--> Skip to main content

Melati Merah, Melati Belanda , Melati India, Jasmine Sambac.

Sampurasun ... Rampes .. 

Blog Mang Yono. Bunga melati adalah bunga yang selalu banyak peminatnya termasuk admin Blog Mang Yono hehehe. Di Indonesia bahkan di kampungsaya yang termasuk pelosok negeri pun bunga melati ini ada, bunga ini sering digunakan dalam acara-acara adat atau acara keagamaan. 

Selain itu, bunga melati banyak ditanam dan dibudidayakan sebagai tanaman hias. Banyak yang membuat taman mini yang isinya termasuk bunga melati termasuk saya tentunya hehehe. Baca Bunga Melati Belanda / Quisqualis indica/ Chinese Honeysuckle yang menawan hati

Bunga Melati Merah, Melati Belanda , Melati India, Jasmine sambac ditanam di depan rumah saya
Bunga Melati Merah, Melati Belanda , Melati India, Jasmine sambac ditanam di depan rumah saya


Baca Cara Untuk Menjadikan Bunga Melati Belanda Biar Berbunga Lagi Dan Cara Pemisahan Anakan Dari Indukan Bunga Melati Belanda.


Sesuai yang saya ketahui ada banyak sekali jenis bunga melati, salah satunya yaitu bunga melati merah yang saya punya. Bunga melati merah memang tidak setenar bunga melati putih ini juga saya punya walau saya suka jengkel dengan bunga ini, karena daunnya pasti habis dimakan ulat hehehe, bahkan bunga melati putih ini yang banyak ditemui di seluruh penjuru Indonesia. Tetapi bunga melati yang berwarna merah ini juga tak kalah peminatnya dan tetap banyak yang menyukainya karena warnanya yang unik dan memikat hati yang melihatnya, wanginya pun hampir sama. Gak percaya?. Mampir yuk, kerumah saya hehehe.

Menurut yang pernah saya baca di Google, Bunga melati memiliki nama latin Jasmine sambac. Bunga melati yang berwarna merah sering dikatakan juga sebagai bunga melati Belanda (Quisqualis indica). Yang unik dari bunga melati ini adalah warnaya kombinasi dari warna merah, putih, hijau dan merah muda. Pokonya warna bunga melati ini memang sangat menarik hati.
Bunga Melati Merah, Melati Belanda , Melati India, Jasmine sambac di Rumah saya
Bunga Melati Merah, Melati Belanda , Melati India, Jasmine sambac di Rumah saya


Baca Cara memperbanyak, menanam dan merawat bunga melati Belanda.

Yang unik lagi dalam satu tangkai bunga melati merah ini terdapat sejumlah bunga yang terlihat indah dan menawan dan bikin jatuh hati. Untuk mendapatkan hasil bunga yang optimal, sebaiknya bunga ini terkena sinar matahari yang cukup, jangan di tanam ditempat teduh.

Bunga melati merah / Melati Belanda memiliki ciri-ciri yang sedikit berbeda dengan melati lain. Dimana bunga mekar pada satu tangkai yang jumlahnya bergerombol. Dan yang lebih unggul lagi tanaman bunga melati ini juga lebih banyak memiliki bunga dibanding melati lainnya. Jadi pada tangkai yang memanjang terdapat kuntum – kuntum bunga melati yang aduhai.

Biasanya bunga melati ini bunganya berwarna merah atau merah muda. Untuk bagian-bagian bunga ini hampir sama dengan melati lain yaitu tangkai berkayu, daun kecil, bunga seperti terompet, berbiji tapi saya belum pernah melihat bijinya ding hehehe. Tanaman ini juga bisa mencapai tinggi sampai bermeter – meter, seperti pada poto dibawah ini, bunga melati ini saya tanam di bawah terus dirambatkan ke latai dua “ Gubuk “ saya.

Bunga Melati Merah, Melati Belanda , Melati India, Jasmine sambac di rambatkan ke lantai dua Rumah saya
Bunga Melati Merah, Melati Belanda , Melati India, Jasmine sambac di rambatkan ke lantai dua Rumah saya

Baca Cara Menanam Bunga Melati Belanda dengan Media Pot

Kelopak bunga Bunga melati Merah ini berbeda dengan bunga melati pada umumnya, berbentuk lurus dan tidak runcing pada ujungnya. Bahkan ada juga orang yang menyebut bunga ini dengan sebutan bunga melati India. Ya sudah, mau bilang Bunga Bunga Melati Merah, Melati Belanda , Melati India, Jasmine sambac yang penting ini melati khan?. Hehehe. 
Bunga Melati Merah, Melati Belanda , Melati India, Jasmine sambac ditanam dan dirambatkan didepan pintu dapur Rumah saya
Bunga Melati Merah, Melati Belanda , Melati India, Jasmine sambac ditanam dan dirambatkan didepan pintu dapur Rumah saya

Bunga kuncup dari melati merah ini yaitu berwarna hijau, setelah mekar warnanya merah merona, kemudian lama-lama pudar dan warnanya menjadi merah muda sampai pada akhirnya berwarna putih. Itulah kenapa bunga ini memiliki keunikan tersendiri.... Penasaran ?. Mampir yuk, kerumah saya heheheh.
Bunga Melati Merah, Melati Belanda , Melati India, Jasmine sambac dirambatkan didepan pintu dapur Rumah saya
Bunga Melati Merah, Melati Belanda , Melati India, Jasmine sambac dirambatkan didepan pintu dapur Rumah saya


Baca juga :  
Growing Rangoon Creepers in my house 
Melati Merah, Melati Belanda , Melati India, Jasmine Sambac.
Tanaman Melati Belanda (Chinese Honeysuckle) 
Bunga Melati Belanda / Melati Merah (chinese honeysuckle)  
Cara Perbanyakan Bunga Melati Belanda (Chinese Honeysuckle) Dengan Stek Akar 
Cara Menjadikan Bunga Melati Belanda Berbunga Lagi & Cara Pemisahan Anakan Dari Indukan 
Cara memperbanyak, menanam dan merawat bunga melati Belanda. 
Bunga Melati Belanda sebagai peneduh Pergola dan Torn Air. 
Cara Menanam Bunga Melati Belanda dengan Media Pot 
Bunga Melati Belanda / Quisqualis indica/ Chinese Honeysuckle yang menawan hati 
Cara Perbanyakan / Pembibitan Bunga Melati Belanda Dengan Stek Batang 
Bunga Melati Belanda sangat disukai burung Pipit untuk membuat sarang. 
Tanaman Bunga Melati Belanda di Rumah sederhana... Tapi terlihat cantik, feminine dan romantis. 
Cara Untuk Menjadikan Bunga Melati Belanda Berbunga Lagi Burung Pipit Peking Bersarang Di Pohon Melati Belanda 
Pergola Cantik Dengan Tanaman Hias Rambatan
  

 Jual bibit Bunga Melati Belanda / Quisqualis indica/ Chinese honeysuckle



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments