2014 dalam puncak Pasanggiri Mojang-Jajaka Subang di Graha Shopia, kampus STIESA, jalan Otto Iskandardinata, Subang.. Keduanya akan mewakili Subang pada Pasanggiri Moka di tingkat Jabar mendatang.

Semoga dengan terpilihnya sebagai Mojang dan Jajaka Subang 2014 Anggita Zaskia dan Asep Irwan Juliansyah lebih memperkenalkan Subang kepada wisatawan, bahwa subang itu memiliki potensi wisata bukan hanya gunung dan dataran saja tapi juga punya pantai dan masih banyak lagi. Termasuk kesenian khas subang salah satunya kesenian Sisingaan 

[ Baca : Sisingaan dari kabupaten Subang atau odong - odong ]

Anggita dan Asep  Mojang Jajaka  ( MoKa ) Subang 2014

Pasanggiri Mojang Jajaka Subang ini sudah dimulai sejak awal September lalu. Para peserta yang mengikuti Grand Final hari ini adalah finalis yang lolos dalam seleksi pertama. Sebelumnya para grand finalis ini telah mengikuti karantina dan berbagai kegiatan lainnya. Dan sebelumnya saya sudah menulis juga tentang pemilihan mojang - Jajaka

Silahkan Baca : Pasanggiri Mojang Jajaka (MoKa) Subang Tahun 2014

Pada pemilihan Mojang-Jajaka tahun ini diikuti 18 peserta. Sekitar sebulan mereka mengikuti proses karantina guna mendapatkan pembekalan, bimbingan dan pengetahuan. 

Baca juga : Batik Subang Warisan Budaya Milik Indonesia
Share:

Ingin membangun Rumah?. yuk kita hitung dulu biayanya.

Sampurasun ... Rampes.

Blog Mang Yono. Ingin punya Rumah?. Mendingan membangun sendiri dah, lebih puas hehehe.

Nah, sebelum membangun Rumah kita sebaiknya membuat Perhitung RAB atau Rencana Angaran Biaya, mungkin sebagian orang sudah biasa menghitung RAB, tapi ada juga yang belum pernah. Kalau saya sih kadang – kadang hehehe kadang menghitung RAB kadang perhitungan RAB malah bertumpuk saking banyaknya hahah .. *Gaya ehehhe.

Pondasi untuk Rumah saya atau anak - anak saya
Pondasi untuk Rumah saya atau anak - anak saya, tempatnya tenang, menghadap ke sungai dan sawah, sinyal internet kuat. Cocok dah buat ngeblog hehehe

Ini untuk mengingatkan saja ya, saya tidak bermaksud menggurui, karena banyak diluaran sana yang pekerjaan sehari – harinya lebih pintar dari saya. La wong saya waktu sekolah pas pelajaran RAB bolos terus hehehe.

Lanjut... Menghitung RAB bangun rumah dapat dilakukan dengan sistem analisa harga satuan dan m2 bangunan tersebut, mari kita lihat dan praktekan bersama – sama, bagaimana langkah perhitunganya. Perhitungan cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, misalnya sistem m2 akan lebih cepat dari segi waktu perhitungan namun dari segi ketelitian akan lebih baik jika menggunakan sistem analisa harga satuan bangunan, begitu ... Hayo mau pilih yang mana. Oke, akan saya jelaskan satu persatu ... Jeile, lagak mandor aja hehehe.

Baca : Alat Berat Tower Crane dan Mengetahui Cara menghitung Biaya pengadaannya


Menghitung biaya bangun rumah sistem m2 bangunan
Pada perhitungan ini kita hanya membutuhkan dua data yaitu luas bangunan yang akan dibangun dan harga bangunan per m2 pada waktu dan lokasi kegiatan pembangunan.

Misal :  Saya akan membangun sebuah rumah sederhana di Desa Bendungan, Pagaden Barat kabupaten Subang dengan ukuran lebar depan 8 Meter dan panjang kebelakang 11 Meter harga bangunan per m2 rumah sederhana +/- Rp.1.000.000,00 *ini hanya sebagai contoh saja ya jangan dimasukan daftar hehehe, padahal aslinya harga bisa bervariasi tergantung harga dari material bangunan dan tergantung daerahnya juga. Misalnya di daerah saya, khan kalau mau membangun rumah, 1- 2 hari itu dilakukan dengan Gotong Royong, jadi gak segitu mungkin harga permeternya heheheh.

Baca : Tradisi Gotong Royong di Dusun Gardu, Subang.

Mulai menghitung : Luas bangunan  8m x 11 m = 88m2, jadi RAB atau Rencana Anggaran Biaya bangun rumah sebesar 88m2 x Rp.1.000.000,00 =  Rp.88.000.000,00 ( Delapan Puluh Delapan Juta Rupiah ). Jadi biaya yang kita anggarkan sekitar 88.000.000-an.
kalau mau mancing atau berenag juga deket tinggal kesungai Ciasem
 Coba sobat lihat, nanti didepan rumah saya ini ada pohon mangganya, kolam ikannya, kalau mau mancing atau berenang juga deket tinggal kesungai Ciasem cuma 10 langkah sudah sampai .. heheh

Baca : Macam – macam pondasi dan jenisnya.

Nah, kalau mau menghitung harga RAB dengan sistem analisa harga satuan yag harus kita persiapkan yaitu.
(i). Membuat gambar rumah yang akan dibangun. Kalau tidak bisa ya nyuruh orang lain, tapi kalau tidak ada ya nyuruh saya juga gak apa – apa hehehe.
(ii). Membuat spesifikasi material atau rencana kerja dan syarat bangunan.
(iii). Membuat rincian daftar perkerjaan yang akan dilaksanakan.
(iv). Menghitung volume masing – masing item pekerjaan.
(v). Mencari daftar harga upah dan bahan terbaru.
(vi). Menghitung analisa harga satuan setiap item pekerjaan.
(vii). Mengalikan volume dengan analisa harga satuan.
(viii). Membuat jumlah harga secara keseluruhan

Masing-masing item pekerjaan tersebut kemudian dihitung volumenya berdasarkan gambar bangunan yang kita buat, tapi ingat gabar bangunan harus disertai ukuran sudah disertai ukuran apalagi kalau dibuat skala malah lebih bagus lagi, lalu menghitung harga satuan pekerjaan diakhiri dengan mengalikan vollume x harga satuan = harga item pekerjaan.

Nah, dengan 2 cara diatas itu kita akan mengetahui seberapa banyak sih biaya, material, pekerja dan lain lain yang harus kita siapkan. Dengan adanya perhitungan ini tentunya pekerjaan pembangunan rumah kita tidak akan terganggu. Tinggal mengawasi sambil seruput kopi aja pekerjaan sudah berjalan hehehe.

Baca : Gimana ya cara membuahkan Mangga diluar Musim.


*Ma'af artikel ini tidak di ikutsertakan pada lomba blogg atau GiveAway. Ini cuma berbagi saja hehehe
Share:

Cara agar nafsu makan ayam kampung bertambah.

Sampurasun ... Rampes.

Blog Mang Yono. Anak saya suka sekali memelihara ayam kampung, kalau saya sih cuma melihat saja dan mengawasi mana yang sekiranya cukup di sembelih hehehe.

Ayam - ayam kampung piaraan anak saya gak dibuatkan kandang, tapi dilepas dan mencari makan sendiri, kalau malam pada tidur diatas pohon. Tapi kalau setiap pagi dan sore ayam - ayam tersebut diberi pakan berupa dedak dicampur daun - daunan.

 Cara agar nafsu makan ayam kampung bertambah.

Menurut para peternak ayam kampung, katannya pemberian pakan perlu diperhatikan juga yaitu dengan menambahkan sayuran, daun-daunan atau temu-temuan ke dalam pakan ayam.  Daun yang biasa di tambahkan ke dalam pakan yaitu daun pepaya, bayam, singkong. Kalau temu – temuan yaitu temu ireng, kunyit.  

Baca juga :  
Nah, katannya cara pemberiannya, sebaiknya daun/temu-temuan tsb diiris-iris kemudian direbus atau bisa juga diberikam mentah. Jika direbus, maka air rebusan diberikan untuk minum ayam sedangkan daun hasil rebusan dicampurkan dengan pakan ayam. Daun pepaya dan temu ireng yang direbus kemudian air rebusannya diminumkan ke ayam juga baik untuk menambah nafsu makan.
 Ayam kampung piaraan anak saya.

Terus setiap 2 atau 3 bulan memberikan obat cacing pada ayam. Jika pada waktu pagi memberikan makan ayam, alangkah baiknya pakan dicampur air hangat/panas. Sama seperti kita lah kalau pagi-pagi yang dingin, ngopi atau minum teh hangat sambil makan ubi rebus hangat wah nikmat sekali rasanya. Hehehehe.
Share:

Gimana ya cara membuahkan Mangga diluar Musim.

Sampurasun ... Rampes.

Blog Mang Yono. Di Filipina, pembungaan mangga telah berhasil melalui menyemprot daun dengan Multi NPK (12-2-44), sehingga produksi buah bisa terjadi sepanjang tahun. 

Tapi bukan di negara lain saja di indonesia pun sudah banyak petani yang bisa melakukan Trik untuk pembuahan mangga diluar musim, salah satunya di daerah Indramayu.

Mangga Golek saya berbuah, walau tidak banyak buahnya.
Mangga Golek saya berbuah, walau tidak banyak buahnya.

Musim kemarau tahun ini yang menyebabkan kekeringan pada beberapa tanaman pangan, tapi tidak berpengaruh banyak terhadap tanaman mangga. Tanaman mangga  pada musim kemarau ini justru berbunga dan berbuah lebat, tapi tak berpengaruh juga pada buah mangga saya ini, berbuah sih berbuah tapi buahnya gak selebat tahun kemarin, buahnya sampai pada berjatuhan, waktu baru – barunya saya beli lahan ini. ( baca : Asik Mangga Golek dan Mangga Manalagi Mang Berbuah)
Pada tahun ini bunga mangga banyak yang gugur karena terlalu kencangnya angin sehingga tidak sampai menghasilkan buah. 

Tapi saya dan anak saya seneng banget. Kata anak saya “Waaaaah...... musim mangga telah tiba... seneng banget. Karena mangga adalah salah satu buah yang ga ngebosenin.

Buahnya sedikit, tapi lumayan dah buat rujakan hehehe
Buahnya sedikit, tapi lumayan dah buat rujakan hehehe

Kebetulan di rumah saya punya dua pohon mangga..... Tapi, sekarang yang berbuah Cuma satu pohon, yaitu mangga Golek. Sedangkan yang satu pohon lagi mangga manalagi tidak berbuah, apa belum ya hehehe. 

Ini nih pohon mangga sayaIni nih pohon mangga saya
Ini nih pohon mangga saya, berbuah sih berbuah tapi buahnya gak selebat tahun kemarin, buahnya sampai pada berjatuhan, waktu baru – barunya saya beli lahan ini.

Kalo pas musimnya berbuah lebat kadang sampe jatuh – jatuh gitu.....ah sayang banget kalo udah berjatuhan saat belum bisa dipetik..... pohon mangganya ga terlalu tinggi, sekitar 3 – 4 meteran. Wah tinggi juga ya hehehe.

Aslinya, saya sedang mencari di internet tentang cara membuahkan mangga di luar musim atau berbuah sepanjang musim. Tapi sampai saat ini saya cari – cari belum nemu hehehe.
Share:

Musim jengkol dikebun sendiri. Ups, kebun mertua.

Sampurasun ... Rampes.

Blog Mang Yono. Musim jengkol di kebun mertua sudah tiba. Tadinya Mertua saya menanam banyak sekali pohon jengkol di kebun. Namun semenjak kemarau panjang menyerang Indonesia beberapa tahun lalu, berimbas ke tanaman jengkol. Pohon kering dan akhirnya ditebang. Tersisa hanya dua pohon.

Sekarang sudah mulai berbuah lagi. Walau hasilnya tak banyak tapi cukup dah buat makan sehari – hari, di keluarga saya yang suka sekali makan jengkol yaitu saya hehehe. Setiap kali makan kalau ada jengkol, bisa menghabiskan 20 – 50 Jengkol muda. 

Musim jengkol  dikebun sendiri. Ups, kebun mertua.

Musim jengkol  dikebun sendiri. Ups, kebun mertua.

Baca juga  
Berangkat kerja tak ketinggalan Nasi Timbel buatan Istri tercinta. 
Jengkoleun jeung ngaleungitkeun bau jengkol 
Orang sunda senang makan lalap, bagai mana dengan Anda?
 

Inilah penampakan pohon jengkol di kebun mertua
Inilah penampakan pohon jengkol di kebun mertua

Aneh memang orang Indonesia termasuk saya, suka makanan satu ini. Selain dimasak rendang / ungkeb, jengkol bisa dibuat SEPI. Yaitu menyimpan jengkol tua ke dalam media pasir atau tanah dengan jangka waktu 1 – 3 bulan. Rasanya akan krenyes-krenyes dan aromanya..ampyyyuuuun lebih parah dari lalap jengkol muda hahaha. 
Begini nih, cara membuka jengkol dari cangkangnya hehehe.
Begini nih, cara membuka jengkol dari cangkangnya hehehe.

Siapkan saja pewangi toilet yang banyak. Kalau makan jengkol, jangan langsung minum kopi setelahnya. Bisa mengakibatkan tidak bisa pipis dan kandung kemih terasa sakit, bla perlu makan jengkol dengan kulitnya, ingat makan dengan kulitnya, jangan makan dengan cangkangnya hehehe.
Begini nih cara nyolek jengkol ke sambel Goang, ingat sama kulitnya ya, jangan sama cangkangnya ... hehehe.
Share:

Cara Membasmi Kungkang / Walang Sangit Yang Unik

Sampurasun ... Rampes.

Blog Mang Yono. Beberapa waktu yang lalu, saya dan beberapa petani yang menanam padi seringkali dibuat jengkel karena ulah Kungkang alias walang sangit (Leptocorisa oratorius).  Betapa tidak ?  Padi yang sudah berbuah menjadi mangsa Kungkang.

Serangga ini akan menghisap buah padi atau gabah sedemikian rupa sehingga seringkali buah padi akan berwarna kecoklatan hingga hitam bahkan pada serangan yang parah akan mengakibatkan bulir padi menjadi hampa. ( baca : Kungkang, Hama Tanaman Tapi Bisa Di Konsumsi)

Cara Membasmi Kungkang / Walang Sangit Yang Unik
Harganya cukup murah, untuk mentahan satu bungkus Rp. 3.000,- sedangkan Kungkang yang sudah matang / digoreng di harganya Rp. 5.000,-/ bungkus.


Baca juga : Cara membuat cobek kungkang atau belalang.


Oleh karena itu, petani di desa saya berupaya untuk Membasmi Kungkang / walang sangit dengan cara ditangkap menggunakan jaring yang halus. Kalau didaerah lain mungkin para petani membasminya dengan pestisida atau ramuan dari bahan – bahan nabati, seperti Umbi Gadung, Kulit jengkol, daun tembakau, daun sengon daun sirsak dan masih banyak lagi. Tapi diderah saya ndak seperti itu loh 
Kungkang / Walang Sangit
Kungkang / Walang Sangit

Baca juga : Enak dan Renyahnya Goreng Jangkrik


Nah, Kungkang / walang sangit hasil tangkapan dikumpulkan untuk dijual , kalau dikampung saya di Dusun Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, ada penjual yang sengaja keliling menawarkan Kungkang / walang sangit berupa mentahan atau ada juga yang menjualnya sudah dimasak atau digoreng untuk dikonsumsi. Harganya cukup murah, untuk mentahan satu bungkus Rp. 3.000,- sedangkan Kungkang yang sudah matang di hargai Rp. 5.000,-/bungkusnya. Kata saya mah murah, coba kalau kta sengaja nangkap sendiri dijamin cape deh hehehe.

Baca juga : 
Ngobor belut di sawah 
Ngurek belut atau mancing belut di sawah 
Renyah, Lezat Goreng Belut Mih Emuk Kukulu, Pagaden Barat 


Mungkin sebagian orang geli melihat binatang ini, apalagi untuk dikonsumsi hehehe

Share:

Tips / Cara menambal Kolam Ikan Yang Bocor

Sampurasun .. Rampes.

Blog Mang Yono. Kolam ikan membuat taman rumah jadi lebih indah. Namun keindahan itu akan sirna seketika, jika baknya mengalami kebocoran dan airnya mengering, air merembes. Lama-lama airnya habis dan ikannya pada mati kekeringan.

Nah, problem kebocoran bisa diatasi dengan cara menambalnya. Tambal yang bocor, airnya pun tak menyusut. Tentu cara menambalnya ada trik dan tipsnya Kita tidak bisa sembarang langsung menambalnya. Tentunya, ikan yang ada di kolam harus dipindah dulu, tapi jangan dipindah ke Penggorengan ya hehehe.

Tips / Cara menambal Kolam Ikan Yang Bocor
Mang Admin sedang menambal Kolam Ikan Yang Bocor

Baca juga : Pembelajaran perhatian dan kepedulian untuk anak dengan memelihara ikan di Kolam

Nah, setelah ikannya dipindah, kebocoran bisa ditambal. Jika keliru, ikan kesayangan Anda bakal stres. Lama-lama, bisa tewas dengan pelan - pelan.


Simak langkah dan Tips mudah berikut:
- Pindahkan ikan-ikan ke tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak - anak, lalu keringkan kolam sambil dicuci, dengan cara menyikat permukaan kolam tersebut.

(1). Perhatikan dan beri tanda setiap lapisan dinding semen yang berlubang, retak, dan yang Kita curigai sebagai titik kebocoran kolam. Jangan sampai terlewat satu titikpun karena Kita harus mengulang dari awal bila ada yang terlewat. 

Bila perlu penyemenan dilakukan 2 tahap, tahap pertama dan tahap kedua
Pertama : penyemenan pada titik - titik kebocoran atau keretakan. 
Kedua : Penyemenan ulang dengan menyemen semua permukaan kolam ikan.
Mulai untuk penyemenan di tiap kebocoran
Mulai untuk penyemenan di tiap kebocoran / keretakan

(2). Perhatikan kebocoran yang ditemukan apakah semen di sekitarnya juga terdapat retakan  lembut atau keropos. Bersihkan bagian tersebut sampai tidak ada lagi semen yang keropos, kemudian ditambal dengan semen. Lakukan langkah ini pada setiap kebocoran yang Anda temukan. Bila perlu semen semua permukaan kolam tersebut, untuk menjaga kebocoran dikemudian hari.
Gigin sedang menunggu Kolam Ikan yang sudah ditambal sampai semen kering, sekitar  5 - 7 Jam
Gigin sedang menunggu Kolam Ikan yang sudah ditambal sampai semen kering, sekitar  5 - 7 Jam ... hehehe

Baca juga : Mencari ikan di sawah” berani kotor itu baik !”

(3). Biarkan kolam hingga semen tambalan benar-benar kering dan tidak terkelupas lagi biasanya memakan waktu 5 - 7 jam. Isi kembali kolam dengan air di atas tanda yang kita buat. Tunggu beberapa jam apakah air di kolam kita berkurang atau airnya tetap ada.

Bila perlu semen semua permukaan kolam ikan
Bila perlu semen semua permukaan kolam ikan

(4). Bila tidak berkurang, isi penuh kolam dan tunggu hingga 3 - 5 jam untuk menjadikan semen keras dan kuat. Kemudian kosongkan kembali kolam,  sambil dibersihkan tunggu 1 - 3 jam, barulah diisi air kembali dan ikan dapat dilepas ke kolam baru tersebut.

Baca juga : Taman didepan rumah itu penting loh.


Isi penuh kolam dan tunggu hingga 3 - 5 jam untuk menjadikan semen keras dan kuat
Isi penuh kolam dan tunggu hingga 3 - 5 jam untuk menjadikan semen keras dan kuat.
Share:

Pembayaran Google Adsense Bulan September 2014.

Sampurasun ...

Pembayaran Google Adsense Bulan September 2014.

MANGYONO.com - Ngeblog yang dibayar itu mengasyikan. Setiap cerita atau tulisan yang kita catat dalam sebuah blog dan ternyata tulisan tersebut dibaca banyak orang, maka blog kita bisa di bayar Google apabila menjadi publisher Google Adsense (Periklanan Google). Baca Postingan tentang Google Adsense 

Ini adalah Pembayaran Google Adsense Bulan September 2014. Pembayaran menggunakan Western Union


Pembayaran Google Adsense Bulan September 2014.
Pembayaran Google Adsense Bulan September 2014.



Baca juga pembayaran bualanan Google Adsense saya dari tahun 2014 sampai dengan tahun ini:
Pembayaran Google Adsense tahun 2014 
Gaji Pertama Dari Google Adsense Bulan Mei 2014
Pembayaran Google Adsense Bulan Juni 2014.
Pembayaran Google Adsense Bulan Juli 2014.
Pembayaran Google Adsense Bulan Agustus 2014.
Pembayaran Google Adsense Bulan September 2014.
Pembayaran Google Adsense Bulan Oktober 2014.
Mencairkan Google Adsense Bulan November 2014
Mencairkan Google Adsense Bulan Desember 2014

Pembayaran Google Adsense tahun 2015
Pembayaran Google Adsense Bulan Juli 2017
Pembayaran Google Adsense Bulan Agustus 2017
Share:

Kobak / Lobak lalapan kesukaan saya..

Sampurasun .... Rampes.

Blog Mang Yono. Tanaman yang memiliki nama Raphanus sativus Linn ini merupakan tumbuhan semusim. Dengan batang yang lunak membentuk umbi bewarna putih pucat. Daun dari lobak berbentuk tunggal

Rasanya yang sedikit pedas dengan bau khas yang agak menyengat, membuat banyak orang kurang menyukai lobak. Tapi lain lagi dengan saya, meskipun orang lain banyak gak suka tapi saya tetap suka dengan lalapan Kobak ( bahasa sunda ). Padahal, menurut ilmu kedokteran lobak sangat baik untuk kesehatan.

Kobak / Lobak lalapan kesukaan saya.

Kobak / Lobak lalapan kesukaan saya. Pas banget dicoel dengan “ Sambal Goang”

Baca juga :  
Gunda gulma disawah bisa utuk pecel atau lalapan mentah. 
Orang sunda senang makan lalap, bagai mana dengan Anda?
Tumbuhan yang bisa dijadikan lalapan mentah 
Lalapan mentah dan lalapan matang 
Tanaman Tespong, lalapan orang Sunda 
Menanam kacang tunggak di lahan sawah untuk lalapan 
Eceng Sawah Gulma Yang Bermanfa'at


Menurut yang saya baca, Lobak mengandung karbohidrat, energi, vitamin, mineral, kalori, protein, lemak, kalsium, fosfor, serat, zat besi, vitamin B1, vitamin B2, Vitamin C, niacin, rafarin, rafanol dan minyak atsiri.

Pas banget dicoel dengan “ Sambal Goang”
Pas banget dicoel dengan “ Sambal Goang” yaitu sambal tanpa bumbu terasi / kacang.

Di balik kelezatan lobak (Raphanus sativus Linn), umbi ini ternyata punya banyak khasiat dalam pengobatan tradisional.

Tapi yang lebih saya suka, lalapan lobak ini menurut saya adalah tanaman lalapan yang mempunyai khas, baik itu daunnya ataupun umbinya.
Tanaman lalapan yang mempunyai khas
Tanaman lalapan yang mempunyai khas
Share:

Enak dan Renyahnya Goreng Jangkrik

Sampurasun .... Rampes.

Blog Mang Yono. Siapa yang pernah mencicipi jangkrik goreng?. Jangankan pernah mencicipinya, mendengarkan nama kuliner ini saja mungkin masih asing bagi Anda. Mungkin saja timbul rasa jijik atau hal yang aneh. 

Tapi tidak bagi saya. “Rasanya seperti belalang goreng, kungkang, laron Atau tak jauh beda dengan goreng hurang (udang putih yang biasa ditemui di selokan atau kolam air),”.

Enak dan Renyahnya Goreng jangkrik
Enak dan Renyahnya Goreng Jangkrik

Dengan rasa penasaran saya mencoba dengan masakan jangkrik ketika saya melihat dikampung saya ada yang membuka usaha peternakan jangkrik di rumahnya di Lingkungan biasanya jangkrik – jangkrik ini dijual ke tengkulak / bandar, mungkin jangkrik yang di ternak untuk pakan burung . Tapi saya mengolah jangkrik jadi kuliner. Khususnya jangkrik go-reng. “Waktu itu Cuma coba-coba saja. Tapi masih ragu-ragu. Ragu soal halal haramnya. Beruntunglah pada tahun 2009, ada fatwa MUI yang menyebutkan kalau jangkrik itu halal untuk dikonsumsi,”

Makan dengan nasi pulen, Sambal goang, Jengkol muda dan Goreng Jangkrik
Makan dengan nasi pulen, Sambal goang, Jengkol muda dan Goreng Jangkrik

Pada Keputusan Komisi Fatwa MUI Pusat Nomor  139/MUI/IV/2009 yang ditandatangani Prof Ibrahim Husen M.Ag menyatakan bahwa  jangkrik salah satu jenis  serangga yang diambil manfaatnya  untuk dimakan, untuk obat atau kosmetik "Hukumnya HALAL" sepanjang tidak menimbulkan bahaya. 

Baca : 
 
Bagi Anda yang doyan berburu kuliner aneh dan ekstrem mungkin boleh mencobanya hehehe, Hmmm... berminat untuk mencoba? Jadi penasaran dengan rasanya! Bahkan beberapa kelompok masyarakat di Indonesia suka menyantap hidangan yang terbuat dari olahan belalang atau laron, termasuk saya ini hehehe .... Jangkriik Boss hehehe.
Share:

Kenapa Google Adsense di banned?.

Sampurasun .... Rampes.

Blog Mang Yono. Kenapa Google Adsense di banned?. Sebelumnya admin www.mangyono.com meminta maaf dengan tampian blog yang kurang nyaman bila dilihat, banyak yang tanya tentang Google Adsense saya yang gak muncul iklannya.

Google Adsense saya kena banned, gegara pendapatan hari rabu kemarin yang mencurigakan hari Rabu tanggal 24 September 2014 pendapatan Google Adsense saya sekitar 25 Dollar. Mungkin dimata Google Adsense itu merupakan pelanggaran. Ya sudah memang sudah kena banned mau dibilang apa lagi coba, munggkin rejeki saya memang segitu ya, setelah minggu – minggu ini saya jarang buka blog, eh ada pemberitahuan dari Email “ Iklan Adsense anda di Nonaktifkan “.

Kenapa Google Adsense di banned?.
Kenapa Google Adsense di banned?.

Kenapa Google Adsense di banned?. Diatas sudah saya jawab. Tapi ada lagi penyebab Google Adsense di banned, seperti : 


Dilarang mempublikasi pendapatan Google AdSense . Sebaiknya sobat tidak mempublikasikan  screenshot  / Chek DAFTAR ISI CONTENTS, termasuk Nomor Dan penghasilan ANDA, e-mail, Dan ID Google AdSense ANDA untuk Melindungi PRIVASI sobat SENDIRI, Serta untuk Tetap berada di Sisi BAIK dari Google AdSense.

KLIK Yang mencurigakan. Nah, Kejadian Kali ini SAYA ALAMI, mungkin banyak dialami Kalangan blogger juga hanya KARENA ingin mendapatkan penghasilan Besar di blog, kadang anda memberi alamat link blog anda  ANDA meminta KLIK terhadap Teman  ANDA. 

Mempublish materi pornografi atau menghubungkan Ke SITUS porno * Bagi sobat Yang menggunakan Google Adsense di blog harus berhati-Hati. Usahakan tidak ADA konten - konten pornografi, kekerasan, kebencian, perjudian, meskipun bahasa tersebut berada pada  dalam komentar pengunjung blog atau tautan ke blog yang memuat artikel porno * ini slah satu yang dilanggar saya juga, mungkin mulai sekarang saya harus berhati – hati terhadap komentar spam atau yang berbau – bau. 

Mengajak atau menyuruh orang Lain mengklik iklannya. Mengajak atau menyuruh pengunjung untuk sengaja mengklik Iklan di blog kita adalah suatu pelanggaran berdasarkan TOS adsense .

Baca juga : TULISAN TENTANG GOOGLE ADSENSE

Mungkin masih banyak lagi penyebab Google Adsense di banned.  Semoga pengalaman ini, merupakan pelajaran bagi saya khususnya dan untuk kedepannya bisa berhati – hati lagi “ Meskipun sudah di banned iklan Google Adsense saya, tapi tetap saya pasang iklan kosong tersebut, sambil mengajukan banding ke Google Adsense. Semoga saja pengajuan banding saya disetujui, dan iklan Google Adsensenya bisa tampil kembali ... Amiin
Share:

Anak – anak saya sering sakit. Apa yang harus saya lakukan?.

Sampurasun ... Rampes

Blog Mang Yono. Kedua anak saya usia 12,5 tahun dan 2,7 tahun mudah sekali sakit. 

"Apa yang harus saya lakukan?".Kalimat ini pastinya tak asing lagi bagi keluarga saya, atau bahkan mungkin Anda pernah mengalaminya. Bahkan saya dan istri khawatir bila anaknya sering sakit. 

Anak – anak saya sering sakit. Apa yang harus saya lakukan?.
Anak saya ini hampir setiap bulan pasti ke dokter, bahkan di minggu – minggu ini anak saya bergantian sakitnya,pertama sisulung pada hari selasa minggu lalu sakit panas, terus anak saya yang kedua sakit panas pada hari jumat minggu yang lalu. Terus sisulung saya antar ke dokter lagi pada hari Senin, eh anak saya yang kedua kemarin sakit lagi, badannya panas dan malamnya saya bawa ke dokter.
Anak saya gak boleh keluar rumah, bermain debu.
Anak saya gak boleh keluar rumah, bermain debu.

Apa mungkin karaena cuaca yang tak bersahabat ya, cuaca panas, angin kencang, berdebu. Padahal anak saya gak boleh keluar rumah,bermain debu, tapi tetap saja terserang sakit juga.

Baca juga :  
Kisah Lahirnya Anak Saya Di RSIA Mutiara Hati Pagaden, Subang. 
Anak suka naik mobil, apa yang harus di lakukan ? 
Selamat tingal Flek Paru - paru selamat datang Usil dan Bandel 
Gigin di Rawat di RSIA Mutiara Hati Pagaden, Subang.
Tapi saya perhatikan anak-anak saya ini tumbuh normal baik berat badan atau tinggi badan sesuai umurnya. Saya tanya ke dokter, katanya penyebabnya Anak-anak lebih mudah terekspos dengan kuman karena mereka tak menyadari betapa mudahnya kuman menempel di tangan atau bermain terlalu dekat dengan teman bisa membuat mereka tertular.

Dengan begitu banyaknya kuman beredar, bagaimana melindungi tubuh? Tubuh sebenarnya sudah dibekali berbagai sistem pertahanan: mulai dari lapisan kulit yang utuh, saluran napas seperti bulu hidung, lapisan luar saluran napas, saluran pencernaan seperti asam lambung dan gerakan usus, hingga sel darah putih dan antibodi dengan berbagai caranya mencegah dan melawan kuman.

Masih kata dokter, bila pertahanan pertama tak “mempan”, kuman akan mencari sel tubuh untuk berkembang biak. Umumnya penyakit akan muncul di organ tempat kuman itu berdiam. Misalnya kuman rotavirus yang berdiam di usus akan menimbulkan diare, kuman rhinovirus yang menyukai area hidung akan menyebabkan sakit pilek.
Share:

Cara semai terong peuheur / terong kuning .

Sampurasun .... Rampes.

Blog Mang Yono. Tanaman terong peuheur atau terong kuning belum ada yang membudidayakannya, nah dari rasa penasaran ini saya tertarik dan penasaran dengan tanaman terong peuheur (Solanum indicum ), apa mungkin tanaman ini tidak bisa di semai, tak akan tumbuh bila disemai. Terus tumbuhnya / berkembangbiaknya dengan apa?.

Dari rasa penasaran itu saya mencoba untuk menyemai terong peuheur atau terong kuning. Berikut ini percobaan saya. 

Buah terong peuheur atau terong kuning

Buah terong peuheur atau terong kuning

Alat yang harus disiapkan:

•    Pot plastik dengan diameter 10 cm. Lubangi bagian bawah Pot secara merata untuk drainase (*lubang Pot biasanya sudah ada lubang untuk tempat drainase ).

•    Media tanam, bisa berupa tanah kompos, arang sekam padi, pasir dan lain nya tergantung ketersediaan bahan. Pastikan media semai sudah steril dari patogen dan hewan pengganggu, khsususnya media berupa tanah + kompos harus dengan menjemurnya dibawah sinar matahari sampai benar-benar kering.

Langkah Kerja:
•    Ambil media semai secukupnya, lalu basahi media secara merata. Masukkan ke dalam Pot  plastik ¾ bagian saja. 
Masukkan media yang sudah dicampur ke dalam Pot  plastik
•    Keluarkan biji terong kuning dari buah dengan cara membelah menjadi dua bagian dan memerasnya.
Keluarkan biji terong kuning dari buah
Keluarkan biji terong kuning dari buah

•    Taburkan biji terong kuning ke dalam media semai yang sudah diratakan sebelumnya, tak perlu dimasukkan terlalu dalam ke dalam media, cukup diletakkan di permukaan media saja, lalu ditutup tipis dengan media kurang lebih 3 milimeter sampai ½ cm untuk mengamankan benih dari pencurian oleh semut dan hewan kecil lain nya. 
Taburkan biji terong kuning ke dalam media semai
Taburkan biji terong kuning ke dalam media semai

•    Tutup pot yang berisi semaian dengan plastik bening lalu letakan di tempat yang lembab atau ternaungi dari sinar matahari langsung..
•    Tak perlu menyiram semaian terlalu sering, jika kelembaban terlalu tinggi dikhawatirkan biji malah busuk, namun jika terlalu kering maka benih juga akan gagal berkecambah/sprout. Jaga kelembaban nya sampai benih sprout.
Saya belum tahu semaian biji terong peuheur / terong kuning ini akan berkecambah. Ya, kita tunggu saja berapa hari semaian terong kuning saya ini akan berkecambah. Nanti kalau sudah berkecambah saya posting kembali dah....
Share: