Lemang Makanan Khas Malingping Banten Selatan

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes... 

 

Pagi – pagi Hp jadul saya berdering...  beeerr kwkwkwk... beeerrr kwkwkwkw ...

 Pas saya terima, ternyata saudara saya, ngabarin mau pulkam dengan keluarganya.

 

Lemang Makanan Khas Malingping Banten Selatan

 “Assalamu'alaikum .... Halooo... kasep, gimana kabarnya?” suara dari seberang sana.
Wa 'alaikum salam wa rahmatullah... Haloo uga... Mang, Alhamdulillah sehat” Jawab orang kasep hehehe...

Nanti, mamang mau pulang ke Subang sama keluarga... terus mau pesen oleh – oleh apa?

Ndak usah merepotkan mang, ndak usah... Kalau ada belikan LEUMEUNG Malingping saja hehehe” jawab saya dengan menolak dan meminta secara halus hehehe

Share:

Angkutan Umum Jakarta sering mogok dijalan perlu diganti atau dihilangkan

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes...  


Ini ceritanya hari selasa 30 Juli 2013  diperjalanan menuju kantor Pelayanan Pajak Grogol Petamburan, tiba - tiba greeek angkutan umum Kopaja 88 yang saya tumpangi berhenti di depan kampus Tarumanagara Grogol dengan mesin mati “ waduh, mana harus cepet – cepet ke kantor Pajak”. 

 

Memang sih tidak begitu jauh dari Kampus Tarumanagara ke kantor pajak kira – kira 1 KM lumayan kan kalau jalan kaki, apalagi perut kosong hehehe... 



Angkutan Umum Jakarta sering mogok dijalan perlu diganti atau dihilangkan

Biasanya sih saya naik Transjakarta berhubung males harus antri dan transit di grogol, jadi coba naik Kopaja 88 jurusan Kalideres – Slipi kok bisa ya di Jakarta masih ada angkutan umum yang rombeng dan sering mogok hehehe... Katanya ada program pemerintah DKI tentang peremajaan metromini dan kopaja. Katanya akan diganti metromini lama dengan yang baru dan layak. Target pertahunnya ada 1000 bis yang diganti. Kok belum ya heheh... mungkin belum setahun atau belum kebagian saja hehe... tapi udah ding.. seperti Kopaja S-13 Grogol - Ragunan

Denger - denger katanya Kopaja kedepannya menggunakan jalur Transjakarta... tapi baru katanya... hehehe

Share:

Nasi Liwet Dan Ayam Bakar Bumbu Cobek

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes... 


Suasana malam di kampung yang dingin serta di temani hujan rintik – rintik ..tik... tik.. bunyi hujan diatas genting haha.. 

 

Sambil ngobrol dengan tetangga selepas shalat tarawih, tadinya sih cuma bikin api unggun untuk menghangatkan badan sambil seruput kopi panas, eh ada tetangga yang nyeletuk..


                               yang di poto ayam belum dibakar hehe

“ Hujan – hujan gini enaknya bakar apa ya?”
“ Bakar jagung lebih pas, tapi jagungnya kagak ada, ya sudah kagak jadi dah”
“ Lebih pas bakar ayam dan bikin nasi liwet, bagai mana setuju?” Kata abah tetangga sambil melirik ke kandang ayam milik saya.

Hahaha  dari pada semua yang ngobrol pada cemberut kayak marmut, ya sudah akhirnya, saya merelakan satu ekor ayam kampung untuk di potong dan dibakar dengan bumbu yang seketemunya eheheh... dari pada bangunin istri dan nanya bumbu, nanti malah bumbu yang dikasih bumbu mimpinya hehe... kalau nasi liwet sih gampang, kata yang sudah bisa heheh...

Nasi liwet dan ayam bakar bumbu cobek

Cara membuat nasi liwet ala mang yono  yaitu  beras dicuci bersih tiriskan tambahkan santan dari ½ butir kelapa pandan kira kira 2 lembar, daun salam 2 lembar juga, 1 batang sereh (serai) dimemarkan, garam secukupnya

Cara memasaknya  yaitu Masak beras bersama bahan lainnya dengan api sedang sampai mendidih sambil sesekali diaduk.Setelah santan agak mengental (cairan tinggal sedikit), kecilkan apinya, masak dengan cara diliwet selama kurang lebih 1 jam.


Nah kalau untuk ayam bakarnya dengan bumbu sekenanya hehehe
1. Cuci bersih ayam, lumuri air jeruk nipis dan garam, diamkan sebentar. Cuci
bersih kembali,  lumuri dengan kunyit yang sudah dihaluskan.
2. Siapkan bara api, panggang ayam. Selama memanggang olesi dengan
 Panggang ayam hingga berwarna agak gelap,
angkat dan potong - potong. 



Ini untuk membuat bumbu cobeknya atau bumbu kuah ayam bakar
Iris 4 cabai merah besar, 10 cabai rawit merah, 10 butir bawang merah, campurkan kecap kira – kira 200cc atau 1 gelas, tambahkan   1/2 sdt garam, memarkan 1 rimpang  jahe.

Share:

Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Subang Jawa Barat Periode 2013 - 2018

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes... 

 

Pemilihan untuk Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Subang Jawa Barat Periode 2013 - 2018 yang akan dilaksanakan pada Hari Minggu Tanggal 8 September 2013 


Berikut hasil 6 calon dari pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati Subang:


Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Subang Jawa Barat Periode 2013 - 2018




Share:

Manfaat Dan Khasiat Dari Asam Jawa

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes... 


Sobat sudah pada tahu kan Asam Jawa? .... Betuuuul, asam jawa biasa dipakai untuk campuran sayur asem, tapi bukan sayur kemarin yang sudah basi hahaha.....  


Asam Jawa Juga bisa dibuat Rujak lhoo...


Manfaat Dan Khasiat Dari Asam Jawa
 Ini Rujak Asam buatan Istri saya... biar Rujaknya asem tapi terasa manis sambil pandangi wajahnya eheheh..


Istri saya sering membuatkan sayur asem (Sayur Haseum ; Bahasa Sunda), rasanya yang sedikit asem namun nikmat apalagi makannya di saung sawah atau pematang sawah ditemenin ikan asin dan sambal terasi .. wiiih mantap surantap dah. 

Nah berhubung mamang nulis ini pas bulan puasa Ramadhan, jadi mohon maaf saja yah, jangan terlalu dihayalkan karena bikin ngilu di gigi ( Bahasa Sundanya Muruy ).

Ternyata ... eh ternyata Asam jawa ini banyak khasiat dan manfaatnya lhoo, ini sesuai pengalaman mamang dan tetangga sebelah hehehehe

Asam Jawa bisa untuk obat Penurun Panas atau sakit tenggorokan dan suara serak akibat karokean, baca Al-Quran, penyanyi, sinden dan sejenisnya yang berkaitan dengan suara, bisa juga yang habis ikutan Demo hehehehe. 


Caranya ; ambil 2 polong buah asam jawa yang telah masak dikupas kulitnya , garam secukupnya, bisa ditambahkan juga potongan cabe rawit, tapi ndak pakai cabe rawit juga ndak apa - apa. Kedua bahan tersebut disedu dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Hasil saringan diminum biasa. Ibu hamil tidak diperkanankan minum minuman ini karena bisa berkaibat fatal bagi kandungan. Ini mamang dapatkan dari sinden dan dalang wayang golek, bukan dalang kerusuhan lhoo hehehe.. kalau saya biasanya takaran asam jawanya lebih banyak dan kental namanya juga rujak Asam jawa hehehe.

Untuk luka baru juga bisa
Caranya; ambil daun asam jawa secukupnya dikunyah atau dilumat, lalu tempelkan pada luka.

Nah ini untuk yang senang bermain main dengan lebah terus kena sengatan lebah heheheh... Caranya ; ambil  5 biji asam jawa dan minyak kayu putih secukupnya. Biji asam jawa ditumbuk halus. Bagian yang bengkak dibersihkan terlebih dahulu dengan kain yang dibasahi dengan minyak kayu putih, kemudian ditempeli dengan bubukan biji asam jawa tersebut. Ini mamang dapatkan dari tukang mancing yang suka ngambil sarang lebah hehehe

Share:

Pencemaran Udara Dari Limbah Pertamina Di Cidahu Subang

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes... 

Akhir – akhir ini warga desa Cidahu, Kecamatan Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat menderita penyakit instalasi saluran pernafasan (ispa), akibat limbah udara  PT Pertamina (persero).


Warga langsung terkena sesak nafas, mual-mual hingga muntah. Harusnya pihak Pertamina melakukan pengobatan geratis minimal 6 bulan sekali. Desa Cidahu dengan kampung Mamang kira – kira 12 km dan harus melewati satu desa, Alhamdulillah pencemaran udara dari limbah Pertamina ndak sampai ke kampung mamang, tapi pipa saluran gasnya lewat kampung mamang. 



 
Pencemaran Udara Dari Limbah Pertamina Di Cidahu Subang
Lokasi Pertamina Cidahu Subang


Share:

Laporkan saja Ke Google Kalau Blog Kita Di Copas (Copy Paste - 3)

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes... 

  

Blog saya ada yang copas lagi nih, ini yang ketiga kalinya copas blog Mang Yono.. kalau ada waktu nanti mau saya laporkan saja ke Mbah Google, sepertinya orangnya itu - itu saja

 

 Siapa tahu blog sobat juga ada yang copas, nah untuk melaporkannya bisa KLIK DISINI 

Laporkan saja Ke Google Kalau Blog Kita Di Copas (Copy Paste - 3)

Share:

Tradisi Memberi Beras Pada Acara Hajatan Di Pagaden Barat

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes...  


Panen padi kecamatan pagaden barat sedang berlangsung, meskipun bulan puasa Ramadhan tapi tetap panen padi dilaksanakan. meskipun tidak serempak, karena dibeberapa tempat atau desa padinya belum siap dipanen. 


Biasanya pada musim panen atau setelah musim panen padi seperti ini, acara hajatan diadakan entah itu hajatan sunatan anak, perkawinan atau syukuran, atau bahkan membangun rumah. 

 

radisi Memberi Beras Pada Acara Hajatan Di Pagaden Barat

Share:

Panen Padi Pagaden Barat Pas Bulan Puasa Ramadhan

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes...  

Memasuki Kampung Gardu Desa Bendungan di Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang


Mata termanjakan oleh hamparan kuning pesawahan dan sebagian mulai di panen oleh para petani termasuk Mang Yono juga ikut – ikutan panen padi.

Panen Padi  Pagaden Barat Pas Bulan Puasa Ramadhan

 Berpose dengan anak perempuan. 
Aslinya ingin punya anak perempuan eheheh



Alhamdulilah panen padi berjalan dengan lancar meskipun Panen pada bulanpuasa Ramadhan dan tetap menjalankan ibadah puasa para pekerja melakukan pemanenan padi pada waktu malam hari setelah shalat Tarawih atau dini hari sebelum sahur atau bahkan melakukan sahur di sawah.

Desa Bendungan, sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani. Hamparan sawah, kebun dengan komoditi lainnya

Satu hektar lahan padi dengan menanam benih jenis si Denok bisa mencapai hasil panen sekitar 6 - 7 ton per hektar.

Kenaikan harga beras di pasaran memicu naiknya harga gabah di tingkat petani, dan berbeda dengan panen sebelumnya harga gabah yang anjlok. Alhamdulillah. Di Kampung mamang,  sejumlah penggilingan beroperasi kembali karena mulai ada stok gabah lagi.

Alhamdulillah mamang hari Sabtu 20 Juli 2013 ikutan panen padi juga, walau sawah tidak luas, tapi bisa ikut – ikutan jual gabah ke tengkulak, gabah basah ( tapi tidak diguyur air dulu tentunya ehehee). dengan harga Rp.4000/ kilogram itu dengan padi si Denok sedangkan untuk padi Ketan dengan harga Rp. 5000/ kilogram dan sisanya cukup buat makan untuk waktu tiga bulan kedepan serta kasih keorang yang hajatan ( Tradisi di kecamatan Pagaden Barat kalau ada yang hajatan pada kasih beras dan bila kita mau hajatan bisa di Tagih).

Share:

Apa Dampaknya Blog Kita Di Copas (Copy Paste - 2)

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes...

Tulisan di  Blog Mang Yono ada yang Copas lagi... Dulu sebelumnya pernah ada yang Copas... Sekarang blognya sudah terhapus, setelah mamang laporkan ke Pihak berwajib yaitu Mbah Google... 

Ehh sekarang nemu lagi yang copas nama alamat Blognya http://tanamandanmanusia.blogspot.com sekarang malah lebih parah dari dahulu, dulu aku seorang pengamen hahah itu lagu Tegar heheh...* ketawa aja si mamang, padahal sedih* ... oooh tidak mamang lama di Banten... * karena di Subang bosen jadi pengangguran hehehe*....  Dah ah malah ngelantur hehehe....



Pendekar Yono siap - siap mengeluarkan tenaga dalam.. Jangan lihat terus bibir dan alisnya ya hehehe. 


Yang copas artikel dan postingan mamang ini nih potonya. Yang di copas ndak tanggung - tanggung 160 postingan di Blog Mang Yono, ketauannya tadi pagi pas mamang bangun pagi langsung buka Kompi langsung ngecek Postingan Mamang di pencarian Mbah Googel eh nemu blog ini ... sungguh terlaaaaluu.. Klik pada poto Bila kurang jelas atau rumeuk..  heheh
Apa Dampaknya Blog Kita Di Copas (Copy Paste - 2)
Jumlah Blonya dia ada 38 Blog... heran kan... Jangan - jangan Postingan  punya sobat - sabit juga ada di sini.. coba di cek ya.....  

Dan ini Postingan mamang yang di copas dari mulai Postingan awal sampai ke Bulan Juli, tapi yang jadi heran, mamang buat blog Mang Yono bulan Februari, tapi di blog tukang copas kok dibulan Januar1.. * Sambil Garuk garuk kepala eheheh* ini coba lihat nama Blognya "tanaman".

(Copy Paste - 2)

Cuma tampilan blognya bagusan punya mamang kan hehehe ..  * menghibur diri * 

Dan ini postingan yang terakhir dia copas:

Apa Dampaknya Blog Kita Di Copas

Keterlaluan nih orang, kalau tau orangnya mau mamang ajakin panco dan adu tenaga dalam kalau mamang kalah tinggal Nenjrag bumi tilu kali bari nyebut kang Cilembu Ubi ... ubi... ubi.. ubi.. kirim 5 kilo..... hehe...

Share:

Khasiat Dan Manfaat Dari Kopi

Assalamu'alaikum... Sampurasun ... Rampes...

 Khasiatdan manfaat dari kopi ternyata tak hanya sebagai obat penahan kantuk.


Salah satu Manfaat Kopi ialah dapat dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan terutama dapur, bau tak enak dari kulkas atau lemari makan sobat - sabit dapat teratasi dengan kita meletakkan segelas kopi bubuk di area dapur yang bau, tapi jangan diseduh ya apalagi pakai gula nanti malahan ada yang minum hehehehe.

Khasiat Dan Manfaat Dari Kopi

Kalau untuk mengusir semut Taburkan sejumput bubuk kopi ke area ruangan yang di manfaatkan semut sarang  berkumpulnya  semut, hasilnya  semut pun enggan untuk balik lagi.


Sebagai obat anti depresi, kafein pada kopi berfungsi merangsang suasana hati kita menjadi lebih rileks, nyaman, aman, tentram, gemah ripah repeh rapih hehehe .... kopi dapat menangkal kerusakan sel otak dan mampu merangsang kerja jaringan saraf kita lebih baik, jadi depresi hilang suasana hatipun jadi tenang, riang gembira tralalaaa... trililiii hahaha , asal di konsumsi dengan benar tidak berlebihan ya.


Nah untuk Ibu Hamil, tidak dianjurkan bagi seorang ibu hamil mengkonsumsi kopi karena dapat menyebabkan keguguran.... katanya  sob... katanya... hehehe
 Kopiah.. Mang Yono



Share:

Zakat fitrah untuk Ramadhan tahun ini di Kabupaten Subang

Assalamu'alaikum... Sampurasun ... Rampes...  

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Subang, sudah menetapkan nominal besaran zakat fitrah untuk Ramadan tahun ini. Kalau dinominalkan secara uang, untuk besaran zakat fitrah di kabupaten Subang sudah ditetapkan yaitu Rp25 ribu. Harga terbaru di Disperindag Subang, untuk harga bahan pokok beras rata-rata satu kilogramnya Rp10 ribu. 


Kalau pakai beras 2,5 kilogram, biasanya sih mamang pakai beras 3,5 liter, mungkin tahun ini juga tetap pakai beras, dan Alhamdulillah besok di tempat mamang merupakan panen padi, mudah – mudahan yang memanen padi selalu dalam kesehatan dan dikuatkan berpuasanya... Amiin 


Zakat fitrah untuk Ramadhan tahun ini di Kabupaten Subang
Panen padi kecamatan Pagaden Barat kabupaten Subang

Share:

Jatuh Cinta kepada Ibu Guru Yang Mirip Bibi Lung

Jatuh Cinta kepada Ibu Guru Yang Mirip Bibi Lung

Ini kisah sekitar tahun 1993 sa’at Yono  pakai seragam putih biru dan duduk di bangku sekolah SMP kelas 3 kalau sekarang katanya kelas IX hehehe. 

Tapi ndak  apa – apa kan. Cerita ini semoga bisa menghibur  sobat – sabit  yang lagi berduka atau putus cinta hehehe. 

Jatuh Cinta kepada Ibu Guru Yang Mirip Bibi Lung

Kisah berawal dari datangnya seorang guru baru pindahan dari sekolah lain datangnya guru tersebut sudah banyak yang melirik, baik itu Bapak – bapak Guru ataupun siswa disekolahan tersebut, maklum lah guru itu masih muda jadi wajar saja kalau dia banyak yang tertarik dan meliriknya termasuk Yono ( Bukan pendekar ) hehehe.

Tiba saatnya guru itu mengajar di kelas Yono ( nama sebenarnya) , dengan wajah berseri dia mulai masuk kelas dan menemui calon anak didiknya, yaitu kelas 3D, di hari pertamanya, dia selalu digodain sama muridnya, terutama murid cowoknya setiap gerakannya dan sewaktu bicara selalu saja jadi perhatian, entah memperhatikan pelajaran atau memperhatikan Ibu guru cantik yang mirip Bibi Lung dalam serial Filem Pendekar Yono, eh pendekar Yoko hehehe  yaitu pendekar pemanah Rajawali yang lagi digandrungi pada masa itu hehehe. Termasuk Yono padahal yang diajarkan Guru cantik itu adalah pelajaran matematika.

Diantara semua murid kelas 3 nya ada yang bener- bener suka sama guru itu, dia selalu bertingkah laku aneh apabila berhadapan dengan guru itu, bahkan setiap guru itu mengajar dikelasnya dia hanya melamun memperhatikan guru yang mirip Bibi Lung, nama inisial guru itu HD dia menyewa rumah didekat sekolahan tersebut .
 
Pada suatu hari pertemuan terjadi diruang Guru, Guru itu bertanya

“Kamu kenapa, saya perhatikan ada hal yang beda dengan kamu, setiap kali saya lihat kamu, wajah saya terlalu nakutin yah buat kamu, atau kamu merasa gak nyaman dengan pelajaran saya?. 

Dengan wajah sedikit bingung Yono hanya diam saja, sesekali walaupun menjawan, hanya jawab “gak tahu atuh bu, saya juga bingung maafin lahir batin saya bu apabila saya membuat heran ibu. 

“Terus pelajaran Matematika yang Ibu terangkan, kamu hasilnya nol, padahal Ibu perhatikan kamu memperhatikan pelajaran tersebut. Ya sudah mulai besok kamu setelah jam sekolah kamu jangan langsung pulang, tapi belajar di Rumah Ibu.
Dalam hati Yono “ asik nih bisa ketemu terus dengan Bibi Lung nih”

Sejak itu Yono ngerasain yang namanya jatuh cinta hehe. Tapi  harus bisa menjaga imej  antara murid dan guru. Sebagai seorang pelajar yang gak boleh jatuh cinta atau pacaran sama gurunya . Akhirnya, Yono cuma bisa memendam perasaan ini. Kasihan deh Yono?

 Semenjak Les itulah  Yono  jadi bagus pelajaran Matematikanya walaupun hanya sedikit hehehe .

Semuanya berjalan begitu cepat, hingga akhirnya Yono Lulus dari sekolah SMP Pagaden,  eh pada saat perpisahan sekolah Bibi Lung keceplosan  bahwa dia bilang " sayang " ke Yono.
Singkat cerita Yono harus meninggalkan Kota tersebut serta Bibi Lung demi mengejar cita – citanya, dan harus melanjutkan sekolah, dengan bekal pelajaran matematika yang sedikit lumayan hingga diterima di sekolah STMN Purwakarta Rumpun Bangunan Gedung kalau sekarang sudah berubah namanya jadi SMKN........................

Cinta itu memang gak pandang umur dan derajat seseorang, jika suka " UNGKAPIN DONG "
Share:

AWARD BLOG INDONESIA TERCEPAT BULAN JULI 2013

Sampurasun.... Rampes...  

Mamang dapet award lagi nih,,,,!  kali ini mendapatkan award Blog indonesia tercepat bulan juli 2013 versi AAI   

Setelah sebelumnya pada bulan Juni dapat juga dari seseorang yang Punya blog ALL ABOUT INDONESIA dan adminnya dimas bagus nugroho dan berikut  Awardnya 

AWARD BLOG INDONESIA TERCEPAT BULAN JULI 2013
Share:

Seni Lengser Mapag Pengantin Di Cikarang

Sampurasun.... Rampes...   

MANGYONO.COM Masih dalam kesenian tradisional Seni Galur mapag Pengantin, ini adalah seni lengser mapag pengantin di daerah Cikarang. Ini merupakan order pertama via internet, hebat kan hehehe... 

Kok via internet? Ya karena yang mau punya hajatan, cari – cari lengser melalui internet, pas kebetulan dia tertarik setelah melihat vidio Lengser mapag pengantin di Binong, Lengser mapagpengantin di suka sari Subang dan Lengser mapag pengantin di kota Subang yang mamang uplod ke youtube yang dilengkapi postingan – postingan tentang seni galura Lengsermapag pengantin di blog Mang Yono.

Seni Lengser Mapag Pengantin Di Cikarang
Share:

Mengatasi Panas Pada Bayi Setelah Imunisasi

Sampurasun .... Rampes...

Walau saya bukan Dokter tapi tetep saya mau nulis tentang Mengatasi Panas Pada Bayi Setelah Imunisasi .   

Imunisasi atau vaksinasi merupakan cara yang sangat ampuh dalam menjaga beberapa jenis penyakit. 


Mengatasi Panas Pada Bayi Setelah Imunisasi

 Bayi Mamang mengalami panas setelah imunisasi


Share:

Kue Akar Kelapa Untuk Lebaran

Sampurasun... Rampes... 

Setelah sebelumnya mamang nulis tentang Kolak Biji Salak kali ini mau coba menulis tentang Kue Akar Kelapa Karena cocok untuk kue Lebaran atau buat ngemil sambil ngeblog setelah shalat tarawih. 


Pembuatanya ndak susah kok, itu sesuai pengalaman mamang pada saat melihat pembuatan kue ini oleh Istri mamang sama Ibu – ibu tetangga, pembuatannya dengan cara digoreng, kue ini bisa bertahan lama loh dan bisa dibuat dalam jumlah banyak sekaligus asal kru nya banyak hehehe. kue akar kelapa yang renyah dan gurih ini sangat cocok disuguhkan kepada para kerabat dan tamu sebagai kue lebaran di hari nan fitri nanti di samping kue-kue lebaran seperti kue nastar dan kue putri salju.

 

Share:

Tips Menyusui Selama Puasa untuk ibu yang menyusui

Sampurasun.... Rampess... 

Puasa Ramadhan hukumnya wajib bagi setiap muslim, termasuk juga ibu hamil dan menyusui.

Alhamdulillah, Islam memberikan kelonggaran bagi ibu hamil dan menyusui untuk tidak berpuasa dengan berpuasa di lain waktu dan membayar fidyah berikut ini mamang mau nulis Tips  yang didapat dari Ibu dokter cantik dan Eteh Bidan cantik tentang menyusui selama berpuasa untuk ibu yang menyusui dan tidak berlaku bagi bapak – bapak   Tips Ini mamang dapat pada waktu anak kedua mamang lahir hehehe. 

Tips Menyusui Selama Puasa untuk ibu yang menyusui
Alhamdulillah anak mamang sudah 1 tahun lebih, tapi tetep masih minum ASI ibunya....
 Jangan di cubit ya..

Share:

Baju Batik Untuk Lebaran Belanja Di Jakarta

Sampurasun.... Rampess... 

Anda tentu tau batik sangat khas dan merupakan produk asli indonesia. Merayakan hari raya Idul Fitri atau biasa disebut Lebaran dengan mengenakan busana baru sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Indonesia.

 

 Hampir semua orang ingin tampil dengan pakaian terbaiknya saat hari raya tiba. Lalu bagaimana dengan Anda?. Kalau mamang mau pakai yang ada saja kalau ada yang ngasih baju batik atau baju Koko ya syukur Alhamdulillah hehehe.. ngarep


Baju Batik Untuk Lebaran Belanja Di Jakarta
Poto model yang lagi naik daun... pucuk... pucuk... pucukk.. hehehe

Share:

Model Baju Muslim Trend 2013

Sampurasun .... Rampess...   

Baju muslim merupakan salah satu jenis busana yang sangat banyak diminati dan cukup dinamis perkembangannya, dalam arti model serta desain yang ditawarkan. Anda para wanita muslimah yang ingin tampil cantik dalam balutan busana muslim tidak perlu bingung karena saat ini sangat banyak toko maupun grosir yang menawarkan aneka model baju muslim untuk wanita, pria maupun anak anak dengan desain yang modern.


Dan  pilihan baju muslim yang nyaman dan enak dikenakan serta sesuai dengan perkembangan jaman atau minimal tidak ketinggalan jaman. Maka tidak mengherankan jika para produsen baju muslim ini menghadirkan beragam model terbaru.


Seperti Baju Muslim yang dipakai model Cantik dan Ganteng ini... * stt yang pria jangan dilirik terus hehehe*


Model Baju Muslim Trend 2013
Share:

Cara menyambung tanaman bunga Adenium

Sampurasun .... Rampes...

MANGYONO.com - Hari minggu adalah hari libur sekolah * Gayaa*, untuk mengisi kekosongan acara biasa saya isi dengan bersih – bersih halaman rumah termasuk pangkas – memangkas tanaman bunga atau pun rumput taman depan rumah sendiri, bukan rumput tetangga hehehee...  

Daripada nongkrong ndak karuan bersama party heheheeh, nah setelah beres dan waktu masih banyak, dan kebetulan ada tugas dari Guru sekolah hahahaha, langsung dah saya mencoba tehnik penyambungan pohon bunga Adenium atau istilah kerennya Kamboja Jepang heheh.. tehnik yang mamang gunakan yaitu tehnik Grafting V karena lebih gampang dan mudah dipraktekan, tehnik Grafiting V adalah cara yang paling aman, karena bidang perekatan antara batang atas dan batang bawah cukup besar, dan kedua batang dengan mudah dapat menyatu dan tidak mudah lepas.

Adenium putih - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium
Adenium putih - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium

Tehnik ini pernah mamang tulis juga pada waktu sebelumnya, Pohon bunga yang mamang jadikan uji coba yaitu bunga Adenium, yuk kita simak Tata cara pengerjaannya ....

Ke 1 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium



Persiapkan semua alat dan bahan seperti pisau, tali pelastik / Rapia, pelastik es mambo


Ke 2 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium

Pilih pohon bunga Adenium yang mau di sambung, mamang ambil pohon bunga Adenium yang bunganya  berwarna merah untuk batang bawah, sedangkan  Entress atau batang atas mamang pilih Adenium yang bunganya berwarna putih.

Ke 3 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium
Potong batang bawah secara horisontal, lurus, dan usahakan pemotongan sekali tebas langsung putus... wuuus.

Ke 4 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium
Buatlah sayatan berbentuk huruf V pada batang bawah dimulai dari tempat hasil potongan horisontal.

Ke 5 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium
 
Bagian bawah, untuk dijadikan pohon utama yaitu Adenium berwarna merah, sedangkan untuk Entrees/batang atas Adenium berwarna putih

Ke 6 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium


Buat potongan huruf V terbalik untuk entrees atau batang atas, kemudian potong bagian atasnya sehingga entress berukuran panjang 5-10 cm, dan terdapat beberapa ruas bakal mata tunas.

Ke 7 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium 


Rekatkan batang atas pada batang bawah mengikuti alur huruf V. Pastikan bahwa kedua potongan huruf V sebidang sehingga ketika direkatkan, tidak ada rongga.


Ke 8 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium
Ikat bidang sambungan dengan plastik pengikat / tali rapia, dengan hati – hati dan kuat. Setelah selesai pengikatan langsung ditutup dengan plastik es mambo atau pelastik sejenisnya

Ke 9 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium
 
Selesai dah. Mamang sengaja tehnik sambungan ini dibuat dua pada satu pohon bunga tetapi pada cabang yang berbeda, untuk menjaga kegagalan hehehe, maklum kan mamang bukan ahlinya. 

Nah ini mamang lakukan pada hari minggu tanggal 7 Juli 2013, tinggal tunggu saja 2  atau 3 minggu setelah penyambungan, apakah berhasil atau gagal, kalau gagal ya tinggal ulangi lagi sampai berhasil hehehe..


Jangan Sesali Kegagalan Karena Kegagalan Adalah Awal Dari Keberhasilan 
Share:

Khasiat Dan Manfaat Dari Daun Pandan Wangi

 Sampurasun ... Rampes...

Hari minggu sudah menjadi kebiasaan bagi saya untuk bersih bersih disekitar rumah dan taman depan rumah, dari pangkas - memangkas cabang pohon bunga, pangkas rumput, kuras kolam mungil dan nyapu – nyapu halaman rumah yang tentunya punya sendiri bukan punya tetangga hehehe... Baca Manfaat dan khasiat dari daun suji

Termasuk memotong daun bunga atau tanaman yang kurang berguna. Lagi asik, eh ada seorang bapak – bapak tetangga menghampiri saya.

“ mang, itu daun pandan yang dipotong mau di buang ya?. Dan saya jawab “ ya. memangnya kenapa dengan daun pandan ini?
“ Dari pada dibuang mending buat Abah saja, bagai mana?.
“ Boleh Bah, memangnya buat apa?. Tanya saya penasaran.
“Banyak KhasiatDan Manfaat Dari Daun Pandan Wangi tuh, selain untuk pengharum masakan , untuk Obat juga bisa, yaitu Obat untuk:
Ini pandan wangi mamang yang ditanam deket kolam mungil, dengan tinggi pohon 2,5 meter, panjang lembaran daunnya 1,5 meter, setelah daun - daunnya sedikit di pangkas


Obat Lemah Syahwat  cara meramunya ambil 3 lembar daun pandan , kalau daun pandan yang punya mamang mungkin cukup setengah lembar saja karena lembaran daunnya panjang, sampai kira – kira 1,5 meter.dicuci bersih dan diiris tipis-tipis. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 2 gelas air saja. Setelah air rebusan dingin, minum pagi dan sore sama banyak.

Obat Ketombe, 2-5 lembar daun pandan dicuci bersih kemudian diiris kecil-kecil. Tumbuk daun sampai halus dan gunakan hasil tumbukan untuk mengusap-usap kulit kepala.

Dan masih banyak lagi khasiat daun pandan itu”
Pohon pandan ini mamang tanam sudah 9 tahun yang lalu, Kalau sudah banyak orang yang tahu khasiat dari pohon yang satu ini, pasti banyak diburu daun ini, apa lagi pas bulan puasa Ramadhan, tahun lalu saja daun pandan mamang sampai botak ...

Nah sobat mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman satu ini, terutama kaum Hawa karena sering memanfaatkan daunnya sebagai bumbu pengharum masakan terutama pada kolak.

Pandan atau Pandan Wangi merupakan perdu tahunan dengan bentuk batang bulat dan mampu tumbuh sampai 2 -3 Meter .

Daun tanaman ini merupakan daun tunggal, duduk dengan pangkal memeluk batang dan tersusun tiga helai pada batang secara spiral.

Daun pandan berbentuk seperti pedang, dengan warna Hijau sampai Hijau Tua dan panjangnya 1 – 2 Meter.

Pada umumnya daun pandan dimanfaatkan sebagai rempah untuk memberikan aroma harum pada masakan terutama kolak – kolak  pas bulan puasa. Waduh baru teringat mamang, bulan puasa tahun lalu juga, pohon pandan mamang daunnya gundul, banyak tetangga yang minta. Tapi ndak apa lah kan yang minta suka ngasih ke mamang masakannya hehehe....

Terimakasih sobat sudah membaca Khasiat Dan Manfaat Dari Daun Pandan Wangi, silahkan baca juga Manfaat dan khasiat dari daun suji, semoga bermanfaat
Share:

Masih Tentang Jalan - Jalan Ke Monas

Sampurasun.... Rampes 

Masih seputar Jalan – jalan ke Tugu Monas, setelah kemarin mamang nulis juga tentang Jalan – jalan ke Monas ini bagi yang belum pernah aja ya, siapa tau bermanfaat dan dapat membantu

 

Dari Halte Transjakarta Jelambar  transit di Halte Harmoni, padahal ada loh yang ndak usah transit di harmoni yaitu naik Transjakarta Kalideres - Pulogadung langsung turun di halte monas.




Masih Tentang Jalan - Jalan Ke Monas

Share:

Jalan – jalan ke Monumen Nasional (Monas)

Sampurasun .... Rampes... 

Liburan sekolah anak mamang telah tiba, dan hari ini Kamis Tgl. 4 Juli 2013 terlaksana jalan – jalan ke Tugu Monas setelah sebelumnya jalan - jalan ke Kebun Binatang Ragunan. 

 

Sengaja dari Jelambar, Grogol, Jakarta Barat berangkat pagi Jam 7.00 pagi, dengan menggunakan Bus Transjakarta , Kalideres – Pasar Baru, dan transit di Harmoni, langsung naik Transjakarta Kota- Blok M, turun di Halte Monas atau Halte Transjakarta yang pertama, 15 menit sudah sampai dari Halte Jelambar ke Halte Monas, cepet kan , pas lancar mungkin. Pasti semua udah tau Monumen Nasional alias Monas,kan? Yep…Salah satu tempat rekreasi khas Jakarta ini untuk yang belum tahu aja atau mau rekreasi tapi ragu dan bingung dari mana masuknya dan caranya eheheh...

Jalan – jalan ke Monumen Nasional (Monas)

Share:

Berbuka Puasa Dengan Kolak Biji Salak

Sampurasun… Rampess… 

Sebentar lagi kita memasuku bulan Ramadhan, nah untuk berbuka puasa disarankan dengan hidangan yang manis agar energi kembali pulih. Salah satunya Kolak biji salak , pasti dah tau kan apa itu Biji Salak? 

 

Salah, yang dibuat kolak biji salak bukan biji buah salak, tapi sejenis olahan dari tepung kanji dan ubi, lebih siip pakai ubi Cilembu, kalau mau pesan tinggal kontak  kang Cilembu di DESA CILEMBU


Berbuka Puasa Dengan Kolak Biji Salak

Share: