Skip to main content

Bunga Melati Belanda sebagai peneduh Pergola dan Torn Air.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Melati Belanda mungkin sudah lama dikenal sebagai tanaman rambat pagar halaman.

Pemanfaatan melati belanda jenis merambat juga bisa ditempatkan dalam pot. Tambahkan kawat penyangga berbentuk payung dan koreksi tiap 1 bulan sekali untuk mempertahankan bentuk. Secara keseluruhan, melati belanda cocok dimanfaatkan sebagai pemanis rumah dalam pot maupun ditanam langsung.

Bukan hanya dari karakter fisiknya saja yang membuat tanaman ini fleksibel dimanfaatkan sebagai tanaman outdoor. Sifatnya yang tahan hama dan tidak rewel juga diperhitungkan sebagai tanaman pemanis rumah yang ditanam langsung di tanah.

Bunga Melati Belanda sebagai peneduh Pergola, Kanopi dan Torn Air.
 Bunga Melati Belanda sebagai peneduh Pergola, Kanopi dan Torn Air. Kalau Foto ini yaitu bunga melati belanda yang ditanam untuk peneduh di kanopi dapur.

Akar tanaman melati belanda cukup kuat, musuh alaminya juga tidak terlalu banyak dan mengganggu. Musuh alami yang paling banyak bagi melati belanda adalah belalang dan ulat.

Untuk mengatasinya, cukup gunakan insektisida 1/2 takaran secara berkala, 2 minggu sekali. Atau memakai ramuan alami dari bawang putih. Silahkan baca di postingan saya yang berjudul Cara membasmi hama tanaman dengan bawang putih.

Bunga melati Belanda berbunga tiada henti. Keistimewaan tanaman semak ini memang terletak pada bunganya yang bergradasi dalam satu dompol. Bentuknya sekilas mirip bunga asoka (Ixora), namun beraneka warna.

Aneka warna bunga ini dihasilkan dari proses penuaan bunga. Bunga yang baru keluar akan berwarna merah, lalu akan pudar ke arah pink muda. Sekali keluar, bisa menghasilkan banyak kuntum bunga dalam satu dompol dan berbunga tiada henti.

Bila ditanam dalam pot besar dan berbunga bersama-sama, melati belanda akan menebarkan wangi semerbak, terutama di pagi hari.

Lakukan pemangkasan untuk mempertahankan bentuk yang diinginkan. Jangan lupa, persiapkan penambahan media tanam atau memindahkan ke dalam pot yang lebih besar bila daunnya sudah mulai kurang rimbun atau tanaman mulai penuh.

Upayakan selalu men­dapat sinar matahari langsung, karena tanaman ini penyuka cahaya. Bila ingin menjadikannya hiasan beranda, sebaiknya pagi dan sore hari dikeluarkan untuk mendapat sinar matahari langsung.

Selamat bertanam bunga... Biar gak penasaran dengan tanaman bunga melati belanda di rumah saya silahkan ditonton vidio Bunga Melati Belanda


Baca juga :   



........
Nah, biar gak penasaran silahkan tonton vidionya DISINI atau dibawah ini
...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar