Cara memperbanyak cocor bebek dengan stek daun

Sampurasun .... Rampes ...

Blog Mang Yono. Cara memperbanyak Cocor bebek dengan stek daun. Setek daun merupakan salah satu teknik setek yang menggunakan bagian daun tanaman atau daun yang bertunas. Tanaman yang bisa diperbanyak melalui setek daun adalah tanaman hias seprti cocor bebek. Baca juga Cara menanam atau memperbanyak Bunga lidah mertua

Secara teknis stek daun dilakukan dengan cara memotong daun. Adapun cara memperbanyak Cocor bebek yang pernah saya lakukan yaitu:

Cara memperbanyak cocor bebek dengan stek daun
Memilih daun cocor bebek yang dewasa / tua

Memilih daun yang dewasa atau tua ini sangat penting sekali, karena daun yang sudah dewasa akan mengurangi resiko dari cepat membusuk pada daun tersebut.

 

Mengolah tanah atau menggemburkan untuk semai Cocor bebek
Mengolah tanah atau menggemburkan untuk semai Cocor bebek
Pengolahan tanah / menggemburkan tanah, cara ini saya lakukan karena saya menyemai stek daun cocor bebek di tanah langsung / bukan di pot. Jadi tanah tersebut perlu digemburkan, agar pertumbuhan akar cepat tumbuh.
Meletakan daun - daun Cocor bebek di tempat semai
Meletakan daun - daun Cocor bebek

Letakkan irisan daun di penyemaian, ini harus hati hati dan letakan daun – daun secara berjejer atau gimanasaja tergantung selera masing – masing, asal jangan daun tersebut bertumpuk, selanjutnya .


Taburi daun cocor bebek tipis asal irisan daun tidak kering

Taburi daun cocor bebek tipis asal irisan daun tidak kering. Jaga kelembaban. Untuk menjaga kelembaban tetap stabil dapat disungkup dengan plastik atau ditutup memakai pelastik atau dimasukkan dalam rumah plastik, green house.

Setelah 3 minggu kemudian, akar sudah mulai tumbuh tapi tunas belum kelihatan. Media semai dijaga jangan sampai kering dan juga jangan terlalu basah. Anakan hasil stek siap setelah berumur  5 – 6 bulan.
Selamat mencoba ..
Share:

Cara Merawat daun tanaman bunga aglaonema agar terlihat indah

Sampurasun .... Rampes ...

Blog Mang Yono. Membuat daun Tanaman agar terlihat bersih dan menarik khususnya tanaman bunga Donna Carmen atau aglaonema biar  lebih licin dan mengkilap biasanya sering dilakukan saya sendiri termasuk hobiis atau kolekteor. Caranya sama saja dengan cara di postingan saya sebelumnya tentang Cara menjadikan bunga Gelombang Cinta mengkilap, menarik dan sehat.

Beberapa bahan yang bisa digunakan untuk mengkilapkan daun aglaonema adalah air, susu dan ampas kelapa. Berikut ini merupakan tips mengkilapkan daun aglaonema berdasarkan bahan-bahan tadi: 

Cara Merawat daun tanaman bunga Donna Carmen / aglaonema agar terlihat indah

 

Mengelap dengan air dan spon atau kain bersih


Cara ini merupakan cara saya yang sering kalena paling murah dan sederhana. Air yang digunakan sebaiknya air sumur jangan air comberan apalagi air kopi panas hehehe. Sedangkan spon yang digunakan sebaiknya spon khusus yang seratnya sangat halus, bukan spon untuk mencuci piring apalagi sikat kawat hehehe.


Dengan Mengoleskan susu

Nah, Cairan susu ternyata bisa berfungsi sebagai pupuk daun. Susu yang digunakan adalah susu bubuk yang telah dilarutkan dalam air atau susu cair juga tidak apa - apa. Cara ini bisa mendatangkan hasil yang cukup fantastik, disamping iku kita bisa membuat susu di gelas juga untuk diminum kita hehehe. Namun, mengoleskan susu ada kelemahannya, karena akan mengundang bakteri perusak tanaman yang diolesi susu. Caranya seperti pada postingan saya tentang
Cara Merawat daun tanaman bunga Donna Carmen / aglaonema

Dengan Memakai Ampas Kelapa

Nah, dengan menggunakan ampas kelapa maka daun akan mengkilap, meskipun ampas kelapa merupakan limbah dapur yang ekonomis daripada dibuang khan sayang. Ampas kelapa yang dimaksud yaitu, setelah diambil santannya, ampas kelapa tersebut bisa dioleskan ke permukaan daun menggunakan kain bersih. Tapi cara ini harus mencari orang yang punya ampas kelapa hehehe.


Tips mengkilapkan daun ini biasa saya lakukan dan pernah saya lakukan, tapi saya kurang tahu apakah tips ini sama dengan para mastah – mastah diluaran sana.

keindahan daun mungkin akan jelas terlihat ketika daunnya dalam keadaan bersih dan mengkilap. Menjaga agar daun tanaman hias tetap bersih dan mengkilap tentu saja tidak sesederhana itu. Bukan hanya sekedar menjaga dari pengaruh debu saja tentunya.

Baca juga tentang : Cara memperbanyak Bunga Donna Carmen / Aglaonema.
Share:

Cara memperbanyak pohon anggur dengan stek batang indukan

Sampurasun .... Rampes ...

Blog Mang Yono. Dua minggu yang lalu, pohon anggur di rumah bos saya ditebang, karena pohonnya mengganggu tanaman yang lainnya, tapi saya mengambil batang pohon anggur yang ditebang itu. 

Rencananya saya akan semaikan atau memperbanyak dengan stek batang pohon anggur, ini merupakan pekerjaan yang baru saya lakukan, biasanya saya menyemai atau memperbanyak pohon anggur dengan stek dahan atau cabang yang kecil, kira – kira besarnya se kelingking, kalau ini besar dari pohon anggur yang akan saya semai dengan cara stek besarnya 5 – 8 Cm. 

Baca juga artikel tentang : Cara menanam atau semai Anggur dengan stek

Cara memperbanyak Pohon anggur dengan stek batang indukan


Yuk, kita simak cara menyemai pohon anggur dengan stek batang :

Ambil batang Indukan pohon anggur yang ditebang, potong kira – kira 15 - 20 Cm. Jangan lupa diberi tanda mana ujung atas mana ujung bawah, kalau tertukar kemungkinan besar gak tumbuh akar dan tunas. 

Ambil batang Indukan pohon anggur yang ditebang, potong kira – kira 15 - 20 Cm.

Siapkan media tanam berupa tanah  semua, tanpa campuran dari media lainnya tapi boleh juga menambahkan media arang sekam padi, pasir, dan pupuk kandang, dengan perbandingan 1:1:1. 

Isi media pot dengan tanah yang sudah disiapkan, terus tancapkan

Siapkan  pot ukuran 10 Cm atau polybag untuk tempat penyemaian stek batang anggur. Isi media pot dengan tanah yang sudah disiapkan, terus tancapkan batang stek Anggur dalam media tanam tersebut secara perlahan dan hati-hati. Jangan lupa padatkan media tanam supaya batang stek tertanam kokoh, apabila tanah dirasa kurang, ya tambahkan lagi sampai 2 Cm dari permukaan bibir atas pot.


Letakan ditempat teduh


Siram dengan air hingga seluruh media tanam basah. Namun jangan sampai menggenang, karena akan memicu pembusukan pada batang stek. Dan letakkan semaian stek batang tersebut di tempat yang teduh jangan terkena sinar matahari. Nanti malah kering batang steknya, boleh juga menutup bagian atas batang stek anggur dengan menggunakan plastik transparan.

Dua minggu kemudian pasti stek batang anggur yang disemai akan tumbuh tunas – tunas, Apabila yang menggunakan tutup pelastik maka bukalah penutup plastik tersebut karena akan menghambat pertumbuhan mata tunas

Apabila tunas telah mencapai panjang 8 atau 10cm , maka pindahkan bibit ke tempat yang terkena sinar matahari pagi. Sampai jam 9 pagi, dan jangan terkena mata hari siang karena akan mengakibatkan kelayuan pada stek Anggur.  
Semai anggur sudah bertunas



Ternyata saya berhasil juga memperbanyak atau semai anggur dengan stek batang ini, ke sepuluh semaian anggur saya sudah bertunas di minggu ke dua ini
Share:

Cara menjadikan bunga Gelombang Cinta mengkilap, menarik dan sehat.

Sampurasun .... Rampes ...  

Blog Mang Yono. Untuk pembersihan daun Gelombang Cinta / Anthurium agar terlihat bersih dan mengkilap, cukup gampang sekali, tapi ini harus dilakukan secara rutin, supaya hasilnya lebih maksimal dan tanaman bunga Gelombang Cinta agar menarik. Meskipun tanaman bunga Gelombang Cinta ini bukan punya saya, tetapi saya ikut merawatnya, ya serasa punya sendiri deh hehehe.  Sebelumnya sudah saya tulis juga tentang bunga Gelombang Cinta / Anthurium di artikel Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta / Anthurium Dan Mengkilapkan Daun Supaya Terlihat Menarik Hati, tapi gak apa khan saya ulas lagi hehehe.

Tapi kelemahan dan keburukan saya, kadang suka males merawat bunga, kenapa coba?, ya, karena kalau sudah megang dan utak atik bunga saya tidak bisa Cuma sebentar, tapi butuh sejam, dua jam, bahkan sampai berjam – jam hehehe. Makanya kalau saya lagi sedikit ada pekerjaan lain suka males merawat bunga, karena itu tadi, kalau sudah merawat bunga saya suka meninggalkan pekerjaan yang pokok yang lebih penting dari itu heheh.

Cara menjadikan bunga Gelombang Cinta mengkilap, menarik dan sehat.

Memberi vitamin daun dan mengkilapkan Bunga Gelombang Cinta / Anthurium

Ya, sudah kita lanjutkan lagi ke cara membersihkan bunga Gelombang Cinta agar terlihat bersih dan menarik, yaitu dengan menggunakan susu cair/susu bubuk, ini bertujuan untuk memberikan nutrisi atau vitamin untuk daun, tapi sebelum melakukan cara dibawah ini, usahakan daun Gelombang Cinta yang akan diberi susu dalam keadaan bersih, jadi sebelum memberikan cairan susu, kita terlebih dahulu harus membersihkan daun Gelombang Cinta dengan menggunakan air atau dilap menggunakan spon yang diberi air.

Caranya :
(a). Ambil susu bubuk / susu cair secukupnya. Tuangkan kedalam wadah yang satu ke wadah biasa boleh ember boleh tempat apa saja dan satu lagi ke Gelas yang bersih.

(b). Lalu tambahkan dengan menggunakan air lebih baik encer, yang di wadah satu menggunakan air dingin boleh menggunakan air mentah dan yang di gelas menggunakan air panas takarannya seperti kita membuat susu untuk diminum aja. 
.
(c). Aduk sampai tercampur, yang di gelas boleh di seruput karena ini untuk minuman saat melakukan cara pembersihan daun, biar kita juga ikut sehat hehehe. Setelah itu ambil spon atau kain yang halus dan lembut boleh juga menggunakan kanebo cairan susu yang diwadah siap digunakan untuk membersihkan daun hehehe.

(d)..Celupkan spon kedalam larutan susu yang sudah tercampur tadi, dan langsung lap atau seka daun Gelombang Cinta tersebut sampai merata, dijamin kinclong, mengkilap dan menarik.


mengkilapkan Bunga Gelombang Cinta / Anthurium

Mengkilapkan Bunga Gelombang Cinta / Anthurium


Cara di atas selain membuat daun bunga Gelombang Cinta bersih dan mengkilap, cara tersebut akan memberikan nilai tambahan untuk vitamin daun, dengan cara pemberian susu pada daun, maka daun bunga tersebut akan tumbuh subur dan sehat, mungkin seperti kulit kita kalau diberi masker dengan susu akan terlihat lebih muda dan menarik hehehe.

mengkilapkan Bunga Gelombang Cinta / Anthurium helai demi helai
Mengkilapkan Bunga Gelombang Cinta / Anthurium helai demi helai
Share:

Cara membasmi tumbuhan / gulma Gunda di sawah

Sampurasun ..... Rampes ..  

Blog Mang Yono. # Pertanian. Yang suka menanam padi di sawah, pasti mengenal jenis tanaman pengganggu satu ini. Gunda, ya namanya Gunda merupakan salah satu tanaman yang merugikan tapi bisa dimanfaatkan sebagai Tumbuhan yang bisa dijadikan lalapan mentah

Gunda menimbulkan kerugian-kerugian karena mengadakan persaingan dengan tanaman pokok, mengotori kualitas produksi pertanian, dan menimbulkan allelopathy.

Cara membasmi tumbuhan / gulma Gunda di sawah
Tumbuhan / Gulma Gunda dibasmi dengan cara dicabut untuk dimanfaatkan sebagai lalapan, dikukus, dilotek atau dibuat pecel. Tumbuhan gunda ini pohonnya mirip dengan kangkung biji, tapi rasanya agak pahit - pahit enak dan lebih empuk dari kangkung.

Cara membasmi tumbuhan / gulma Gunda di sawah:
Apabila Gunda tumbuh caranya: Setelah tanam atau Tandur usahakan Air dalam Petak Sawah itu tetap ada,kedalamanya sekitar 15 cm. Biarkan terus sampai dipastikan tidak akan tumbuh Gunda itu,atau sekitar 40 hari, karena padi yan berumur 40 hari biasanya sudah agak berjejal,agak tinggi, Gunda tidak akan tumbuh sempurna dibawahnya.

Apabila Gunda masih tumbuh: Sewaktu memberi Pupuk kedua,campuri dengan obat pembasmi hama atau Gulma, boleh apa saja merek yang disukai dan cocok,taburkan merata bersamaan dengan pupuk tadi.

Bisa dengan disemprot,biasanya obat pembasmi ini berbentuk Powder atau Bubuk.caranya, Isi tabung semprotan dengan air sampai 75 % penuhnya,kemudian tambahi dengan obat bubuk,namun sebelumnya harus dicairkan dulu pada bak dengan air,baru tuang di tabung sampai penuh, ukuranya biasanya satu tabung dikasih satu saset,barulah semprotkan merata diatas tanaman padi, padinya nggak mati kok.
 


Apabila cara - cara diatas Gundanya masih tetap ada juga, haruslah digunakan cara yang terakhir, yaitu :
Disiangi, digurul atau di Rambet / dicabuti dengan tangan langsung,biasanya menggunakan tenaga para pria atau wanita secara bersama-sama, nanti Gundanya dipisahkan dari tanaman Gulma lainnya.
Karena Gunda ini bisa dimanfaatkan untuk dijadikan lalapan mentah atau lalapan matang / rebus atau bisa juga dibuat oseng – oseng, pecel dan lotek. Silahkan baca juga  Gunda adalah gulma disawah yang bisa dikonsumsi utuk pecel atau lalapan mentah.
Share:

Pohon Hanjuang sebagai tanaman pembatas blok sawah

Sampurasun .... Rampess...

Blog Mang Yono. Tanaman hanjuang memiliki bentuk pohon tegak, jarang sekali bercabang, Tinggi dari pohon hanjuang dengan kisaran 2 - 4 meter. Tanaman ini kebanyakan dimanfaatkan sebagai tanaman pembatas blok pada sawah, untuk pembatas blok sawah biasanya ditanam pada pematang sawah / galengan, tapi ada juga yang ditanam pada pinggir sawah untuk penanda / pembagian yang menanam padi. Dipilih Pohon Hanjuang sebagai tanaman pembatas blok sawah, karena pohon hanjuang itu gampang tumbuh, tanpa penyiraman juga bisa tumbu, mana mungkin khan sengaja ke sawah hanya untuk menyiram pohon hanjuang doang hehehe. Daun hanjuang dapat digunakan untuk pembungkus makanan dan menurut hasil penelitian memiliki manfaat dan khasiat  antibakterial. Banhkan Tanaman Pohon Hanjuang adalah pohon yang berhasil tembus Ekspor.

Kalau menurut Mitos, tanaman hanjuang ini adalah tanaman pembawa rezeki atau pembawa hoki, tapi menurut saya semua tanaman itu bagus asal ditanam sesuai tempatnya, jangan menanam tanaman di tengah jalan, karena akan menghalangi orang yang mau lewat hehe.

Pohon Hanjuang sebagai tanaman pembatas blok sawah
Pohon Hanjuang sebagai tanaman pembatas blok sawah. Ini saya jepret di sawah saya di blok cibandung, kampung Gardu, Bendungan, Pagaden Barat, Subang

Untuk yang mau menanam  di pematang sawah atau di tempat lain, bahkan dengan media air sekalipun sangat gampang tumbuh, kalau yang penasaran dengan tanaman ini silahkan baca di Blog Mang Yono pada artikel sebelumnya tentang manfaat dan khasiat serta cara budidaya dari tanaman hanjuang.

Pohon hanjuang sebagai pembatas blok sawah
Pohon hanjuang sebagai pembatas blok sawah saya

Untuk penanaman di tanah cukup tancapkan potongan  pohon hanjuang kira kira 20 cm atau bisa lebih, boleh dibuang daunnya atau dibiarkan saja. Dengan waktu 2 – 3 bulan maka akan tumbuh tunas dan akar.
Share:

Manfaat dan khasiat dari bambu

Sampurasun ... Rampes

Blog Mang Yono. Tanaman bambu yang banyak dimanfaatkan adalah batang. Batang yang tua untuk bahan bangunan atau berbagai jenis kerajinan, sedangkan batang anakan atau tunas bambu yang disebut rebung / iwung untuk sayuran. Baca juga Cara mengambil, mengawetkan dan mengolah Iwung bahasa sunda untuk Tunas Bambu atau Rebung yang kaya manfaat dan khasiatnya

Tapi menurut yang saya baca manfaat dan khasiat dari bambu, untuk bagian daun bambu juga banyak  khasiat dan manfaatnya, tetapi tak banyak yang tahu. Kebanyakan orang menganggap daun bambu sama sekali tak berguna, sekadar untuk pupuk kompos. Tetapi di daerah Cina, yang dikenal sebagai Negeri Tirai Bambu. Yaitu untuk meluruhkan dahak serta meredakan batuk dan susah napas. 

Manfaat dan khasiat dari bambu
Kebun bambu Mertua hehehe

Khasiat lain adalah menetralkan racun dalam tubuh, seperti yang dijual di bus atau apotik yang dikenal dengan koyo. Dan juga berfungsi dan bisa menurunkan oksidasi antioksidan atau radikal bebas sebagai bahan antipenuaan serta mampu menjaga stamina dan menurunkan asam urat .
Share:

Cara untuk mengatasi kebiasaan mengigau

Sampurasun ... Rampes ...

Blog Mang Yono. Cara untuk mengatasi atau menghilangkan kebiasaan mengigau atau bangun secara tiba - tiba / mendadak. Mengigau atau istilah kedokteran atau istilah medisnya somnambulism yaitu orang yang sedang tidur tiba-tiba berbicara sendiri, bisa juga bangun bahkan berjalan sendiri, ketawa sendiri, atau bangun secara tiba tiba dan berteriak sambil melotot, Terkadang ia bisa diajak komunikasi sebagaimana orang yang terjagaakan tetapi kalau besoknya ia ditanya tentang kejadian yang dia alami dipastikan akan lupa dan tidak akan ingat apa yang sudah dilakukan atau bicarakan di malam harinya. Baca juga Lima cara membuat anak yang baik, benar dan tepat

Menggigau biasanya pada anak usia 2 - 6 tahun, tapi orang dewasa juga bisa terjadi . Tapi kebanyakan biasanya terjadi pada anak – anak, sesuai yang pernah saya baca penyeba anak mengigau yaitu:

Cara untuk mengatasi atau menghilangkan kebiasaan mengigau atau bangun mendadak
Bangun mendadak / tiba - tiba . poto anak saya " Gigin ", tapi anak saya tidak suka mengigau atau bangun tiba - tiba

  • Dikarenakan sang anak mengalami kelelahan sebelum tidur.
  • Mengalami kejadian  yang menyeramkan sebelum tidur atau membuatnya terkesan atau terlalu gembira, nonton film seram dan horor atau melihat orang yang seram hehehe.
  • Anak sedang memendam perasaan tertentu seperti marah, jengkel, kesal atau takut.

Cara mengatasi anak yang mengigau atau bangun tiba - tiba

  • Buat sang anak merasa tenang, nyaman sebelum tidur misalnya bacakan kisah-kisah Islam, dongeng yang mendidik.
  • Ajak anak bicara dengan baik-baik sebelum tidur, apakah ada perasaan yang disimpan atau sedang takut apa yang dialaminya.
  • Jangan langsung dibangunkan kalau anak sedang menggigau, tetapi buat ia merasa tenang dulu dengan menggendong dan memeluk , mendekap kemudian mengelus-elus dengan lembuta agar sang anak tenang.
  • Tapi terkadang kebiasaan ini bisa hilang dengan sendirinya dengan bertambahnya usia sang anak .
Share:

Lima cara membuat anak yang baik, benar dan tepat

Sampurasun ..... Rampes ..  

Blog Mang Yono. Lima cara membuat anak yang baik, benar dan tepat, judulnya mungkin membuat anda - andini berpikir yang bukan - bukan, tetapi saya dalam tulisan ini akan sedikit berbagi tentang cara membuat anak supaya anak bangun pagi, karena salah satu kebiasaan baik kepada anak – anak yang harus orang tua ajarkan. Orang tua wajib untuk mengajak anak untuk bangun di pagi hari, karena banyak sekali manfaat yang bisa didapat untuk bangun pagi itu. Pada awalnya, mungkin sulit untuk membiasakan kepada anak untuk bangun pagi, tetapi jika dilakukan dengan sabar maka membangun kebiasaan baik untuk bangun pagi bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Baca juga tentang Kegiatan Anak Di Hari Libur

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan kita – kita sebagai orang tua untuk membiasakan buah hati untuk bangun pagi yaitu : 

Lima cara membuat anak yang baik, benar dan tepat
Lima cara membuat anak yang baik, benar dan tepat

Pertama :  Dengan menjaga agar sang anak tidak tidur terlalu larut malam. Apalagi begadang sampai mendekati pagi.

Kedua : Atur jadwal tidur anak kita – kita  agar tidur di waktu yang sesuai dengan yang dijadwalkan agar besok bisa bangun tepat waktu di pagi hari, dengan kondisi yang sehat dan segar.

Ketiga : Jangan lupa, untuk membiasakan berdongeng kepada anak sebelum mereka tidur. Entah itu dongeng legenda atau dongeng khayalan anda. Karena cara  tersebut dapat membuat anak tidur lebih tenang dan nyenyak serta nyaman.

Keempat : Membangunkan anaknya dengan belaian lembut dan kasih sayang. Jangan membangunkan anak dengan memanggil secara keras, apalagi mengguyurnya dengan air, hal tersebut sangat tidak baik bagi anak. Tapi bangunkan anak dengan baik sehingga anak pun bangun dengan perasaan senang dan nyaman.
Mengajak anak - anak jalan - jalan ke kebun
Mengajak anak - anak jalan - jalan ke kebun. Poto jepretan saat membawa anak kekebun Tegal Sungsang, Bendungan, Pagaden Barat

Kelima : Lakukan aktivitas pagi yang menyenangkan bersama anak setiap paginya. Aktivitas-aktivitas tersebut dapat berupa olahraga pagi, bersepeda keliling kampung, jalan-jalan pagi ke sawah, jalan – jalan ke perkebunan teh, jalan – jalan ke perkebunan karet dan masih banyak lagi. Aktivitas-aktivitas tersebut dapat membentuk kebiasaan anak untuk bangun pagi karena sang anak menjadi senang adanya aktivitas yang dia membuat hatinya senang setiap paginya.
Baca juga tentang : Mencari ikan di sawah” berani kotor itu baik !”

Mengajak anak - anak jalan - jalan kesawah
Mengajak anak - anak jalan - jalan kesawah.
Poto jepretan saat membawa anak kesawah Blok Cibandung, Bendungan, Pagaden Barat
Share:

Istilah di Sunda tentang Munggahan, ngabuburit

Sampurasun ... Rampes 

Blog Mang Yono. Berikut ini istilah - istilah yang menjadi sebutan di daerah saya yaitu daerah Subang, Jawa Barat atau mungkin di daerah Sunda, ada istilah yang lebih akrab yaitu Istilah-istilah munggahan, ngabuburit; puasa cacap, bedug, ayakan dan ngadulag

Istilah - istilah diatas ada yang sudah baku dan mempunyai arti yang sudah dibakukan, tapi ada juga  istilah-istilah yang merupakan khas lokal, kadang tak jelas asal-usul maupun batasannya. Tapi tetap digunakan karena kebiasaan. 

Istilah di Sunda tentang Munggahan, ngabuburit, puasa cacap, bedug, ayakan dan ngadulag, nganteuran
Ini ayam piaraan anak saya, jumlahnya ada 15 ekor, katanya nanti munggahan dan nganteuran mau motong ayam - ayamnya untuk dimasak dan diantar / nganteuran ke saudara dan tetangga
Munggahan 
Menjelang puasa orang di perantauan juga  biasanya pulang kampung. Berkumpul bersama keluarga. Saling berkirim makanan atau masakan dengan sanak keluarga atau tetangga. Berziarah ke makam, mandi keramasan. Munggahan berasal dari kata ungggah yang berarti naik undakan untuk masuk, misalnya ke rumah atau ke masjid, karena jaman dulu rumah dan masjid di Sunda berbentuk panggung. Dalam lidah orang Sunda, kata unggah sering diawali huruf 'm' hingga lumrah dilapalkan unggah menjadi munggah. Kata ini juga sering disebutkan kepada orang yang melakukan ibadah haji  dengan disebut munggah haji. 


Cacap, Bedug dan Ayakan
Muncul istilah puasa khas lokal, yaitu puasa cacap, puasa bedug dan puasa ayakan. Istilah ini merupakan kategorisasi puasa dilihat dari segi waktu berbuka. Pertama, puasa cacap adalah puasa yang cacap (selesai); yaitu berpuasa mulai dari terbit fajar (imsak) hingga bedug maghrib. Kedua, puasa bedug, dimulai dari terbit fajar sampai bedug lohor atau ashar. Sedangkan ketiga, puasa ayakan, justru tidak jelas batasan waktunya. Sebenarnya puasa jenis ini adalah kependekan dari pribahasa puasa ayakan nu aya dihakan ( kalau ada makanan langsung dimakan ) hehehe. Puasa bedug biasanya dilakukan anak-anak. Dia punya keinginan sampai maghrib, tapi raga belum kuat. Sedangkan puasa ayakan biasanya dialakukan orang yang secara fisik jelas kuat, tahu bahwa puasa wajib. Tapi malas melakukannya. Ada yang melakukannya diam-diam, ada pula yang terang-terangan. Orang berpuasa ayakan disindir Doel Sumbang dalam lagu Tuturut Munding
 

Ngabuburit
Kata ngabuburit berasal dari kata dasar burit  yang berarti sore hari atau waktu menjelang tenggelamnya matahari. Kemudian mendapat awalan nga dan proses redupklikasi dwipurwa (pengulangan kata imbuhan pertama). Jadi ngabuburit. Ngabuburit berarti menunggu atau menghabiskan senja hingga datangnya malam. Dalam bulan puasa, tujuannya melupakan perut lapar sampai tiba waktnya buka. Berbagai hal yang dilakukan di antaranya, jalan-jalan, membaca buku, ngeblog, nongkrong, tadarus atau kegiatan-kegiatan lain .
 

Ngadulag Ngadulag adalah tabuh-tabuhan khas dengan alat musik bedug dan beberapa kohkol (kentungan) yang biasa berada di samping masjid. Ngadulag artinya menabuh bedug dengan irama dulag. Tidak ada aturan khusus tentang irama dulag. Tapi setiap penabuhnya berusaha supaya tetabuhannya mengeluarkan suara yang enak didengar dan seunik mungkin. Dalam pendengaran orang Sunda, secara umum, dulag berbunyi dulugdugdag bukan nubudug di udag – udag ( yang budug dikejar – kejar ) hehehe.
 
Dulag hanya diperbolehkan saat bulan puasa. Biasanya ditabuh selepas tarawih dan saat membangunkan orang sahur. Dulag dilakukan semalam suntuk saat malam takbiran Idul Fitri atau Idul Adha. Tidak hanya di masjid, kadang dulag dilakukan sambil mengarak bedug di jalanan. 


Nganteuran.
Nganteuran atau istilah bahasa kerennya tukar rantangYaitu mengantarkan makanan atau bertukar makanan dengan sanak saudara atau para tetangga, biasanya dilakukan pada waktu munggahan atau mau lebaran, Biasanya yang disuruh nganteuran yaitu anak – anak, biar nanti dapat uang dari orang yang di kirim makanan atau masakan. Sebelumnya sudah perna saya posting tentang Tradisi Tukar Rantang Keluarga mamang di Subang

Anak saya siap - siap untuk nganteuran
Anak saya sudah menyiapkan amplop untuk nganteuran



_________________________________________________________________________
Ini  Jadwal Imsakiyah sumber dari:
www.rukyatulhilal.org

Jadwal puasa 2014
KETERANGAN
      1. Awal Ramadhan dan Syawwal berdasarkan Taqwin Standar Indonesia.
      2. Berlaku untuk wilayah radius maks. 30 km dari Subang, Jabar.
      3. Jadwal sudah diberi toleransi waktu ihtiyati (pengaman) sebesar +/- 2 menit.
      4. Hisab berdasarkan Kriteria Jadwal Shalat Kementerian Agama RI.
      5. Jadwal berlaku untuk ketinggian tempat 0-250 meter DPL.
      6. Lakukan pengecekan ketepatan jam anda di Telkom 103 / RRI / TVRI.
      7. Digunakan hanya jika Kementerian Agama setempat belum menerbitkan.
      8. Jadwal Imsakiyah menurut versi lain klik DISINI.
Share:

Menanam atau tumpang sari padi dengan mentimun / ketimun

Sampurasun ... Rampes

Blog Mang Yono. Belajar bertani. Mungkin Anda – andini membaca judulnya heran ya, tumpang sari tanaman padi dengan tanaman mentimun / ketimun ( bonteng ). Untuk memulai bertani sebaiknya lahan kita manfaatkan seefisien mungkin. Daripada lahan kosong dan tidak ada hasilnya, alangkah baiknya kita tanami mentimun atau kacang panjang.  Seperti saya di penanaman padi sebelumnya, menanam mentimun / ketimun ( bahasa sunda bonteng) di pematang sawah. Seperti pada artikel sebelumnya tentang Liburan Ke Sawah Wisata Murah Meriah  atau tentang tulisan saya yang Mentimun ( Bonteng ) adalah buah sayuran atau buah lalapan yang bisa dimakan mentah, langsung lep

Mungkin ini bukan tanaman tumpang sari ya, karena ditanamnya di pematang sawah, bukan ditengah sawah, ya mana mungkin juga kali, tanaman padi di satukan dengan tanaman mentimun hehehe. Tanaman ini selain waktunya pendek (satu bulan sudah panen) budidaya mentimun ternyata juga sangat menguntungkan .

Menanam atau tumpang sari padi dengan mentimun / Ketimun
Menanam atau tumpang sari padi dengan mentimun / ketimun. Poto saya jepret di sawah Cibandung. Pagaden Barat

Mentimun / ketimun bahasa kerennya Cucumis Sativus L atau bahasa sunda Bonteng merupakan sayuran buah yang memiliki kandungan mineral dan vitamin cukup tinggi. 


Menanam mentimun/ ketimun di pematang sawah
Menanam mentimun/ ketimun di pematang sawah

Untuk pengolahan dan pembuatan pematang tanahnya tidak perlu dilakukan, karena sudah jadi pematang sawah, asal bersih dari rumput 


Bibit mentimun Yupiter
Bibit mentimun Yupiter. Cap Mutiara Bumi

Pemilihan bibit untuk benih harus disesuaikan dengan linkungan, maksud saya, jangan menanam mentimun yang harganya mahal, kecuali lahan yang ditanami mentimun luas, kalau cuma sedikit, ya yang biasa saja, seperti saya ini benih / biji nya saya beli di kios pertanian dengan harga 10 Ribu per sachet. Kalau tidak salah namanya Yupiter, ini merupakan mentimun / ketimun lalap ... Harga pas, petani puas hehehe.

Penanaman mentimun di pematang sawah hanya bisa ditanam satu baris dengan mengikuti lajur pematang sawah

Untuk pemupukan biasanya saya menggunakan pupuk dari NPK (Phonska) Urea/ZA, SP-36, KCI dan pupuk daun masing-masing sesuai kebutuhan dengan takaran perkiraan. Pemberian pupuk dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

Tahap pertama Pupuk dilarutkan dalam air lalu disiramkan disekitar tanaman dengan interval tiap 7 hari sebanyak 2 kali.

Tahap Kedua Untuk selanjutnya pupuk diberikan pada tugalan/larik disekitar 5-10 cm jarak dari tanaman sebanyak 2 pemberian masa tanam. 

 Untuk pengairan saya rasa tidak terlalu difokuskan, karena pada saat penyiraman padi diarea sawah maka pematang sawah akan terkena rembesan atau resapan air.

 Ini ketimun kalau sudah panen bukan bermaksud dijual, untuk lalapan saja, kalau ada yang beli sih ya saya jual saja buahnya hehehe
Share:

Tanggul Leuwinangka sudah selesai tapi air belum sampai

Sampurasun ... Rampes

Blog Mang Yono. Para petani di Kecamatan Pagaden Barat Kabupaten Subang mengeluh, karena sampai saat ini lahan sawah mereka belum mendapat pasokan air dari irigasi yang bersumber dari tanggul Leuwinangka Kelurahan Dangdeur, sebelumnya saya menulis tentang Petani Pagaden Barat sudah mulai konflik akibat berebut air. Padahal sekarang perbaikan tanggul darurat di bendung Leuwinangka telah selesai dan air dari sungai Ciasem sudah bisa masuk saluran irigasi.

Mungkin pembagian air dari irigasi Induk di Cidahu yang jaraknya dekat dengan Bendung Leuwinangka ke beberapa daerah belum merata. Area sawah di beberapa daerah seperti Margahayu, Bendungan, Rawa tirta, Tegal Sungsang, Cimacan, dan Bolang, Kecamatan Pagaden Barat belum mendapat pasokan air.

Tanggul darurat Leuwinangka, Dangdeur, Subang sudah selesai tapi air belum sampai ke Pagaden Barat
Beginilah nasib para petani di kecamatan Pagaden Barat, terutama di daerah pesawahan Gardu, Rawatirta, Tegal Sungsang, Cimacan . Kalau saya di daerah Tegal Sungsang tidak menanam padi, tapi menanam Palawija. ini poto  jepret an di Tegal Sungsang, Kec. Pagaden Barat

Para petani di daerah tersebut pada saat ini masih menggunakan Pompa yang di  pasokan dari sumur pantek/sumur bor untuk mengairi sawahnya supaya tetap hidup tanaman padinya. Setahu saya air dari sungai Ciasem yang masuk ke irigasi sebelum Situ Cijambe melimpah seperti ke daerah Cidahu, Sumurgintung dan sekitarnya cukup besar. Tapi anehnya ke Tegal sungsang, cimacan, Gardu dan rawa tirta kiriman air belum ada sampai sekarang.


Sungai Ciasem yang mengairi daerah sawah blok Cibandung, Gondang, mekarwangi, Bakan Asem, Sumurama sampai ke muara
Air di sawah Cibandung melimpah, dan saya cuma menanam padi di sawah ini, penanaman padi di area cibandung bisa dilakukan 3 kali dalam setahun. Ini poto jepretan di irigasi bersama si ijo. Ciasem di hulu daerah Dangdeur sungai ini dibuat tanggul Leuwinangka dan sebagian dialirkan keirigasi yang mencakup Cidahu, dangdeur, Balingbing, Cidadap, Tegal Sungsang, Cimacan, Situ Cijambe, Bolang, Margahayu, Munjul

Areal sawah yang belum mendapat pasokan air di antaranya Blok Tegal Sungsang, dan Cimacan di Desa Bendungan, serta sawah di Blok Bolang Desa Munjul dan Margahayu. Semoga pihak terkait agar mengatur pasokan air sehingga bisa merata, dan air bisa masuk ke sawah petani di Pagaden Barat. Sebab bila pembagian ari terus tak merata. Seperti saya yang warga Kampung Gardu, Desa Bendungan. Sampai saat ini sawah di Blok Tegal Sungsang belum kebagian air dari Leuwi nangka. Padahal di hulu irigasi air melimpah, dengan kesulitan itu saya batalkan untuk menanam padi di sawah saya yang ada di Blok Tegal Sungsang, meskipun sawah tetangga dan yang lainnya pada ditanami padi, saya malah menanam palawija seperti  Kacang ijo, kacang tanah dan mentimun, karena tanaman palawija tidak membutuhkan air yang banyak, dan air terus menerus . 
Sawah di Blok Cibandung, Kp. Gardu, Des. Bendungan, Kec. Pagaden Barat
Ini sawah saya di daerah Blok Cibandung, cuma ini yang bisa saya tanami dengan padi, karena disawah ini pengairan dari sungai Ciasem yang lancar, meskipun musim kemarau sekalipun air disini tetap ada, sawah di Blok ini bisa ditanami padi 3 kali dalam kurun waktu setahun. Poto ini saya jepret di sawah Cibandung, Kp. Gardu, desa Bendungan, Pagaden Barat, Kab. Subang


Tapi syukurnya saya masih punya sawah di daerah Situ Cibandung yang bisa ditanami padi 3 kali dalam setahun, karena sumber air dari Ciasem cukup lancar. Di hulu tepatnya di dangdeur aliran sungai dibuat tanggul, yang satu mengalir ke daerah cibandung sedangkan aliran sungai satu lagi di alirkan ke situ Cijambe. Apa mungkin air tidak sampai karena sebelum daerah tegal sungsang, cimacan dan bolang, dikarenakan air dari Cidahu, sebelum sampai ke daerah itu terlebih dulu melewati situ Cijambe yang cukup luas, sehingga air dari irigasi mengisi situ tersebut.
Share:

Cuma 10 Menit terima Uang Via Western Union lewat Bank Danamon

Sampurasun ... Rampes

Blog Mang Yono. Tadi pagi saya mencairkan Google Adsense saya di Bank Danamon Jl. Daan Mogot Jelambar dekat Indosiar. Bulan lalu saya mencairkan Google Adsense di Bank Danamon ini juga, dan ini merupakan pendapatan Google Adsense yang ke-2. kalau yang ke-1 ada di postingan saya tentang Cara Mencairkan Uang Google Adsense via WU di Bank Danamon atau dipostingan tentang Cerita perjalanan mendapatkan uang dari Google Adsense

Tadinya saya mau mencoba mencairkan di kantor Pos Jelambar, eh malah pindah alamat, tadinya saya ingin tahu saja gimana cara mencairkan Google Adsense di POS Indonesia. Ya sudah saya langsung ke Bank Danamon saja.

Cuma 10 Menit terima Uang Via Western Union lewat Bank Danamon

Setelah mengisi Form Penerimaan Uang ( To Receive Money Form) saya menghampiri CS (Costumer Service) Bank Danamon “Selamat siang bu “ kata saya.

“Selamat siang Pak” Kata Mbak yang cantik hehehe... Kalau tidak salah namanya Iyu Hanita, nama yang cantik ya, memang pas deh namanya seperti orangnya hehehe.

Langsung saya menyerahkan Form Penerimaan Uang ( To Receive Money Form) yang sudah diisi 

“ Ambil uang dari Google ya pak?” Kata Mbak Iyu Hanita yang cantik

Sambil memeriksa dan mengisi formulir atau apa lah saya gak ngerti, mbak Iyu Hanita yang cantik nanya - nanya ke saya.

“ Pak, memangnya ada kerja apa dengan Google” kata mbak Iyu Hanita

“ Ada Mitra Kerja, saya membuat Blog mbak, tujuan awalnya saya membuat blog sih tadinya buat Diary saya, tapi setelah saya belajar sama Mastah – mastah di dunia maya, saya tertarik dengan Google Adsense” Kata saya jujur.

“ Sebelumnya sudah pernah dapat kiriman uang dari Google?” Kata mbak Iyu Hanita nanya lagi.

“ Bulan sebelumnya yaitu bulan Mei 2014, saya pernah satu kali ambil uang di Bank Danamon ini juga” kata saya dengan jawaban apa adanya.

“ Terus jumlahnya sama USD$ 301,45 juga ? kata mbak Iyu Hanita.

“ Bulan kemarin agak banyakan” kata saya

“ Berapa jumlahnya, Pak?”

Terus saya bilang “ Kasih tahu ndak ya” hehehe.

Mbak Iyu Hanita penasaran “ Berapa jumlahnya, Pak?”

Ya terpaksa saya buka kartu deh “ Jumlahnya sekitar USD$ 924,15 silahkan lihat di Postingan saya sebelumnya, waduh keceplosan hehehe”

“Postingan yang mana pak, saya khan gak tau blognya” Kata Mbak Iyu Hanita.

“ Di Blog Mang Yono, alamatnya mangyono.blogspot.com, blog geratisan sih, disitu adminnya memakai caping bambu” kata saya sedikit promosi blog hehehe.


Eh, Mbak Iyu Hanita ternyata nyatet blog saya hehehe, mungkin nanti mau blogwalking ke blog saya. Saya kira cuma sampai disitu nanyanya, eh nanya lagi.

“Terus gimana caranya buat blog mang?”kata Mbak Iyu Hanita, tadi bilang Pak, sekarang bilang Mang ... hehehe.

“ Saya dulu membuat blog butuh belajar, 3 bulan dengan membaca cara membuat blog, mungkin itu karena saya yang belajar, kalau ibu yang tamatan kuliahan dan pegawai bank mungkin Cuma 3 hari sudah paham tentang cara membuat Blog”

“ Memangnya gampang ya cara membuat blog?”

“ Bagi saya yang lulusan sekolah rendah, itu cukup sulit, tapi saya sering tanya ke orang lain kok katanya gampang sekali, karena cara membuat blog bisa di cari di internet”

“ Oke, mang nanti deh saya akan belajar dan menyempatkan berkunjung ke Blog Mang Yono, memang sih banyak yang mencairkan uang WU di Bank Danamon ini, tapi saya baru nanya - nanya ke Mang Yono tentang blog” kata Mbak Iyu Hanita, sambil menyerahkan berkas ke Bagian Loket. 


Tak smpai 10 Menit saya dipanggil ke Loket dan menerima Uang dari Western Union dari USD$ 301,45 x Rp.11.957 : jadi total yang saya terima Google Adsense di Bulan Juni ini Rp. 3.604.500. Mudah mudahan di bulan berikutnya Google Adsense saya bertambah pendapatannya.


Proses pengambilan Uang via Westeren Union sih cuma 10 menit, tapi sedikit tambahan ngobrolnya . Tapi saya gak apa – apa. Malah seneng bisa ngobrol dengan mbak yang cantik hehehe
Cuma 10 Menit terima Uang Via Western Union
Cuma 10 Menit terima Uang Via Western Union

Berikut ini Layanan dari Bank Danamon tentang Western Union.

Layanan pengiriman dan penerimaan uang ke/dari luar negeri melalui Western Union di Bank Danamon memberikan berbagai keuntungan bagi Anda.

CEPAT
Layanan terima/kirim uang 10 menit* dan uang Anda segera diterima di tempat tujuan setelah pengiriman berhasil dilakukan. Betul sekali ini sesuai pengalaman saya yang sudah 2 kali mengambil kiriman uang dari Adsense.

BEBAS BIAYA
Bebas biaya administrasi untuk setiap transaksi penerimaan uang dari luar/dalam negeri.Betul sekali karena saya menerima jumlahnya persis yang diberikan dari Google Adsense.

BEBAS BIAYA MATERAI
Bebas materai hanya berlaku untuk setiap transaksi penerimaan uang dari luar negeri. Ini juga betul sesuai pengalaman saya, jumlah uang yang diterima tidak ada potongan untuk biaya materai apalagi disuruh beli dulu Materai ke toko sebelah hehehe.

MUDAH
Anda dapat melakukan transaksi penerimaan hanya dengan menunjukkan Kartu Identitas yang berlaku dan melengkapi formulir aplikasi pengiriman/penerimaan tanpa harus memiliki rekening Bank. Betul sekali tadinya saya was – was apakah bisa mengambil uang Via Westeren Union dengan KTP daerah, setelah saya coba ternyata bisa.

AMAN
Hanya penerima yang ditunjuk yang dapat menerima kiriman uang Anda dan setiap pengiriman dilindungi sistem keamanan kelas dunia dengan adanya Money Transfer Control Number (MTCN), yang berlaku sebagai nomor identitas transaksi Anda.



Perhitungan Layanan 10 menit dimulai setelah Bank menerima formulir aplikasi yang telah diisi dengan lengkap dan benar dan diverifikasi oleh Bank Danamon hingga transaksi dinyatakan selesai/berhasil oleh Bank (Nasabah menerima bukti transaksi). Perhitungan waktu tersebut tidak termasuk jika terjadi force majeure atau pelaksanaan transaksi yang memerlukan konfirmasi lebih lanjut kepada pihak Western Union dan/atau pihak terkait lainnya. 

Dengan postingan ini saya tidak bermaksud menyombongkan diri, karena masih banyak diluaran sana, para master yang pendapatannya lebih besar dari saya, saya cuma ingin memposting cerita tadi saat pengambilan WU di Bank Danamon dengan Mbak yang cantik saja, tapi sayang saya gak bawa kamera, tadinya kalau bawa mau saya jepret - jepret  ... hehehe. Khan tujuan awal ngeblog saya menjadikan blog Mang Yono ini sebagai Diary. Betul tidak?



Baca juga : 


Baca juga pembayaran bualanan Google Adsense saya dari tahun 2014 sampai dengan tahun ini:
Pembayaran Google Adsense tahun 2014 
Gaji Pertama Dari Google Adsense Bulan Mei 2014
Pembayaran Google Adsense Bulan Juni 2014.
Pembayaran Google Adsense Bulan Juli 2014.
Pembayaran Google Adsense Bulan Agustus 2014.
Pembayaran Google Adsense Bulan September 2014.
Pembayaran Google Adsense Bulan Oktober 2014.
Mencairkan Google Adsense Bulan November 2014
Mencairkan Google Adsense Bulan Desember 2014

Pembayaran Google Adsense tahun 2015
Pembayaran Google Adsense Bulan Juli 2017
Pembayaran Google Adsense Bulan Agustus 2017

Share: