Menanam Padi tumbuh gunda ...

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Menanam Padi tumbuh gunda, tapi menanam gunda gak  bakalan tumbuh padi. Saat menanam padi maka akan ikut tumbuh rumput-rumput yang lain termasuk Gunda. Tapi ketika saat menanam rumput dan Gunda tidak sedikitpun padi yang tumbuh. Begitupun juga disaat kita menanam kebaikan kadang akan disertai dengan kuburukan - keburukan tapi ketika menanam keburukan tidak ada sedikitpun kebaikan yang menyertainya.... Paham?... Hehehe.

Ya, pepatah ini memang cukup terkenal, terutama biasanya disampaikan oleh para ustadz dan mubaligh. Terdapat makna yang mendalam dari pepatah tersebut. Rumput diartikan sebagai kepentingan dunia, seperti harta, jabatan, ketenaran, dll. Sedangkan padi berarti urusan akhirat dan spiritual, seperti ridha Allah, pahala, surga, dsb. Jadi sesuai pepatah di atas, jika kita hanya mengejar kesenangan dunia, maka hanya dunia yang kita dapatkan. 

Sedangkan jika apapun yang kita perbuat diniatkan untuk akhirat, maka dunia dan akhirat pun insyaa Allah akan ada di tangan kita. Maka jangan pernah bosan menanam kebaikan walaupun akan ada gangguan dan tidak sempurna, karena apa yang kita tanam hari ini adalah yang akan kita petik nanti di kemudian hari. 

Lalapan gunda dapet metik di sawah.
 Lalapan gunda dapet metik di sawah.

Gunda adalah jenis lalapan yang tumbuh di pesawahan atau lahan basah lainnya. Gunda menjadi gulma atau pengganggu padi yang merepotkan sekaligus menguntungkan petani.

Gunda ini enak di buat lalapan, baik mentah ataupun matang... Kalau yang dimasak biasanya untuk pecel dan oseng - oseng.

FOTO : Gunda di sawah bakan bandung, Pagaden Barat, Subang
 FOTO : Gunda di sawah bakan bandung, Pagaden Barat, Subang


Baca juga : 
Mencari lalapan gunda di sawah 
Gunda adalah gulma disawah yang bisa dikonsumsi  
Cara membasmi tumbuhan / gulma Gunda di sawah 
Tumbuhan yang bisa dijadikan lalapan mentah 
Ngarambet Di Sawah Mang Yono.  
Eceng Sawah Gulma Yang Bermanfa'at 
Lalapan mentah dan lalapan matang  
Tanaman Genjer adalah gulma yang enak dikonsumsi
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar