Bunga Melati Belanda / Quisqualis indica/ Chinese Honeysuckle yang menawan hati

Sampurasun … 

Ngomong – ngomong soal bunga Melati Belanda yang mempunyai nama keren Quisqualis indica.   Tanaman Melati Belanda sering disebut dengan nama Chinese Honeysuckle. Tanaman Melati Belanda memiliki warna yang sangat menarik, terutama karena kombinasi warna bunganya.    Dalam setangkai merupakan campuran warna merah,  pink, putih dan hijau. bisa lihat juga pada postingan sebelumnya di Blog Mang Yono tencang Cara merawat dan memperbanyak Bunga Melati Belanda, Cara Menanam Bunga Melati Belanda dengan Media Pot.

Keistimewaan tanaman Melati Belanda ini memang terletak pada bunganya yang bergradasi dalam satu dompol. Bentuknya sekilas mirip bunga asoka (Ixora), namun beraneka warna. Aneka warna bunga ini dihasilkan dari proses penuaan bunga. Bunga yang baru keluar akan berwarna merah, lalu akan pudar ke arah pink muda. Sekali keluar, bisa menghasilkan banyak kuntum bunga dalam satu dompol dan berbunga tiada henti, melati belanda akan menebarkan wangi semerbak, terutama di pagi hari.

Bunga Melati Belanda / Quisqualis indica/ Chinese Honeysuckle yang menawan hati

Untuk mempertahankan keindahannya, tak perlu cara yang rumit. Yang jelas tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang banyak untuk mengoptimalkan keberhasilannya dalam memamerkan keindahan bunganya. Dan tentunya karena batangnya yang lemah, sebaiknya memang ditanam didekat pagar atau dibantu tiang penyangga agar memiliki tempat bersandar. 

 
Bunga Melati Belanda depan dapur Mang Yono
Bunga Melati Belanda depan dapur Mang Yono


Kalau kita melintas di dekatnya, bukan saja kita melihat pemandangan yang cantik romantis, namun dari bunga yang berbentuk tabung mekar ini sayup-sayup juga tercium wangi yang lembut. Sangat cocok dimanfaatkan untuk mengundang kupu-kupu, burung - burung agar datang ke halaman rumah kita.


Bunga melati belanda dirambatkan ke lantai atas
Bunga melati belanda dirambatkan ke lantai atas


Tapi setelah bunga mekar dan layu , kita perlu pemangkasan terhadap cabang atau ranting agar tumbuh bakal – bakal cabang baru dan akhirnya berbunga kembali. 


poto bunga melati belanda setelah pemangkasan tanggal 16 pebruari 2014
Poto bunga melati belanda setelah pemangkasan tanggal 16 pebruari 2014

Setelah sebulan kemudian akan terlihat tunas dan cabang serta daun muda.

Nah, setelah sebulan kemudian maka kuntum – kuntum bunga akan tumbuh dan mekar, harum mewangi.

Setelah bunga – bunga mekar maka akan banyak kupu – kupu yang menghampiri, burung yang membuat sarang, bahkan orang juga banyak yang larak – lirik sampai kakinya kesandung karena keseringan melirik hehehe.




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar