Skip to main content

IKAN KETING sudah mulai langka di Pagaden Barat.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - IKAN KETING sudah mulai langka di Pagaden Barat.  

Ikan Keting .... Banyak menyebut adalah nama umum untuk sekelompok ikan air tawar yang termasuk dalam genus Mystus (suku Bagridae, bangsa Siluriformes). Banyak nama lokal yang disematkan ke ikan ini, beberapa di antaranya adalah tendon, kating, ndaringan, menyengat, senggiringan, ririgi, kelibere dan lain-lain tergantung pada spesies dan daerah. 




Baca juga : 
 
 
Ikan Keting ini tidak bersisik, memiliki tiga sirip atau lebih sering disebut patil di kedua sisi dibawah mulutnya dan satu sirip dipunggung, serta memiliki kumis.  

Ikan ini waktu saya masih kecil dan suka mancing di sungai Ciasem / Bendungan Macan kalo lagi musim biasanya banyak banget dan biasanya bisa  dianggap mengganggu pemancing yang sedang memancing jenis ikan besar karena sering banget makan pancing atau umpan sebelum dimakan ikan –ikan besar , ya mungkin karena jumlahnya banyak itu tadi ya. 

Ikan keting ini biasanya dijadikan pilihan kedua atau alternative kalau nggak dapet ikan yang lebih besar biasanya pemancing ya ngumpulin ikan keting ini, soalnya ikan ini enak dan gurih kalau digoreng, tapi biasanya saking asyik mancing ikan ini tau-tau udah dapet se "kapek" tempat ikan yang terbuat dari anyaman bambu... Hehehe

Tapi sekarang ini ikan keting sudah mulai langka... jangankan menangkap atau memancing ikan keting se kapek, menangkap ikan keting 1 saja belum tentu dapa .... Mungkin karena saking langkanya ya... 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar