Mengenal Tanaman Padi

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Bagi orang Perkotaan mungkin ada yang belum tau tentang tanaman padi... 

Nah, untuk mengenal tanaman padi yaitu dengan mengetahui ciri khas dsari tanaman padi, dari mulai daun padi yang mempunyai sisik dan telinga daun.

Adapun bagian-bagian padi adalah.....

A. Akar
Akar adalah bagian tanaman yang berfungsi menyerap air dan zat makanan dari dalam tanah, kemudian diangkut ke bagian atas tanaman. Akar tanaman padi termasuk serabut.

B. Batang.
Padi termasuk golongan tumbuhan Graminae dengan batang yang tersusun dari beberapa ruas. Ruas-ruas itu merupakan bubung kosong. Pada kedua ujung bubung kosong itu bubungnya ditutup oleh buku.

Tanaman padi. Foto jepretan admin.
 Tanaman padi. Foto jepretan admin.

C. Helaian daun 
Helaian daun terletak pada batang padi dan selalu ada. Bentuknya memanjang seperti pita. Panjang dan lebar helaian daun tergantung varietas padi itu..

D. Pelepah daun (upih)
Pelepah daun ini merupakan bagian daun yang menyelubungi batang, pelepah daun ini berfungsi memberi dukungan pada bagian ruas yang jaringannya lunak.

E. Lidah daun
Lidah daun terletak pada perbatasan antara helai daun dan upih. Panjang lidah daun berbeda-beda, tergantung pada varietas padi. Lidah daun duduknya melekat pada batang. Fungsi lidah daun adalah mencegah masuknya air hujan di antara batang dan pelepah daun (upih). 

Tanaman padi sudah berbunga. Foto jepretan admin.
 Tanaman padi sudah berbunga. Foto jepretan admin.

F. Bunga
Sekumpulan bunga padi yang keluar dari buku paling atas dinamakan malai. Bulir-bulir padi terletak pada cabang pertama dan cabang kedua, sedangkan sumbu utama malai adalah ruas buku yang terakhir pada batang.

Malai adalah ruas buku yang terakhir pada batang. Panjang malai tergantung pada varietas padi yang ditanam dan cara bercocok tanam.

Jumlah cabang pada setiap malai berkisar antara 15-20 buah, yang paling rendah 7 buah cabang, dan yang terbanyak dapat mencapai 30 buah cabang.
Jumlah benang sari ada 6 buah,tangkai sarinya pendek dan tipis,kepala sari besar serta mempunyai dua kandung serbuk. Putik mempunyai dua tangkai putik,dengan dua buah kepala putik yang berbentuk malai dengan warna pada umumnya putih atau ungu

G. Buah

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar