• JUAL BENIH PADI SUPER GENJAH

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padinya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

  • JUAL BENIH PADI TRISAKTI SUPER GENJAH

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padi NAZWA-nya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

  • JUAL BENIH PADI NAZWA

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padi NAZWA-nya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

  • JUAL BENIH PADI CAKRABUANA02 (CB02)

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padi CAKRABUANA02 (CB02)-nya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

  • JUAL BENIH PADI NAZWA

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padi NAZWA-nya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

Berburu burung puyuh di kebun

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Berburu burung puyuh di kebun. Ini merupakan cerita kelanjutan dari cerita sebelumnya yang berjudul Cerita berburu telur burung Pipit, Anak burung, Sarang burung pipit

Saya dulu sering makan burung puyuh.... Burung puyuk liar loh... bukan burung puyuh yang diternak atau dibudidayakan... Rasanya enak. Menurut saya rasa daging yang paling enak dan lezat adalah daging burung puyuh. Saya kira itu benar tetapi daging burung puyuh yang masih bebas berkeliaran di alam bukan daging burung puyuh yang biasa belakangan ini orang-orang budidayakan. 

Menurut saya... keasyikan dan kesenangan didapat sat - saat mengejar burung puyuh di semak-semak yang tidak terlalu lebat juga menyenangkan.... Burung puyuh khan gak bisa terbang tinggi.... Tapi jangan ditanya soal berlari... Burung puyuh itu jago lari loh... Burung puyuh suka menyelusup dengan lihai ke dalam semak-semak. Kalau kita juga lebih gesit dan lihai, maka burung puyuh itu bisa kita tangkap saat bersembunyi di semak - semakr. 
Berburu burung puyuh di kebun
Berburu burung puyuh di kebun

Kalau menemukan sarang burung puyuh saya biasanya memasang jebakan yang didaerah saya disebut "Pirungkung". Saya pun tak punya gambar pirungkung, tetapi saya yakin masih ada orang-orang kampung yang bisa membuat pirungkung dari bambu. Atau saat nemu sarang burung puyuh di kebun, apalagi saat sarangnya ada telurnya, biasanya saya dan teman - teman "nubruk" mendekapnya dengan menggunakan Ayakan saat pagi hari atau sore menjelang malam.

Menurut saya sekarang jumlah burung puyuh pun saya kira telah jauh berkurang. Tak seperti jaman saya masih kecil. Tak ada lagi menu burung puyuh bakar di rumah saya sekarang ini. 

Baca juga cerita berburu lainnya :  
Cerita berburu telur burung Pipit, Anak burung, Sarang burung pipit
Cerita berburu burung dengan Bandring / Ketapel 
Cerita Berburu burung puyuh di kebun

Share:

Baru..!!. Tugu Nanas Jalan Cagak, Subang

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Baru..!!. Tugu Nanas Jalan Cagak, Subang 

Beberapa bulan yang lalu di pertigaan Jalan Cagak, Tugu Nanas di Jalancagak, Subang di bongkar, dan hari ini  Juma'at 31-07-2015 sudah berdiri Tugu Nanas model baru.

Menurut kabar dana pembangunan tugu nanas tersebut berasal dari CSR dari perusahaan air mineral yang ada di Subang. Menurut rencana untuk pengerjaan tugu nanas baru ini akan menghabiskan waktu 60 hari kerja....  

Baru..!!. Tugu Nanas Jalan Cagak, Subang
 Baru..!!. Tugu Nanas Jalan Cagak, Subang . Foto jepretan Kang Downhil Blue  Facebooker Subang (FBS) pada pagi hari.

Menurut Kang Downhil Blue di status media sosial facebook di Grup Facebook Subang (FBS) Katanya, mulai tadi malam tugu nanas tersebut sudah didirikan ukurannya pun lebih besar dari Tugu Nanas yang lama ... Tugu Nanas yang lama sengaja dibongkar untuk kemudian dibangun kembali dengan Tugu Nanas yang baru dan dipercantik. 

Foto jepretan Kang Downhil Blue  Facebooker Subang (FBS) malam hari.
 Baru..!!. Tugu Nanas Jalan Cagak, Subang . Foto jepretan Kang Downhil Blue  Facebooker Subang (FBS) pada malam hari.


"Jalan cagak... Juma'at 31-07-2015PROSES FINISHING TUGU NANAS.. Pemirsa fbs tampak nya tugu nanas jalan cagak akan segera selesai, bahkan ukuran nya lebih besar daripada tugu yg sbelum nya.... Renovasi tugu nanas ini memakan waktu skitar kurang lebih 4 bulan lamanya."


Sebelumnya pemerintah subang juga mengganti Tugu sisingaan dengan tugu leuit  Kabupaten Subang Punya Tugu Leuit / Lumbung Padi dan membangun baru tugu Stum Tugu Salender ( Tandem Roller ) Subang menuai kontroversi

Share:

Lurah Cigadung Yuli Merdekawati pencak silat di PAGURON CIUNG WANARA

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Lurah Cigadung Yuli Merdekawati pencak silat di PAGURON CIUNG WANARA, Kelurahan Wanareja, Subang

Setiap wilayah di Indonesia pasti memiliki aliran ilmu pencak silat. Namun dari sekian banyak aliran, pencak silat ternyata berasal dari satu sumber yakni Pencak Sunda (Jawa Barat).

Menurut yang admin ketahui pencak silat berasal dari silat Cimande, Bogor. Silat Cimande sendiri sudah ada sebelum zaman kerajaan Padjajaran.... Sepertinya admin juga belum lahir deh ... Hehehe. 

Lurah Cigadung Yuli Merdekawati pencak silat di PAGURON CIUNG WANARA
Lurah Cigadung Yuli Merdekawati pencak silat di PAGURON CIUNG WANARA, Kelurahan Wanareja, Subang 


Dengan berkembangnya jaman Silat pun berkembang ke Sumatera Barat dan menyebar ke seluruh Nusantara hingga luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Timur Tengah, Eropa hingga Afrika. Jadi, bisa dikatakan jika Pencak Sunda adalah saudara tua dari pencak silat yang ada.

Arti kata Pencak itu berasal dari bahasa sunda yang mempunyai artinya LIMA, sedangkan kata silat diambil dari kata dialek bahasa Sumatera Barat yang maknanya ILMU GERAK YANG SEMPURNA.

Mudah – mudahan Ketua Federasi Pencak Silat Dunia, Prabowo Subianto bisa dijadikan Pencak Sunda dan Silek Minang sebagai upaya melestarikan budaya pencak silat. Karena saat ini, sedikit demi sedikit mulai tergerus budaya asing.

Sebagai generasi penerus, sudah sepatutnya kita harus melestarikan budaya asli Indonesia. Kemudian mengajak masyarakat menjaga budaya tersebut... Seperti yang dilakukan Nini Subang ( Yuli Merdekawati ) Lurah Cigadung, Subang yang ikut Gempung tarung jawara Subang di acara Safari Budaya,  PAGURON CIUNG WANARA, Kelurahan Wanareja, Subang 

Berikut ini status dan foto yang ditulis dan di unggah ke akun media sosial Nini Subang dan Yuli Merdekawati.

"AJEG DINA KUDA-KUDA, NAPAK JAGAT ! he ....
Seni pencak silat merupakan salah satu warisan dari sekian banyak "kamonesan" yang tlah diciptakan orang tua kita dahulu untuk menjaga pertahanan dan melindungi diri, sayang tidak banyak yang mempelajari ini sekaligus "ngamumule" nya. Di salah satu sudut kota subang tepatnya di kel.wanareja berdiri satu padepokan yang diberi nama padepokan ciung wanara yang tetap ajeg mengajegkan kuda-kuda buhun warisan karuhun, prung ah!"

Lurah Cigadung Yuli Merdekawati pencak silat di PAGURON CIUNG WANARA. Subang
Lurah Cigadung Yuli Merdekawati pencak silat di PAGURON CIUNG WANARA. 

"Ini moment SAFARI BUDAYA kita malam tadi di PAGURON CIUNG WANARA kel.wanareja-subang, bersama jewara-jawara subang TANDANG TANDING.... SAFARI BUDAYA, NYOBIAN IBING PENCAK SILAT DI PAGURON CIUNG WANARA, MINANGKA PANGDEUDEUL KANGGE JAWARA-JAWARA SUBANG."

Share:

Ketua DPRD Subang Beni Rudiono sidak MOS Sekolah

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Ketua DPRD Subang Beni Rudiono sidak MOS Sekolah

Masa orientasi siswa (MOS) sedang berlangsung di Sekolah – sekolah, tujuan dari MOS adalah mengenalkan aktivitas sekolah pada siswa baru. MOS bukan mengarah pada perpeloncoan.

Pada saat sidak pelaksanaan MOS sekolah Subang, di SMKN 1 . SMANDA, SMNSA dan STEMPERT Ketua DPRD Kab. Subang Mang Beni Rudiono yang ditemani Kang Agil Mulya Jaya mengatakan, tindakan yang mengarah ke perpeloncoan dan yang melanggar ketentuan saat masa orientasidi sekolah tersebut tidak ditemukan.

Ketua DPRD Subang Beni Rudiono sidak MOS Sekolah
 Ketua DPRD Subang Beni Rudiono sidak MOS Sekolah

Berikut status Ketua DPRD Kab. Subang, Mang Beni Rudiono di Media Sosial  Facebook ...

“Tadi pagi saya sidak ke beberapa sekolah yang sedang melaksanakan MOS. Diantaranya SMKN 1 . SMANDA, SMNSA dan STEMPERT. Alhamdulillah berjalan dengan baik dan tidak ada yang melanggar ketentuan dan tidak ada perpeloncoan. Ada beberapa laporan kecil lewat MEDSOS dan langsung saya konform dan akhirnya dapat dipahami. Maaf buat pak kepala sekolah saya tidak lapor dulu masuk ke sekolah tsb. Namanya juga sidak biar apa adanya “

Dengan menuliskan statusnya di media sosial Facebook, ada seorang TETIZEN yang mengundang untuk melakukan sidak ke sekolahnya ,,, Namanya Kang Ibas dari salah satu sekolah MTs Mekarwangi Pagaden Barat .. Wah, salam deh ya kang Abas buat Pak Ato ( Lengser ) hehehe. ....

Foto dapet nyomot dari media sosialnya Mang Beni Rudiono Ketua DPRD
Ketua DPRD Subang Beni Rudiono sidak MOS Sekolah. Foto dapet nyomot dari media sosialnya Mang Beni Rudiono Ketua DPRD 
Ini dia komentar dari Kang Ibas dan Jawaban dari Mang Beni Rudiono Ketua DPRD Kab. Subang

Kang Ibas "Ke MTs Mekarwangi Pagaden Barat Moal di longok pak?? Kaleresan masih MOS sareng enjing Pengenalan Gerakan Pramuka, diantos pak!! heheheheheh"

Beni Rudiono "Kin waktosna mepet kin urang atur helA. Ditilu sakola etamah dan sajalan ti bumi baei ka kantor"

Sedangkan Kang Agil Mulya Jaya di media sosial Facebook menulis status ...

" Hari ini jam 9 diajak sidak ka sakola, suatu kehormatan buat saya.... Diantara SMA 1 dan 2 SMKN 2 Subang paling rapih, tidak ada pemasangan atribut dan embel embel yang lain pak, kebetulan di SMA 1 dan 2 ada sedang ada pertunjukan paskibra sama tekwondo.. "

 Ketua DPRD Subang Beni Rudiono sidak MOS STEMPERT. Foto dapet nyomot dari media sosialnya Kang Agil Mulya Jaya

Share:

Remis, Kijing itu apa, hidup dimana, bisa dimakan ?.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Remis atau Haremis adalah kata dalam Bahasa Sunda yang artinya sejenis kerang yang hidup di sungai / selokan atau rawa - rawa. Dalam Bahasa Melayu disebut Remis, dan dalam Bahasa Jawa namnya Kijing. Kalau Kijing dalam bahasa Sunda yaitu Remis yang bentuknya gepeng dan agak lonjong. Remis sangat suka mengendap di dasar sungai yang berpasir dan bersuhu dingin. 

Kulit Remis berwarna kuning  ada juga bagian yang berwarna biru kehitaman. Kulitnya keras seperti marmer licin tapi tidak berbulu. Jik dibuka, akan terlihat bagian dalamnya yang seperti Kepah atau Kupang dalam Bahasa Jawa Timur yaitu mirip kerang tetapi putih dan gepeng melebar.

Remis, Kijing itu apa dan hidup dimana ?.
Remis, Kijing itu apa dan hidup dimana ?. 

Nah, tak jauh dari rumah saya ada sebuah Sungai yang banyak Remis ... saya ngefans sekali dengan Olahan dari Remis ini. Waktu liburan kemarin saya puaskan rasa penasaran saya dengan menyantap olahan dari Remis, kalau yang mencari Remisnya bukan saya tapi Mertua perempuan saya, cara mengambilnya pun di “Sair” menggunakan ayakan, pengambilan Remis memang gak kelihatan... karena air sungainya pun besar... Ngambilnya dengan perasaan... Piling ... Mata Hati ... Hehehe ... Jujur saja saya gak bisa mencari remis dengan cara ini .. Tapi, mertua saya ntu sekitar 3 Jaman dah dapat satu ember penuh... Saya acungi jempol dah buat mertua saya... Maafkan menantu mu ini bu, Cuma bisa makan doang ... Hehee.

Baca : Ayakan anyaman dari bambu diserbu pembeli

FOTO 1 : Yang saya pegang ini namanya Remis besar.
 FOTO 1 : Yang saya pegang ini namanya Remis besar.

Nah, kalau terlalu banyak mendapatkan Remis mertua saya ini suka menjualnya setelah direbus dan dipisahkan dari cangkangnya... Harganya pun relatip murah.. 1 Gelas sekitar 200 cc daging remis tanpa cangkang dihargai Rp. 2.000 – Rp. 5.000. 

Baca Cara Memisahkan Daging Remis Dari Cangkang.

FOTO 1 : Yang saya pegang ini namanya Kijing.
 FOTO 2 : Yang saya pegang ini namanya Kijing.

Istri saya kadang mertua saya memasaknya dengan cara disemur, digoreng, dipepes atau disayur bening, saya pun tak melewatkan waktu lagi dan langsung menyantapnya masakan dari Remis yang empuk. Rasanya kenyal dan manis berpadu dengan bumbunya yang pedas. Enak! Dan, membuat ketagihan. Tapi istri mengingatkan untuk tidak terlalu banyak .... Takut gak kebagian ... Hahaha. Gapapa deh, yang penting sudah terpuaskan. Sayang waktu liburan sudah habis sekarang saya gak bisa makan olahan Remis lagi... Gak papa deh khan bisa di hari minggu nanti saya pulang kampung lagi ..... Hehehe. Baca Cara Memasak Tumis Remis Cabe Ijo

Mertua dan para tetangga bilang katanya remis itu bisa untuk menyembuhkan penyakit kuning .... Baca Remis, Kijing untuk menyembuhkan penyakit kuning

Baca juga  Obat Tradisional Hepatitis dari Rebung, Remis, Temulawak

Share:

Cara membuat Sayur lompong

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Cara membuat Sayur lompong. Nah, ditulisan ini saya mau menulis tentang cara membuat sayur lompong.... Sayur Lompong itu masakan berbahan dasar batang talas atau dikenal juga dengan sebutan sayur keladi dan banyak lagi sebutan-sebutan lainnya... Lain daerah lain pula namanya.

Banyak kreasi olahan talas sebagai menu makan pelengkap nasi untuk sehari-harinya, bisa dimasak gulai atau resep sederhana tanpa santan seperti halnya dalam variasi resep praktis berikut ini.

Talas untuk dibuat sayur lompong
 Talas untuk dibuat sayur lompong

Bahan dan bumbu yang harus disiapkan :
•  10 batang talas, bersihkan dan potong-potong 3 cm, rebus sebentar dengan air dan sedikit garam lalu tiriskan.
•   2 batang daun bawang, iris-iri 
•   Garam secukupnya
•   1/2 sdt kaldu ayam bubuk

•   800 ml air
•   Minyak untuk menumis

Bahan dan bumbu yang harus dihaluskan :
•    3 butir bawang merah
•    2 siung bawang putih
•    2 cm kencur
•    3 butir kemiri
•    1/2 sdt terasi
•    1 sdt gula merah
•    1 buah tomat

Cara membuat Sayur lompong
 Ini sayur lompong

Cara membuat sayur lompong 
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan daun bawang hingga harum lalu masukkan air. Beri garam dan kaldu bubuk lalu masak hingga mendidih.

2. Masukkan batang talas, masak hingga kuah mendidih kembali dan matang, angkat dan sajikan.... Pas banget di santap pada cuaca yang dingin... Tapi cuaca panas juga malah nambah hot – hot... heheheh

Baca juga Pohon talas bisa disayur ( Sayur Lompong )

Share:

Pohon talas bisa disayur ( Sayur Lompong )

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Disiang yang panas begini atau di malam yang dingin paling asyik adalah makan air..... Ups, maksud saya menikmati makanan yang banyak kuahnya. Makanan hangat berkuah...nikmaaat.... Sedaaaappp!.

Saya sudah lama tidak merasakan kembali sensasi angeun lompong. Setelah saya mencicipnya, rasanya unik, asin dan asam jadi satu, pass...untuk teman dingin anda,hangat dan mantap , Silahkan mencoba.

Pohon talas bisa disayur ( Sayur Lompong )
 Pohon talas bisa disayur ( Sayur Lompong )

Talas atau biasa yang di sebut dengan lompong ternyata bisa diolah menjadi masakan yang mempunyai rasa delicious. Talas yang mungkin hanya ada di perdesaan sekarang ini menjadi sayur pelengkap meja makan. Cara membuat yang mudah, tak ada salahnya jika sobat mencobanya dirumah.

Pohon talas / lompong di sawah.
 Pohon talas / lompong di sawah.

Sayur lompong adalah masakan berbahan dasar batang talas atau dikenal juga dengan sebutan sayur keladi dan banyak lagi sebutan-sebutan lainnya... Lain daerah lain pula namanya. Banyak kreasi olahan talas sebagai menu makan pelengkap nasi untuk sehari-harinya, bisa dimasak gulai atau resep sederhana tanpa santan...

Untuk mengetahui cara membuatnya silahkan baca di postingan yang berjudul Cara membuat Sayur lompong

Share:

Vidio Balita Ngupas Telur Puyuh

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Jika tidak sabar dan tau caranya mengupas telur puyuh itu sangat menjengkelkan dan saya anggap mengupas kulit telur puyuh bukan pekerjaan yang mudah.

Sebagian orang mempercayai bahwa kulit telur puyuh itu sulit dikupas. Putih telurnya sering menempel pada cangkangnya, sehingga sulit dikelupas. Baca juga Cara mengupas telur puyuh yang benar

Anak saya "Gigin" Ngupas Telur Puyuh 
Anak saya "Gigin" Ngupas Telur Puyuh



........
Nah, biar gak penasaran silahkan tonton vidionya DISINI atau dibawah ini
...
...
Share:

Apa manfaat MOS bagi siswa atau Ospek bagi mahasiswa

Sampurasun ... Rampes

MANGYONO.com - Beberapa hari ini banyak tertangga di rumah pada pusing tujuh keliling yang anaknya baru masuk sekolah SMP atau SMU atau pun  yang Kuliah. Gara - garanya yaitu tugas yang aneh - aneh dari acara MOS. Memang betul juga kalo dipikir - pikir apa sih manfaatnya MOS (Masa orientasi ) siswa itu atau ospek buat mahasiswa dengan tugas yang begitu?...

Nah, dari namanya dapat diambil kesimpulan MOS yang mempunyai arti waktu dimana siswa diarahkan dan dipersiapkan untuk dapat menunjang proses belajar mengajar juga keselaraskan dengan budaya sekolah itu sendiri.


Kalau menurut bapak, ibu, atau siapapun juga menemukan kegiatan yang tidak sesuai ataupun merisaukan, dapat langsung saja ditanyakan pada pejabat yang berwenang di sekolah ( Misalnya : Guru bidang kesiswaan), karena itu semua adalah hak dari pihak terdidik untuk mengetahui dengan jelas manfaat dan kerugian dari proses belajar mengajar yang diadakan dalam lingkungan sekolahan.

Menurut yang saya ketahui manfaat awal dari MOS yaitu untuk mengenalkan siswa/mahasiswa baru tentang kampusnya. Mungkin agar siswa baru lebih akrab dengan seniornya alias kaka kelasnya, maka yang mengurus kegiatan MOS/Ospek adalah kakak kelas di sekolah itu. Tapi, sayangnya, entah dimulai sejak kapan ada tradisi "mengerjai" siswa baru ini dengan berbagai macam keusilan. Niatnya iseng, tapi iseng yang berlebihan... dan merepotkan. Mungkin karena keusilan ini tidak bisa membalas perlakuan pada senior mereka, akhirnya mereka pun melampiaskannya pada junior, seperti yang pernah mereka terima, bahkan lebih "sadis".


Apa manfaat MOS bagi siswa atau Ospek bagi mahasiswa
Seharusnya, para Guru pengajar bisa memonitor kegiatan yang diadakan, sehingga dapat mengembalikan MOS kepada manfaat semula. Alangkah lebih baiknya diberikan sesuatu yang lebih bermanfaat dibanding per ploncoan

Tujuan MOS itu sendiri seharusnya untuk membuat junior lebih "siap" dalam arti mental, perilaku, dan disiplin, melatih kita untuk berada di bawah tekanan..

Oke kita buang soal kuat dan menghargai, karena saat MOS itu kita yang diplonco sama sekali tidak dihargai sebagai layaknya manusia,ane juga ngerasain ko..
Tapi setelah acara berakhir, biasanya para senior dan panitia pasti (dan sebaiknya) ngedatengin kita semua adik2 kelasnya buat minta maaf secara terbuka.. Daaan itu saat nya kita sebagai junior buat dewasa gan..

Intinya.. Yaa MOS itu perlu kok.. dalam berbagai bentuk disesuaiin sama masing - masing sekolah, yang penting oknum senior atau alumni yang suka sok -sokan itu yang ditertibkan..

Foto ilustrasi MOS SMP
Share:

Cerita Gadis Penjemur Padi

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Ini cerita tentang anak gadis tetangga saya... Walau dia masih remaja tapi dia gak merasa gengsi atau minder dengan aktivitas seperti ini... Saya acungkan jempol dah buat Neng MITHAyang masih remaja sudah bisa membantu kedua orang tuanya... dulu mah saya boro - boro begitu... disuruh makan aja susahnya minta ampun ... katanya ... hehe.

Nah, biar gak penasaran dengan cerita dari neng MITHA, silahkan baca ya..... Berikut cerita si Neng ke admin BLOG MANG YONO di sela - sela aktivitasnya ....


*******

Tadi pagi aku di bangunkan ibu jam 4.30 pagi, aku langsung menuju kamar mandi untuk mengambil air wudzu terus solat subuh, rasanya memang sangat ngantuk sekali, tapi bagaimana lagi solat adalah kewajiban bagi setiap muslim diseluruh penjuru dunia ini,  dan musuh terberat saat subuh yaitu kantuk yang sangat luar biasa, meski sebenarnya solat subuh hanya berjumlah 2 raka'at.... Harus penuh perjuangan.. He.


Cerita Gadis Penjemur Padi
Cerita Gadis Penjemur Padi. MITHA sedang menjemur padi di halaman rumah

Setiap pagi tiba semua orang dirumah mulai sibuk, bapak yang sudah berangkat ke sawah sekitar jam 7 kurang 30 menit, ibu juga menyusul bapak kesawah sekitar jam 8 pagi. Nah tugas aku sekitar jam 9 pagi yaitu menjemur padi, memang anak petani seperti saya ini sudah tidak asing lagi dengan pekerjaan seperti ini, ini padi yang didapat 2 hari yang.

Kebetulan tadi pagi jam 9 matahari sudah terasa panas, aku siapkan terpal 4X3 meter di depan rumah di pekarangan, terpalnya aku bentangkan seperti membentangkan tiker, setelah semuanya sudah siap, tali yang mengikat karung aku buka, dan mulailah gabahnya aku tumpahkan ke terpal, kebetulan padi yang aku jemur hanya 1 karung saja. Kalau cara meratakannya seperti ini... Ratakan kesemua arah supaya terkena sinar matahari yaitu dengan mengunakan papan sekitar 1 meteran yang diberi pegangan sepanjang 2 meter.

Setelah padinya mulai rata, aku mulai ke kamar mandi, karena ada 5 baju yang harus aku cuci. Setelah selesai mencuci aku ngecek jemuran padi, aku nunggu deket kamar sambil memantau padi yang sedang terkena terik matahari itu, dan pengganggu terberat ketika menjemur padi itu adalah ayam-ayam tetangga, khususnya ayam Mang Yono yang suka wara-wiri sana-sini yang suka makanin dan ngacak-ngacakin padi yang sedang dijemur. Tadi juga ada sekitar 5 ayam yang mau makan padi yang sedang di jemur, tapi dengan sigap aku mengusirnya, kalo bahasa sundanya mah ( di gebahkeun ). Oh ia padi itu memang harus di jemur lo soalnya supaya gampang ketika nanti di giling di tempat penggilingan, kalau gak dijemur nanti berasnya bubuk alias ancur .. He

Gadis penjemur padi
 Gadis penjemur padi

Setelah padinya kering “NYELETRUK” Aku mulai siapkan karungnnya, terpal yang dipake ngejemur di tarik ketengah dari segala arah, seperti mau membungkus, nah setelah semua padi sudah terkumpul di tengah baru memasukan padinya kedalam karung dengan sebuah piring plastik. Lumayan kewalahan juga.. Oh ia, dikeluarga saya gak suka beli beras, melainkan menggiling sendiri di "Heleran " tempat penggilingan. “

******


Nah, dengan perjuangan gadis cantik ini .... Gimana yang suka membuang nasi dengan percuma, atau tidak menghabiskan nasinya?. Jangan mentang-mentang beras/nasi bisa dibeli dengan uang, bisa di apakan seenak jidat. Di balik enaknya nasi, ada proses yang sangat melelahkan loh, jika kalian merasakannya proses tumbuhnya padi sampai sudah tersedia di piring, didepan mata kalian, pasti kalian gak akan menyia-nyiakan nasi itu.... Ingat itu... Ingin mendapatkan sepiring nasi itu harus penuh perjuangan harus menanam, memanen, menjemur, mengguiling, memasak ..... Nanti nasinya bisa nangis loh....

Share:

Cara membuat cobek nangka muda / gori

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Membuat cobek nangka muda / gori

Membuat cobek nangka muda / gori, ini sering dilakukan oleh istri saya... Nah, setelah saya intip, ternyata bahan – bahannya cukup sederhana... bahkan mirip – mirip bumbu lotek

Biar gak penasaran silahkan disimak ya....

Cara membuat cobek nangka muda / gori
 Cobek nangka mudanya tinggal separo ... hehehe

Bahannya ... 
  • 1 Buah Gori / Nangka yang masih muda dikupas kulitnya, lalu potong - potong... Lalu direbus...

Bumbu cobek nangka muda / gori yang di haluskan:
•    100 grm kacang tanah lalu goreng
•    cabai rawit merah 4 buah
•    kencur 2 cm
•    50 grm gula jawa lalu sisir
•    2 siung bawang merah
•    1/2 sendok teh gula pasir
•    1 sendok teh garam

Cara Membuat cobek nangka muda / gori :
1. Yang pertama campur lah bumbu lalu diulek  dan tambahkan air matang secukupnya,.
2. Selenjuatnya masukkan Nangka muda yang sudah direbus dan diiris – iris, terus aduk rata.
3. Sajikanlah bersama nasi hangat.

Share:

Warga Pagaden Barat berharap pengerukan sungai Ciasem

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Pagaden Barat - Ratusan warga Kampung Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat, berharap sungai Ciasem segera dikeruk karena sudah dangkal dan makin menyempit sehingga rawan banjir.

Harapan warga ini mudah – mudahan ada yang menyampaikan kepada pihak terkait agar segera dikeruk karena dangkal, panjang sungai yang mendangkal ini kira – kira 1 Km. Dari mulai Bendungan Macan sampai dengan bendungan Gondang / Bakan Bandung, Kampung Gondang, Mekarwangi

 Warga Pagaden Barat berharap pengerukan sungai Ciasem

Di sisi lain, Sungai Ciasem membantu petani untuk meningkatkan produksi padi. Lahan pertanian di Kecamatan Pagaden Barat yang dialiri sungai Ciasem ini sekitar 400 hektare, merupakan sawah produktif dengan mengandalkan pasokan air dari Sungai Ciasem petani mampu tanam pada musim kemarau ... Jadi pertahunnya 3 kali tanam padi.

Memasuki musim hujan, daerah Bakan Bandung, Kampung Gardu rawan banjir, karena  sungai yang dangkal dan menyempit.

Ini Foto jepretan di Sasak Serong...
Ini Foto jepretan di Sasak Serong... Terlihat sungai makin menyempit dan dangkal. Arah mendekat Sasak / jembatan Serong, arah menjauh Bendungan Macan... Perbatasan kampung Gardu, Kecamatan Pagaden Barat Kampung dengan Pangadungan, Kecamatan Cikaum. Dulu waktu admin masih kecil suka mandi di daerah sasak serong dan bendungan Macan... Malahan suka lompat dari atas jembatan yang tingginya sekitar 12 Meteran... dulu sungai dan airnya masih dalam sekitar 3 meteran... mungkin sekarang mah sebatas lutut ... hehehe

Arah mendekat Bendungan Macan, arah menjauh Bakan Bandung
 Ini Foto jepretan di Sasak Serong... Arah mendekat Bendungan Macan, arah menjauh Bakan Bandung, Kampung Gardu kecil, Gardu Besar, Gondang.

Arah mendekat Bendungan Gondang, arah menjauh kampung Gardu Besar,Gardu Kecil, Sasak Serong
Ini Foto jepretan di Sawah Bakan Bandung... Arah mendekat Bendungan Gondang, arah menjauh kampung Gardu Besar,Gardu Kecil, Sasak Serong.

Arah mendekat kampung Gardu Besar,Gardu Kecil, Sasak Serong. Arah menjauh Bendungan Gondang
Ini Foto jepretan di Sawah Bakan Bandung... Arah mendekat kampung Gardu Besar,Gardu Kecil, Sasak Serong. Arah menjauh Bendungan Gondang.

Dulu waktu saya masih kecil admin suka mandi di sungai ini lebarnya sekitar 8 Meteran dan dalamnya sekitar 2 Meteran, sekarang lebarnya kira - kira sekitar 2 meter...

Share:

PJT II melakukan pengerukan sungai Cimacan

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -   Sebentar lagi sawah pertanian di daerah tegal sungsang dan sekitarnya sudah bisa nyawah atau menanam padi dan tanaman lainnya dengan tak kekurangan air, karena pengerukan kali dari Kampung balingbing sampai dengan Kampung gardu sudah dilakukan ( Selokan Cimacan ), pengerjaan pengerukan sungai ini dilakukan pasca diresmikannya tol Cipali.

Mungkin dikarenakan banyak sekali material – material yang hanyut terutama tanah merah dan mengendap di bantaran sungai dari mulai Kampung Balingbing sampai dengan kampung Gardu / Sasak Serong. Pada tahun sebelumnya PJT II melakukan Pengerukan Situ Cijambe atau situ Kukulu, Subang

Pengerukan sungai / selokan Cimacan
Pengerukan sungai / selokan Cimacan menggunakan Becho. Selokan yang dikeruk sekitar 5 Km.

Terimakasih PJT II yang telah melakukan pengerukan sungai, pengerukan sungai ini sekitar 2 mingguan... Nah, sekarang mah air jadi lancar... Dan permintaan para petani yang belum dipenuhi yaitu pemerintah supaya secepatnya memperbaiki bendungan leuwinangka, yang beronjongnya berkali – kali jebol karena tidak kuat menahan derasnya aliran sungai ciasem.... Jadi air yang ke sungai Cimacan ini tetep aja jadi rebutan, karena aliran airnya minim.

PJT II melakukan pengerukan sungai Cimacan
Gundukan tanah di selokan ini bukan gak dikeruk, ini dilakukan Pak Tani untuk membendung aliran sungai yang airnya sangat minim....

Pengerukan sungai dilakukan untuk memeperluas dan memperdalam, karena sebelumnya sungai ini makin dangkal dan mengkerut bagaikan kakek - kakek yang kedinginan....... hahaha. 

Terus untuk kabar pengeruka yang ini kapan ya Kabar pengerukan sungai ciasem, Pagaden Barat, Subang

Share:

Yudi Karyono menemui presiden Jokowi dengan Egrang

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Yudi Karyono menemui presiden Jokowi menggunakan Egrang / Jajangkungan. Yudi Karyono Prihatin dengan mulai tergerusnya permainan tradisionalia langsung berangkat ke Jakarta untuk menemui Presiden Joko Widodo. Uniknya, pria warga Panembahan Keraton RT 48/RW 13 ini berangkat ke Jakarta dengan menggunakan egrang.

Yudi Karyono mengaku sudah lama merencanakan berangkat ke Jakarta dengan menggunakan egrang. Rencana itu pun bukan nekat, namun karena Ia ingin mengenalkan kembali permainan tradisional, salah satunya disimbolkan dengan egrang.

Yudi Karyono menemui presiden Jokowi menggunakan Egrang
 Yudi Karyono menemui presiden Jokowi menggunakan Egrang. Foto dari medsos.

Menurut Yudi, kondisi saat ini anak-anak sudah tidak lagi memainkan permainan tradisional. Mereka sudah asik dengan berbagai macam permainan yang menggunakan teknologi modern. Tapi lain lagi dengan di kampung saya Pak, di daerah Pagaden Barat tepatnya di Kp. Gardu... Anak – anak masih ada yang bermain egrang... walau Cuma sebagian masih pada belajar... Hehehe

Prihatin dengan kondisi tersebut, Yudi lantas memutuskan berjalan menggunakan egrang ke Jakarta untuk bertemu Presiden Joko Widodo. Ia mengungkapkan, egrang besi setinggi hampir empat meter itu dibuatnya di tukang las.

Menurut kabar saat ini Yudi Karyono sudah sampai di daerah Karawang... Nah, permainan egrang itu seperti ini... 


........
Nah, biar gak penasaran silahkan tonton vidionya DISINI atau dibawah ini
...
...
Share:

Tentang Tanaman Padi Sawah

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Panggil saja saya Yono, saya merupakan Anak dari keluarga sederhana dan hidup sebagai petani. 

Saya tinggal di desa sejak kecil tepatnya di Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Subang yang terkenal dengan daerah pertanian, orang tua saya keduanya sudah meninggal, waktu saya masih kecil. Saya tinggal dengan Nenek dan Kakek yang bekerja sebagai petani, oleh karena itu saya juga suka bertani. 

 
Ini foto padi di sawah admin...
 Ini foto padi di sawah admin... Sawah admin sih gak luas... Cuma 2 petak aja.

Dulu, ketika saya masih kecil sering diajak nenek untuk menemaninya pergi ke sawah, hasilnya cukup untuk kami makan dan memenuhi kebutuhan hidup, di sana saya dibuatkan “Saung” gubuk kecil untuk berteduh, sementara Nenek bekerja merawat padi-padinya. Setelah saya mulai mengerti bersawah, saya suka membantu Nenek dan Kakek di sawah meski hanya sebentar dan masih suka bermain.... Hehehe. Nenek dan Kakek mengenalkan banyak pengetahuan tentang sawah yang kini masih teringat dalam benak, dalam bersawah tentu ada beberapa hal yang harus dijalankan agar hasil panen dapat melimpah, perlu penggarapan yang serius dan mempeliharanya agar terawatt dan membuahkan hasil yang baik pula.

Bulir - bulir Padi Masih hijau umur sekitar 80 Hari
Bulir - bulir Padi Masih hijau umur sekitar 80 Hari

Dari pengalaman yang saya tahu dengan menggunakan cara yang masih tradisional dan kental dengan budaya Sunda, sekarang saya menanam padi dengan cara yang masih tradisional... Nah, berikut foto – foto tanaman padi saya di sawah blok Bakan bandung. 

Sekitar 3 Mingguan lagi padi siap untuk dipanen
 Sekitar 3 Mingguan lagi padi siap untuk dipanen

Cara bertani ini merupakan warisan dari Nenek dan Kake saya yang paling berharga melebihi warisan harta da benda....
Share:

Cara menanam semangka dengan media pot

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Jaman sekarang menanam tanaman itu gak musti di tempat luas atau ditanah langsung... Menanam tanaman di pot pun bisa dilakukan.

Seperti tulisan ini yang akan menunulis tentang cara menanam semangka dengan media Pot. Nah, biar gak penasaran cara menanam semangka di pot silahkan baca dengan tuntas ya...


Cara menanam semangka dengan media pot

 Cara menanam semangka dengan media pot

Nah, Bahan – bahan yang diperlukan untuk menanam semangka di dalam pot
  • Bibit / Biji buah semangka
  • Media tanam ... Yaitu tanah gembur, pupuk kompos, pupuk kandang
  • Pot ukuran 25cm, lebih bagus lagi pot tanah liat karena pot tanah mampu menyerap air dan memberikan kelembaban pada tanaman sepanjang hari dibandingkan pot plastik yang tidak menyerap air.
  • Bambu untuk penyangga / merambatkan tanaman
  • Sekop taman, tali rapia
Berikut ini Cara menanam semangka dengan media pot
i. Siapkan media tanam tanah gembur, pupuk kompos dan pupuk kandang dalam perbandingan sama banyak atau 1 Tanah gembur :1 pupuk kompos :1 pupuk kandang. Masukkan media tanam ke dalam pot.

ii.  Buatlah 3 lubang penanaman dengan kedalaman sekitar 6 cm pada media tanam pada tiap pot. Masukkan biji semangka ke dalam tiap lubang lalu tutup dengan media tanam. Masukkan 1 biji tiap lubang. Siramlah menggunakan air lalu letakkan pot di tempat yang beratap atau masukkan pot ke tempat beratap saat terjadi hujan..

iii. Pindahkan tanaman semangka ke tempat yang lebih terbuka saat tanaman berumur sekitar 2-3 minggu. Jangan lupa buatkan tiang penyangga untuk tempat rambatan batang dan daun. Anda pun dapat meletakkan pot tanaman semangka di depan pagar sehingga tanaman semangka merambat di pagar nantinya atau letakkan tanaman semangka di tengah taman dengan membentuknya secara melingkar. 

iv. Lakukan penyiraman sehari 2 x yaitu pada pagi dan malam hari karena tanaman buah semangka termasuk tanaman yang suka air.

Baca juga :   
Buah Semangka warna merah
Khasiat dari biji semangka bagi kesehatan tubuh
Manfaat Buah Semangka bagi kesehatan tubuh
Share:

Manfaat Buah Semangka bagi kesehatan tubuh

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Menurut para ahli... Warna merah pada semangka menandakan bahwa buah ini mengandung berbagai nutrisi, vitamin, mineral, kalium, betakaroten, vitamin C dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mulai dari sekarang yuk kita mulailah menyediakan semangka sebagai salah satu makanan pencuci mulut / makanan penutup setiap harinya.

Ini anak tetangga admin Dodo, Nora, Mitha. Foto jepretan admin.
Manfaat Buah Semangka bagi kesehatan tubuh. Ini anak tetangga admin Dodo, Nora, Mitha. Foto jepretan admin.

Nah, biar gak penasaran dengan manfaat si buah daging merah yang satu ini..... Berikut ini  manfaat dari buah semangka daging merah bagi kesehatan tubuh kita, ini menurut para ahli loh :
1.    Menjadikan Jantung Yang Lebih Sehat.
Buah semangka merupakan sumber likopen. Likopen yang terkandung dalam buah semangka berperan penting untuk menjaga kesehatan organ jantung yang kita miliki. 

2.    Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Kita.
Semangka juga merupakan sumber vitamin C. Vitamin C memiliki fungsi membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah sakit di saat cuaca kurang baik atau sangat ekstrem.

3.    Bisa Melindungi Dari Radikal Bebas.
Berbagai asap pabrik, asap kendaraan bermotor serta udara kotor yang terhirup dapat memicu masuknya radikal bebas yang bisa mengancam kesehatan tubuh anda. Apalagi kita yanghidup di kota besar, pekerjaan kita di jalan raya, pegawai pabrikan dan lain – lain.  Semangka mengandung senyawa karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas yang masuk ketubuh seseorang.

4.    Dapat Memperkuat Tulang Tubuh.
Nah, kata para ahli ntu karena buah semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kalium. Kalium ini berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Sehingga tulang dan sendi akan lebih sehat dan kuat sepanjang waktu.... dan memuluskan tulang yang baru tahap pertumbuhan... #Ini mungkin khusus anak – anak... Orang tuwa mah gak tumbuh lagi kali tulangnya ... Hehehe.

5.    Menjadikan Organ Ginjal Yang Lebih Sehat.
Mengkonsumsi buah semangka akan membantu meningkatkan aliran urine. Dengan lancarnya aliran urine maka akan berdampak pula pada kesehatan organ ginjal di didalam tubuh. Disamping itu buang air kecil kita jadi lancar tanpa hambatan... bablas ... Hehe.

6.    Bisa Mengurangi Lemak Pada Tubuh.
Semangka merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan citruline yang mana berperan mengurangi lemak berlebih yang berada di dalam tubuh anda. Jadinya ntu lemak yang berlebih akan ditendang dari tubuh kita... Hehhee

7.    Menjadikan Mata Yang Lebih Sehat.
Ini dikarenakan, buah ini mengandung betakaroten yang akan di ubah didalam tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin yang akan menyehatkan organ penglihatan kita. Nah, bisa jadi bagi yang sering mengkonsumsi buah semangka menjadikan matanya bercahaya... Orang lain pun gak sanggup menatap mata kita yang berkilau – kilau ... Hehehe.


Share: