Skip to main content

Seri 74 - Dongeng Wa kepoh - Si Rawing Kiwari

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Ahmad Sutisna alias Wa Kepoh Tokoh pendongeng Sunda legendaris, tutup usia Pada hari Sabtu (28/12/2013). Penyiar yang terkenal dengan cerita radio 'Si Rawing' ini meninggal dunia pada usia 65 tahun.

Bagi masyarakat Jawa Barat generasi tahun 80-an, nama Wa Kepoh bukalah nama yang asing. Saat itu, hampir disemua  radio di daerah Jawa Barat menyiarkan dongeng Wa Kepoh dengan jam yang berbeda dan judul yang sama .



Seri 74 - Dongeng Wa kepoh - Sirawing Kiwari
 Seri 74 - Dongeng Wa kepoh - Sirawing Kiwari 


Wa Kepoh pandai membuat berbagai karakter suara untuk menciptakan sebuah cerita hingga begitu menarik. Karakter kakek-kakek, nenek-nenek, bapak-bapak, ibu-ibu, pemuda, remaja hingga anak kecil bisa ia tirukan seolah terdapat banyak tokoh di dalam mulutnya.

Untuk mengenang Wa Kepoh sang pendongeng Sunda legendaris, saya akan posting tentang dongeng Sirawing Kiwari Bagian Ke 74.

Dalam cerita dongeng Bagian ke 74 ini di ceritakan :

Setelah pertarungan Si Rawing dengan ki Jalu Rampang, ma Ukem pembantunya ki Jalu Rampang bilang Saraswati istrinya Si Rawing sudah pergi dari tempat itu .... 

Warga kampung meminta Si Rawing untuk menggantikan ki Jalu Rampang menjadi ketua kampung, namun si Rawing menolaknya secara halus.

Di kampungnya Si Rawing diceritakan Marlan saudaranya Si Rawing kedatangan  gerombolan Gempar Karoban yang di ketuai ki Jaro yang di utus olah ki Jembros ....

Nah, biar gak penasaran silahkan lihat vidio DISINI atau dibawah ini ....


Lihat juga : 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar