logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Seri 72 - Dongeng Wa kepoh - Si Rawing Kiwari

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Ahmad Sutisna alias Wa Kepoh Tokoh pendongeng Sunda legendaris, tutup usia Pada hari Sabtu (28/12/2013). Penyiar yang terkenal dengan cerita radio 'Si Rawing' ini meninggal dunia pada usia 65 tahun.

Wa Kepoh Meninggal dunia di rumahnya di Kompleks Permata Indah Arcamanik Blok D No 9. Wa Kepoh meninggal dunia karena sakit yang dideritanya. Bagi masyarakat Jawa Barat generasi tahun 80-an, nama Wa Kepoh bukalah nama yang asing. Saat itu, hampir disemua  radio di daerah Jawa Barat menyiarkan dongeng Wa Kepoh dengan jam yang berbeda dan judul yang sama .

Seri 72 - Dongeng Wa kepoh - Sirawing Kiwari
Seri 72 - Dongeng Wa kepoh - Sirawing Kiwari 

Lihat juga : 
Seri 71 - Dongeng Wa kepoh - Si Rawing Kiwari
Seri 72 - Dongeng Wa kepoh - Si Rawing Kiwari
Seri 73 - Dongeng Wa kepoh - Si Rawing Kiwari
Seri 74 - Dongeng Wa kepoh - Si Rawing Kiwari
Seri 75-76 - Dongeng Wa kepoh - Sirawing Kiwari
Seri 77 - Dongeng Wa kepoh - Si Rawing Kiwari
Seri 78 - Dongeng Wa kepoh - Si Rawing Kiwari
Seri 79 - Dongeng Wa kepoh - Si Rawing Kiwari  
Seri 80 - Dongeng Wa kepoh - Si Rawing Kiwari 
Seri 81 - Dongeng Wa kepoh - Si Rawing Kiwari 

Wa Kepoh pandai membuat berbagai karakter suara untuk menciptakan sebuah cerita hingga begitu menarik. Karakter kakek-kakek, nenek-nenek, bapak-bapak, ibu-ibu, pemuda, remaja hingga anak kecil bisa ia tirukan seolah terdapat banyak tokoh di dalam mulutnya.

Untuk mengenang Wa Kepoh sang pendongeng Sunda legendaris, saya akan posting tentang dongeng Sirawing Kiwari Bagian Ke 72.

Dalam cerita dongeng Bagian ke 72 ini diceritakan :

Saraswati istrinya si Rawing yang diculik oleh Jalu Rampang. Mak Ukem pembantunya Jalu Rampang masuk ke kamar tempat penyekapan Saraswati yang dalam keadaan lemas akibat di totok urat nadi lehernya.

Mak Ukem bermaksud menolong Saraswati dengan mengambil batu mustika Penolak bala yang disimpan di kamar pusaka Jalu Rampang. Setelah masuk ke kamar pusaka mak Ukem langsung mengambil kanjut kundang dan melihat dua batu mustika dan mengambil yang berwarna merah. 

Karena mak ukem sempat melihat Jalu Rampang mengobati orang yang kena pengaruh ilmu orang lain, yaitu dengan cara menggosokan ke urat nadi leher Saraswati ...  Dan akhirnya Saraswati sembuh dari pengaruh ilmu Jalu Rampang. 

Nah, biar gak penasaran silahkan lihat vidio dibawah ini ....



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger