Kakek saya pembuat anyaman Aseupan / Kukusan bambu

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Bagi orang sunda yang tinggal di kampung termasuk saya sendiri, alat kerajinan ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namanya Kukusan/aseupan/pengukus nasi dan makanan, alat pengukus  ini biasanya digunakan oleh masyarakat pedesaan yang masih menggunakan tungku hawu dan alat masak se’eng. Baca Cara menanak Nasi dengan alat Tradisional Indonesia

Aseupan (kukusan) terbuat dari anyaman bambu, bentuknya kerucut, alat penanak nasi, pengukus umbi-umbian dan lalab (lalapan). Walaupun sekarang sudah banyak alat elektronik penanak nasi seperti magic com, tetapi kukusan ini tidak lantas ditinggalkan masyarakat termasuk saya sendiri juga masih menggunakan alat ini. Baca Peralatan Masak Tradisional Indonesia Kukusan atau Aseupan

Kakek saya pembuat anyaman Aseupan / Kukusan bambu
 Kakek saya pembuat anyaman Aseupan / Kukusan bambu

Harga dari Aseupan / pengukus cukup ekonomis, tapi cita rasa masakan yang dihasilkan malah memberikan kelebihan dan keunggulan dari alat yang lebih canggih. 

Baca : Dulang kayu alat dapur tradisional Indonesia 

Dulu .. Saya waktu sekolah pernah membuat anyaman aseupan, kebetulan di SMP saya memilih mata pelajaran Keterampilan kerajinan. Sambil mendapatkan pengetahuan tentang kerajinan yang diberikan oleh guru sekolah, saya sering belajar anyaman juga dirumah, kebetulan Kakek saya pintar sekali soal anyam menganyam dari mulai Carangka, boboko, sangku, tolomong, pipiti, cecempeh, ayakan, bubu, posong dan lain – lain.

Ini anyaman Aseupan dari bambu dilihat dari dalam, bagian atas aseupan belum di wengku atau di lepek
 Ini anyaman Aseupan dari bambu dilihat dari dalam, bagian atas aseupan belum di wengku atau di lepek

Hasil anyaman yang dibuat oleh kakek saya itu di jual ke tetangga atau siapa saja yang membutuhkan, kadang para tetangga suka pesan terlebih dahulu, katanya biar pas dihati... Memang betul juga kalau pesan terlebih dahulu hasilnya akan sesuai dengan keinginan si pemesan misalnya pesan Kukusan Lepe (sisi lunak tanpa bingkai) dan Kukusan Wengku (sisi bingkai bambu), termasuk besar kecilnya ukuran anyaman kukusan tersebut.

Kukusan dari anyaman bambu memang cocok sih bagi anda yang hendak menyelenggarakan hajatan/acara keluarga. Anda tahu Nasi Tumpeng? Ya.. Betul sekali, nasi yang berbentuk kerucut yang dihidangkn pada acara-acara khusus, inilah alat yang dipkai untuk membuatnya istilahnya memasak sambil mencetaknya memakai alat ini.

Baca : Peralatan Masak Tradisional Indonesia Tungku / Hawu

Menurut saya yang masih menggunakan aseupan, bahwa memasak nasi menggunakan aseupan akan menghasilkan nasi yang lebih pulen dan tidak cepat lengket alias gak cepet basi.

Ini anyaman Aseupan dari bambu dilihat dari luar, bagian atas aseupan belum di wengku atau di lepek
 Ini anyaman Aseupan dari bambu dilihat dari luar, bagian atas aseupan belum di wengku atau di lepek

Aseupan  memiliki fungsi yang sangat menarik untuk dikaji karena rangkaian aseupan yang berbentuk anyaman bambu  dalam bilik yang biasa digunakan di dinding rumah. Apalagi bahan dasar membuat aseupan tersebut ada yang menggunakan anyaman yang tidak sembarangan. Biasanya aseupan dibuat menggunakan anyaman dasar sasag. Hal ini dikarenakan selain karakteristiknya mudah dibuat dan kuat, lubang antara bilah bambu pun dapat diatur dengan mudah sehingga ventilasi dapat diatur dan udara dapat masuk dengan baik. Selain itu, juga ada yang menggunakan motif mata itik untuk menambah kesan artistik bilik rumah. 

Kakek saya suka membuat kerajinan yang ini juga:
Nyiru / Tampah, Alat Dapur Tradisional Indonesia
Hihid / Kipas Bambu, Alat Dapur Tradisional Indonesia  
Boboko / Sangku, Alat Dapur Tradisional Indonesia 
Ayakan, Alat Dapur Tradisional Indonesia
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar